Masjid Raya Al Jabbar Gelar Tarawih Perdana, Jemaah Antusias

Jemaah ada yang dari luar Jabar datang ikut salat tarawih

Bandung, IDN Times - Masjid Raya Al Jabbar menggelar tarawih perdana usai diresmikan pada Desember 2022. Jemaah juga terlihat ramai mengikuti salat dan beribadah di masjid milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) ini.

Berdasarkan pantauan IDN Times di lapangan, jemaah salat terawih terlihat memenuhi lima shaf untuk jemaah laki-laki, dan untuk jemaah perempuan ada empat shaf. Beberapa masyarakat juga terlihat ada yang berfoto di luar masjid.

1. Ada warga Banten ikut salat tarawih di Al Jabbar

Masjid Raya Al Jabbar Gelar Tarawih Perdana, Jemaah AntusiasTarawih perdana Masjid Raya Al Jabbar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Dari pintu masuk kendaraan petugas juga terpantau berjaga. Ada dari Satpam hingga TNI. Sedangkan. Beberapa petugas lainnya juga melakukan penjagaan di beberapa titik di dalam masjid. Berdasarkan informasi yang didapatkan, salat tarawih di Masjid Raya Al Jabbar digelar 11 rakaat. Adapun untuk jemaah yang ingin melaksanakan salat tarawih 23 rakaat juga tetap dilakukan.

Salah seorang jemaah asal Serang, Banten Abdul Wafi mengaku merasa senang bisa menunaikan ibadah salat tarawih di Masjid Al Jabbar. Dia juga mendapatkan informasi dari Instagram Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

"Saya sendiri sangat senang sekali. Karena ini salah satu masjid di Bandung yang harus dilestarikan. Pertama kali ke sini indah banget, bersih dan luas banget," kata Abdul saat ditemui di lokasi, Rabu (22/3/2023). 

"Memang saya itu niatnya tarawih pertama di sini. Saya tahu info dari IG Pak Ridwan Kamil," ucap Abdul. 

2. Semua persiapan sudah dilakukan Pemprov Jabar

Masjid Raya Al Jabbar Gelar Tarawih Perdana, Jemaah AntusiasTarawih perdana Masjid Raya Al Jabbar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sementara, Sekretaris Dewan Kemakmuran Masjid Al Jabbar sekaligus Asisten Daerah (Asda) Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Jawa Barat (Jabar), Dedi Supandi mengatakan, Pemprov Jabar telah menyiapkan daftar imam dan penceramah di Masjid Al Jabbar selama satu bulan penuh.

Pemprov Jabar juga mempersilakan masyarakat setempat maupun masyarakat umum lain untuk melaksanakan ibadah salat tarawih di masjid Al Jabbar.

"Terawih pertama saya kira tidak membeludak, tapi tahap pertama silakan masyarakat kalau mau berterawih di Al Jabbar. Termasuk juga hari ini kita siap tempat penitipan sandal sepatu," ujar Dedi.

3. Pemprov Jabar minta masyarakat jaga ketertiban

Masjid Raya Al Jabbar Gelar Tarawih Perdana, Jemaah AntusiasTarawih perdana Masjid Raya Al Jabbar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Selain itu, Dedi mengungkapkan, untuk persoalan parkir DKM Masjid Raya Al Jabbar juga dibantu oleh pihak TNI dari Kodim 0618/Kota Bandung. Dia mengimbau, warga yang melaksanakan salat tarawih di Masjid Raya Al Jabbar untuk tertib dan menjaga ketertiban.

"Warga juga diminta untuk patuh terhadap tempat yang dilarang untuk botram," kata dia.

Baca Juga: Masjid Raya Al Jabbar Gelar Salat Tarawih Pertama, Terbuka Untuk Umum

Baca Juga: 174 Pengurus Masjid Raya Al Jabbar Dilantik, Ridwan Kamil Ketua DKM

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya