UMKM Perlu Pendampingan Agar Bisa Bertahan di Tengah Persaingan

Lewat pendampingan UMKM biasa lebih maksimal

Bandung, IDN Times - Pengembangan UMKM harus dilakukan untuk bisa bersaing dengan perusahaan besar. Dorongan ini diberikan khususnya dalam hal produktivitas dan pendampingan dalam sektor pemasaran.

Salah satu yang bisa turut memberikan pendampingan yaitu Xperteam Consultant. Dengan mereka, nantinya UMKM akan diberikan beberapa solusi untuk mengembangkan produk hingga bisa bersaing dengan perusahaan besar lainnya.

1. UMKM harus didampingi jika ingin maksimal

UMKM Perlu Pendampingan Agar Bisa Bertahan di Tengah Persaingan(Istimewa)

Founder Xperteam, Tantri memiliki pengalaman dalam hal melakukan pendampingan pada para UMKM. Setidaknya sudah ada 200 lebih UMKM bahkan perusahaan yang dibimbing perbaikan sistem dalam bisnis olehnya.

Salah satunya pengusaha muslimah di Karawang, yang telah mengalami perkembangan pesat sejak mendapatkan bimbingan dari Tantri dan timnya.

Awalnya hanya berjualan secara online juga kebingungan dalam mengelola tim, kini pengusaha muslimah di Karawang itu telah mencapai banyak prestasi baru yang dibuntuti dengan keuntungan.

2. Memberdayakan UMKM merupakan amanah

UMKM Perlu Pendampingan Agar Bisa Bertahan di Tengah PersainganIlustrasi Pengusaha/Wirausahawan (IDN Times/Aditya Pratama)

UMKM muslimah Karawang itu kini sudah memiliki tim konten sendiri yang profesional, memiliki leader marketing sendiri, akun Instagram yang sudah terverifikasi serta telah membuka toko fisik (offline) di Karawang.

Prestasi ini menunjukkan kemajuan signifikan atas kolaborasi antara brand dan Xperteam Consutan.

"Memberdayakan UMKM untuk tumbuh bukan hanya sebuah misi, ini adalah amanah bagi saya untuk membuka potensi dan mendorong kesuksesan berwirausaha yang berkelanjutan bagi para pemilik bisnis," kata Tantri, dikutip Rabu (29/5/2024).

3. Berharap semakin banyak UMKM berkembang

UMKM Perlu Pendampingan Agar Bisa Bertahan di Tengah PersainganIlustrasi UMKM. (IDN Times/Aditya Pratama)

Bukan hanya seorang praktisi di bidang bisnis, Tantri juga aktif sebagai dosen. Statusnya sebagai akademisi memastikan bahwa teori dan praktik bisa saling terintegrasi dalam pengaplikasian di dunia bisnis, yang mampu menjembatani antara pendidikan dan industri.

Tantri berharap tahun ini lebih banyak lagi UMKM terbantu oleh Xperteam Consultant dengan berbagai jasa yang disediakan seperti talent acquisition, leadership development, organizational restructuring, system design, dan career coaching.

"Berharap semakin banyak UMKM berkembang dan berkontribusi nyata bagi Indonesia," kata dia.

Baca Juga: Sistem Merit Pemprov Jabar dan Majalengka Dapat Sanjungan

Baca Juga: Daftar 120 Anggota DPRD Jabar Terpilih Periode 2024-2029

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya