Ridwan Kamil Ungkap Dua Tantangan Terbesar Selama Jadi Gubernur Jabar

Salah satunya tantangan terberat yaitu kehilangan Eril

Bandung, IDN Times - Gubernur Ridwan Kamil alias Emil mengungkap dua tantangan terberat selama memimpin Jawa Barat periode 2018-2023. Dua tantangan terberat ini yaitu COVID-19 dan kepergian putranya, Emmeril Kahn Mumtadz.

Jelang berakhirnya masa kepempin pada 5 September 2023, Emil mengatakan, masa pandemik COVID-19 merupakan tantangan terbesar dalam memimpin Jawa Barat. Dalam masa itu banyak visi misi yang berubah.

"Tantangan terberat itu COVID-19. Gak ada yang menyangka, udah menyiapkan visi-misi skenario, eh datang COVID-19. Anggaran hilang, anggaran digeser, sayanya ikut stres. Saya ditinggalkan anak saya juga," ujar Emil, Sabtu (26/8/2023).

1. Tantangan dijawab dengan kolaborasi banyak pihak

Ridwan Kamil Ungkap Dua Tantangan Terbesar Selama Jadi Gubernur JabarGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Meski begitu, Emil memastikan Pemprov Jabar dapat melewati tantangan itu dengan kolaborasi berbagai pihak. Penanganan pandemik COVID-19 juga berjalan dan tetap membuat banyak inovasi pelayanan digital ke masyarakat. 

"Jadi tantangan terbesar menghadapi COVID-19 dan tragedi keluarga. Tapi dibayar oleh 550 penghargaan perubahan, silakan bedah sendiri, ada 30-an alun-alun dibangun, 12-an jalan tol di mana kami mendukung pemerintah pusat," katanya. 

2. Pemprov Jabar sudah sigap dalam membantu pemerintah pusat

Ridwan Kamil Ungkap Dua Tantangan Terbesar Selama Jadi Gubernur JabarUji dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang disaksikan oleh Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jiping secara virtual. (dok. YouTube Sekretariat Presiden)

Emil menambahkan, dengan sisa jabatan yang tinggal hanya sepuluh hari ke depan, beberapa program pemerintah juga akan dibantu, seperti pengoperasian Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung. Penanganan krisis pangan juga diutamakan.

"Kereta api cepat, beras juga surplus, stunting juga terbaik (penanganannya), tapi terberat mah itu COVID-19 dan kehilangan anak," kata dia.

3. Jabatan Emil akan digantikan oleh pejabat sementara pilihan Jokowi

Ridwan Kamil Ungkap Dua Tantangan Terbesar Selama Jadi Gubernur JabarPresiden Jokowi mengajak masyarakat makan di restoran ketika kunjungan kerja (kunker) ke Blora, Jawa Tengah pada Jumat (10/3/2023) (dok. Sekretariat Presiden)

Jabatan Ridwan Kamil sendiri nantinya akan diganti oleh Penjabat (Pj) yang dipilih oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo melalui beberapa nama yang diusulkan dari DPRD Jawa Barat dan Kementerian Dalam Negeri.

Adapun saat ini sudah ada tiga nama yang diserahkan dari DPRD Jabar. Tiga nama ini yaitu; Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan (Dirjen PP) di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Prof. Asep N Mulyana, Guru Besar Bidang Farmakologi dan Farmasi Klinik Unpad, Prof. Keri Lestari.

Terakhir ada, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden, Bey Triadi Machmudin yang merupakan orang terdekat Jokowi sekaligus satu almamater ITB dengan Ridwan Kamil.

Baca Juga: Gubernur Ridwan Kamil Tetapkan Bandung Raya Darurat Sampah!

Baca Juga: HUT Jabar, Ridwan Kamil Sindir Bupati/Walkot yang Ingin Jadi Gubernur

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya