TNI AU Targetkan Pengadaan Alutsista Rampung di 2019 Ini

Semua kontrak-kontrak hampir selesai

Bandung Barat, IDN Times - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Yuyu Sutisna menyebutkan, program Rencana Strategis (Renstra) III sekaligus kebijakan Minimum Essential Force (MEF) tahap II periode 2015-2019 akan berakhir pada tahun ini.

Karena itu, Yuyu bertekad bakal menuntaskan seluruh pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI AU di Renstra III.

"Di Renstra ketiga ini, semua kontrak-kontrak sudah hampir selesai, hanya tinggal dua. Insyallah dalam dua bulan bisa diselesaikan," kata Yuyu usai menutup pendidikan Seskoau angkatan ke-56 tahun 2019 di Seskoau Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (12/11).

1. Alutsista AU baru 42 persen

TNI AU Targetkan Pengadaan Alutsista Rampung di 2019 IniANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Menurut Yuyu, jika pengadaan alutsista di Renstra III sudah tercapai, TNI AU hanya tinggal menunggu barang datang. Sejauh ini, pencapaian alutsista TNI AU baru mencapai 42 persen, diharapkan di tahun 2024 atau di akhir Renstra IV sudah tercapai 100 persen.

Yuyu mengakui, TNI AU sempat terhambat saat memesan alutsista. Keterlambatan itu disebabkan karena regulasi, masalah teknologi dan aturan-aturan setempat.

"Ada yang mulai 8 bulan real time-nya dari mulai kontrak, ada yang sampai 3 tahun, contohnya pesawat Hercules sampai 3 tahun baru datang. Diharapkan 2020 akhir sudah mulai pada berdatangan, 2024 diharapkan sudah selesai," kata Yuyu.

2. Dua skuadron dan satu markas ditempatkan di Indonesia timur

TNI AU Targetkan Pengadaan Alutsista Rampung di 2019 IniDok.IDN Times/Istimewa

Selain melengkapi kebutuhan alutsista, guna mendukung pertahanan dalam negeri, pihaknya telah membangun dua skuadron dan satu markas untuk memperkuat pertahanan udara Indonesia bagian timur.

Seperti diketahui, TNI AU akan membangun Markas Komando Korps AU III di Biak. Satu skuadron pesawat angkut dalam hal ini TN 235 juga akan ditempatkan di sana. Kemudian satu skuadron Hercules juga akan ditempatkan di Makassar.

3. Kelulusan perwira baru menambah kekuatan TNI

TNI AU Targetkan Pengadaan Alutsista Rampung di 2019 IniIDN Times/Andra Adyatama

Sementara itu, dalam penutupan pendidikan angkatan ke-56 ini, Seskoau meluluskan sebanyak 132 siswa, termasuk 8 orang Wanita Angkatan Udara (Wara), TNI AD 2 orang, TNI AL 2 orang, serta 7 orang perwira negara sahabat yang berasal dari Australia, Arab Saudi, India, Korea Selatan, Malaysia, Pakistan dan Singapura.

Yuyu berharap, perwira menengah yang sudah lulus mampu menambah kekuatan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki TNI. "TNI AU berkomitmen untuk pengembangan SDM setelah Sesko, Sesko TNI kemudian Lemhanas dan selanjutnya, dalam kepemimpinan dan perkembangan teknologi," pungkasnya.

Baca Juga: Ini Kata Menhan Prabowo Jika Indonesia Terlibat Perang

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya