Comscore Tracker

Unggahan GBLA Jadi Polemik, Apa Kata Ridwan Kamil?

Kewenangan Stadion GBLA ada di Pemkot Bandung

Bandung, IDN Times - Unggahan aku. Instagram Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias RK soal pengelolaan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) menuai polemik. Orang nomor satu di Jabar ini menyatakan bahwa semuanya persoalan sudah terjawab oleh Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

"Kan sudah dijawab, pertama kita harus bicara soal kewenangan. Barangnya kan milik kota, maka pertanyaannya ke kota dan saya lihat Pak Yana sudah menjawab," ujar Emil saat ditemui di Gedung Sate, Rabu (11/5/2022).

1. Ridwan Kamil berharap semua persoalan bisa segera selesai

Unggahan GBLA Jadi Polemik, Apa Kata Ridwan Kamil?Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Dok. IDN Times)

Kemudian, RK mengatakan bahwa GBLA sendiri sebelumnya memang sudah menjalin komunikasi yang baik dengan Persib Bandung. Namun, hal itu tidak kunjung menemui kesepakatan.

"Jadi Persib itu pengennya 30 tahun, kalau aturan tanpa lelang hanya lima tahun sifatnya menyewa. Kalau mau 30 tahun harus ada proses beauty contest itu yang sedang berproses," ungkapnya.

2. Ridwan Kamil optimistis Persib Bandung bisa segera bermarkas di GBLA

Unggahan GBLA Jadi Polemik, Apa Kata Ridwan Kamil?Ridwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Beberapa persoalan yang masih belum menemui titik terang adalah soal lelang. Meski begitu RK memastikan bahwa Pemkot Bandung pasti akan memberikan kesempatan pada Persib Bandung untuk turut mengelola Stadion GBLA.

"Tapi intinya gak akan ke mana-mana pasti ke Persib. Hanya jangan sampai melanggar prosedur atau aturan," ucapnya.

3. Ridwan Kamil mengunggah karena banyak laporan dari masyarakat

Unggahan GBLA Jadi Polemik, Apa Kata Ridwan Kamil?Foto udara Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/7/2020) (ANTARA Foto/Raisan Al Farisi)

Seperti diketahui, RK mengunggah konten GBLA di akun Instagram pribadinya. Ia mengatakan bahwa unggahan itu dilakukan karena banyak laporan dari masyarakat agar GBLA bisa dimanfaatkan dengan baik, salah satunya untuk markas Persib Bandung.

"GBLA adalah aset Kota Bandung. Sesuai aturan perundang-undangan, Segala jenis bentuk keputusan terkait pengelolaan ada di Pemkot Bandung. Semoga secepatnya ada keputusan terbaik bagi semua pihak. Aamiin," ujar RK, Minggu (8/5/2022).

4. Yana juga mengunggah soal Stadion GBLA

Unggahan GBLA Jadi Polemik, Apa Kata Ridwan Kamil?Foto udara Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/7/2020) (ANTARA Foto/Raisan Al Farisi)

Bak gayung bersambut, Wali Kota Bandung, Yana Mulyana juga mengunggah konten mengenai Stadion GBLA. Yana mengungkapkan, Stadion GBLA memiliki persoalan yang cukup rumit. Mulai dari Surat permohonan Kerja Sama Pengelolaan Stadion GBLA yang diajukan PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) pada Desember 2017, perkara tagihan utang ke PT Adhi Karya yang muncul pada Maret 2017 dan Juli 2018, hingga proses sertifikasi tanah lahan Stadion GBLA yang belum juga selesai dilakukan Badan Pertanahan Negara (BPN).

Namun, dalam penjelasannya, Yana tidak ingin menyalahkan pihak mana pun. Dirinya hanya merespons kinerja Pemkot Bandung dalam memperjuangkan Stadion GBLA yang terus-menerus didesak untuk bisa dimanfaatkan dan menjadi homebase Persib Bandung.

"Dalam penjelasan ini tidak ada sedikit pun niatan saya untuk berbicara tentang siapa yang salah dan siapa yang benar dalam proses terkait Stadion GBLA. Penjelasan ini saya buat, semata-mata untuk memberikan respons atas proses yang sedang dilakukan oleh Pemkot Bandung terkait pengelolaan Stadion GBLA" tulis Yana dalam akun Instagram-nya @kangyanamulyana, Selasa(10/5/2022).

Baca Juga: Potret Terbaru GBLA, Stadion yang Diharap Jadi Markas Persib Bandung

Baca Juga: Potret Terbaru GBLA, Stadion yang Diharap Jadi Markas Persib Bandung

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya