Warga Cimahi Rela Antre Sejak Sahur untuk Tiket Mudik Gratis

Dishub Kota Cimahi sediakan 400 kursi

Cimahi, IDN Times - Posko pendaftaran mudik gratis 2024 di Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi, Jawa Barat diserbu masyarakat pada Rabu (13/3/2023). Mereka rela antre panjang sejak pagi agar bisa pulang kampung pada lebaran tahun ini tanpa harus mengeluarkan ongkos.

Di antaranya Astuti (35 tahun), warga asal Kelurahan Cigugur Tengah, Kecamatan Tengah, Kota Cimahi. Dia mengaku sengaja berangkat dari rumahnya setelah makan sahur agar kebagian tiket mudik gratis dengan tujuan Solo, Jawa Tengah.

"Berangkat dari rumah jam 4 pagi sengaja biar kebagian tapi tetep antre. Soalnya tahun kemarin itu datang jam 5 pagi gak kebagian, jadi pembelajaran. Sekarang alhamdulillah dapat," ujar Astuti, usai mendaftar.

1. Mudik gratis membantu pengeluaran keluarga

Warga Cimahi Rela Antre Sejak Sahur untuk Tiket Mudik Gratis(Bangkit Rizki/IDN Times)

Astuti akan mudik ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah, bersama suami dan kedua anaknya. Ia tak masalah meski harus datang pagi dan antre panjang dengan ratusan pendaftar lainnya agar bisa mendapatkan tiket mudik gratis.

Sebab menurutnya program mudik gratis ini sangat membantu keluarganya di tengah berbagai kebutuhan pangan seperti beras yang serba mahal. Ditambah setelah lebaran nanti Astuti harus mengeluarkan biaya untuk kebutuhan sekolah anaknya.

"Iya sangat membantu sekali, apalagi nanti kan harus bayar sekolah. Belum lagi kebutuhan sekarang serba-naik, khususnya beras," ucapnya.

2. Warga harus gigit jari karena tak masuk daftar

Warga Cimahi Rela Antre Sejak Sahur untuk Tiket Mudik Gratis(Bangkit Rizki/IDN Times)

Sementara itu, Handayani (43 tahun) warga asal Kelurahan Cigugur harus menerima kenyataan karena untuk sementara ini namanya tidak terdaftar dalam kuota mudik gratis tahun 2024. Sebab, dirinya sudah pernah mengikuti program itu tahun sebelumnya.

"Iya sudah datang sama sejak subuh antre, dari rumah jam 4. Tapi karena sudah pernah ikut, jadi sementara ini belum bisa terdaftar, mau bagaimana lagi?" ujarnya.

Kepala Seksi Angkutan pada Dishub Kota Cimahi Chaeruddin Djoeharie mengatakan,
pemerintah memang memprioritaskan warga Kota Cimahi yang belum pernah mendapatkan kuota. Bagi warga sudah mendaftar dan antre namun sudah pernah ikut tahun sebelumnya, akan masuk daftar tunggu.

"Untuk mudik gratis tahun ini sangat diminati masyarakat. Terbukti ada yang sudah antre dari jam 03.30 WIB. Untuk tahun ini kami menerapkan sistem bergantian, jadi yang sudah ikut tahun 2023 kami simpan di waiting list," kata dia.

3. Dishub Kota Cimahi sediakan 400 kursi

Warga Cimahi Rela Antre Sejak Sahur untuk Tiket Mudik Gratis(Bangkit Rizki/IDN Times)

Tujuan mudik gratis tahun ini adalah Cimahi-Solo via Yogyakarta melalui jalur selatan dan Kota Cimahi menuju Semarang via Cirebon lewat jalur utara. Bagi warga Kota Cimahi yang sudah terdaftar harus mendaftar ulang pada 25-28 Maret 2024. Sementara keberangkatan mudik sendiri akan jatuh pada 6 April 2024 pukul 08.00 WIB di Pemkot Cimahi.

Dia mengatakan, program mudik gratis 2024 ini dikhususnya bagi warga Kota Cimahi yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan akte kelahiran khusus bagi balita, di mana setiap KK hanya mendapat jatah empat kursi plus satu khusus balita.

"Kuotanya itu ada 400 kursi yang diberangkatkan menggunakan delapan bus. Kami ada pemeriksaan bus tiga atau empat hari sebelum keberangkatan. Jadi kami periksa kelayakan, kalau gak layak kami minta ganti unit," kata Chaeruddin.

Baca Juga: Masjid Bersejarah di Cimahi yang Pernah Dibombardir Belanda

Baca Juga: Jelang Ramadan, Tradisi Ziarah Makam Ramai di Kota Cimahi

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya