Zulhas Ungkap Jurus Turunkan Harga Migor Selama Dua Pekan, Apa Jitu?

Zulhas sampaikan langsung jurusnya ke pedagang Pasar Kosambi

Bandung, IDN Times - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan alias Zulhas menyatakan bahwa dirinya telah memiliki beberapa jurus jitu untuk menurunkan harga minyak goreng (Migor) selama dua pekan.

Zulhas sendiri saat ini sudah melakukan pemantauan langsung ke pasar-pasar yang ada di Indonesia, termasuk Pasar Kosambi Kota Bandung. Pada para pedagang, dia menegaskan bahwa harga minyak goreng curah akan segera turun.

"Saya janji target sebulan tapi saya sendiri yakin dua minggu. Dua minggu harga minyak goreng curah Rp14 ribu stabil aman di mana-mana, ya. Dua minggu," ujar Zulhas di Pasar Kosambi, Kamis (23/6/2022).

1. Pembelian minyak lewat KTP sudah boleh 10 liter

Zulhas Ungkap Jurus Turunkan Harga Migor Selama Dua Pekan, Apa Jitu?Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan alias Zulhas di Pasar Kosambi (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Beberapa yang akan dilakukan Zulhas untuk menstabilkan harga ini yaitu dengan menyiapkan stok minyak goreng curah yang berlimpah di pasar-pasar tradisional di Indonesia. Bahkan, kata dia, masyarakat juga sudah tidak diberikan batas pembelian.

"Dulu beli pakai KTP hanya bisa dua liter atau dua kilo ya, sekarang boleh 10 liter, boleh. Jadi kalau ada orang datang, kenapa kok stoknya banyak? Kalau stoknya banyak nanti belinya turun atau berkurang, nanti terhambat izin untuk ekspornya," ungkapnya.

2. Akan ada minyak goreng curah kemasan

Zulhas Ungkap Jurus Turunkan Harga Migor Selama Dua Pekan, Apa Jitu?Ilustrasi pekerja menata minyak goreng curah yang sudah dikemas kantong plastik di salah satu agen penjualan minyak goreng curah. (ANTARA FOTO/Patrik Cahyo Lumintu)

Selain itu, Zulhas juga akan mengumpulkan pengusaha atau produsen minyak goreng untuk turut membuat gebrakan dengan membuat minyak goreng curah menjadi kemasan. Hal itu, kata dia, akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

"Kita mulai hari Senin produsen minyak goreng boleh mengemas minyak curah itu menjadi kemasan sederhana sehingga nanti masyarakat, ibu-ibu, kalau dia belanja ke supermarket itu ada minyak goreng yang harganya Rp14 ribu," katanya.

Adapun minyak goreng curah itu nantinya akan dijual dengan nama Minyak Kita. Kemasan yang akan dibuat rencananya akan lebih bersih dan higienis.

"Kemasan sederhana, bagus dan bisa nanti Insyaallah secara bertahap ditemukan, didapatkan, atau dibeli di supermarket. Bisa karena sudah dikemas. Sementara kalau curah gak bisa, nanti pecah repot. Oleh karena itu, kalau minyak curah memang tempatnya tertentu," katanya.

3. Dipastikan tidak ada lagi ibu-ibu teriak minyak goreng

Zulhas Ungkap Jurus Turunkan Harga Migor Selama Dua Pekan, Apa Jitu?ilustrasi minyak goreng curah (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Kemudian, Kemendag juga sudah menyiapkan task force untuk menangani permintaan dan penawaran minyak goreng kemasan dan curah. Sehingga, dia berharap target penurunan harga bisa terselesaikan.

"Jumat ini mudah-mudahan besok sudah bisa dan selambat-lambatnya hari Senin. Dan nanti akan ada iklan layanan masyarakat. Rakyat seluruh Indonesia terutama ibu-ibu yang mau beli minyak curah Rp14 ribu," katanya.

Semua upaya menormalkan harga minyak goreng akan dilakukan oleh Kemendag. Dia juga memastikan akan terus memantau ketersediaan barang dan harga agar tetap normal.

"Nanti ibu-ibu tidak lagi teriak harga minyak Rp14 ribu tidak ada, kita yakin dua minggu di mana-mana. Jawa, Bali, dan seterusnya Rp14 ribu minyak curah bisa didapatkan dengan mudah. Saya kira begitu ya," kata dia.

4. Zulhas yakin selama dua minggu harga akan stabil

Zulhas Ungkap Jurus Turunkan Harga Migor Selama Dua Pekan, Apa Jitu?Google

Sebelumnya Zulhas menargetkan harga minyak goreng curah akan stabil di level Rp14 ribu per liter dalam dua minggu ke depan. Menurut dia, selama ini tak terjadi lagi antrean panjang saat membeli minyak sebab pasokan minyak goreng curah, khususnya yang termasuk dalam program minyak goreng curah rakyat (MGCR), tersedia.

"Saya meyakini dua minggu ini akan stabil, walaupun target saya satu bulan. Tapi dua minggu ini gak akan ada lagi yang ribut minyak, karena sudah ada, bahkan sudah lebih stoknya, paling tidak Jawa, Bali, dan Sumatra," kata Zulhas saat berkunjung ke Pasar Klender, Jakarta, Rabu (22/6/2022).

Baca Juga: Zulhas Pede Harga Minyak Goreng Stabil dalam 2 Minggu 

Baca Juga: Bahas Pangan hingga Petani, Mentan Dikunjungi Mendag Zulhas 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya