Comscore Tracker

Ridwan Kamil Kecam Aksi Pengeroyokan Ade Armando saat Demo 11 April

Massa aksi seharusnya bisa menahan diri di Bulan Suci ini

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil mengecam aksi pengeroyokan penggiat media sosial Ade Armando saat aksi unjuk rasa di depan Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (11/4/2022).

Menurut Emil, aksi pemukulan terhadap dosen Universitas Indonesia itu tidak tepat dan jauh dari sifat terpuji. Oleh karena itu, ia mendukung aparat untuk segera mengamankan pelaku.

"Apa pun ekspresi argumentasinya, jangan pernah membawa kekerasan dalam kegiatannya, termasuk kekerasan terhadap Ade Armando yang tidak semestinya terjadi jika semua bisa menahan diri. Apalagi ini adalah bulan suci Ramadhan yang harus kita hormati," ujar Emil melalui keterangan resmi, Selasa (12/4/202).

1. Beda pandang harus diselesaikan dengan berdiskusi

Ridwan Kamil Kecam Aksi Pengeroyokan Ade Armando saat Demo 11 AprilRidwan Kamil

Demokrasi, kata Emil, adalah sistem pemerintahan yang langsung atau tidak langsung dikendalikan oleh kuasa rakyat. Sehingga, baik suka atau tidak suka, lanjutnya, demokrasi adalah buah kesepakatan yang tujuannya untuk kesejahteraan rakyat Indonesia.

Adapun jika ada narasi atau wacana di negeri ini yang berbeda dengan kesepakatan, menurut Emil harus diekspresikan dan dimusyawarahkan secara baik apapun wacananya.

"Termasuk wacana terkait perpanjangan jabatan presiden jadi tiga periode, yang tentunya berbeda dengan kesepakatan hanya dua periode seperti tertulis di UUD 1945," ungkapnya.

2. Ridwan Kamil ucapkan terima kasih pada mahasiswa Bandung

Ridwan Kamil Kecam Aksi Pengeroyokan Ade Armando saat Demo 11 April ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Berbeda dengan DKI Jakarta, Emil juga menyampaikan rasa terimakasih pada mahasiswa di Jabar yang telah melakukan ujuk rasa dengan tertib dan berlangsung kondusif.

"Saya ucapkan terima kasih untuk para mahasiswa yang telah melakukan unjuk rasa dengan tertib dan kondusif, khususnya di Bandung. Hatur nuhun," ungkapnya.

3. Polda Metro Jaya sebut sudah mengamankan beberapa pelaku

Ridwan Kamil Kecam Aksi Pengeroyokan Ade Armando saat Demo 11 AprilDosen Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia, Ade Armando ketika berbicara di kantor Polda Metro Jaya (IDN Times/Indiana Malia)

Seperti diketahui, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengaku sudah menangkap beberapa pelaku pemukulan terhadap Ketua Pergerakan Indonesia untuk Semua (PIS) Ade Armando.

Namun, Zulpan belum mengatakan secara rinci berapa jumlah pelaku yang ditangkap terkait peristiwa yang menimpa Ade Armando.

“Sudah beberapa kami amankan, saya belum bisa sampaikan secara detail,” kata Zulpan kepada wartawan, Senin (11/4/2022).

Ade Armando disebut mendapatkan pertolongan polisi usai peristiwa pemukulan tersebut. Akademisi ini pun kemudian dibawa ke rumah sakit untuk mendapat perawatan intensif.

Baca Juga: Pengeroyokan Ade Armando, Moeldoko: Tindakan para Pengecut

Baca Juga: BEM se-UI Kecam Pengeroyokan Ade Armando saat Demo 11 April

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya