Comscore Tracker

Jual Saham BIJB Kertajati ke Asing Dipilih demi Nasib Bandara

Keuangan Bandara Kertajati sedang tidak baik-baik saja

Bandung, IDN Times - PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (PT BIJB) menyatakan penjualan saham atau investasi asing merupakan pilihan tepat untuk membantu keuangan Bandar Udara Bandara Kertajati. Uang dari investor ini nantinya akan membantu kondisi keuangan BIJB Kertajati.

VP of ICT and Corcomm BIJB Kertajati, Agus Sugeng Widodo mengatakan, persoalan penjualan saham ke perusahaan asing sudah berdasarkan keputusan bersama dan telah melakukan diskusi panjang.

"Artinya tidak mungkin kita gegabah maslah seperti ini (penjualan saham), tetapi salah satunya karena kondisi perekonomian kita kalau ada orang yang mau bantu," ujar Agus saat dihubungi, Rabu (25/1/2023).

1. Pemegang saham mayoritas tetap PT BIJB

Jual Saham BIJB Kertajati ke Asing Dipilih demi Nasib BandaraDok. Istimewa / WIjaya Karya (WIKA)

Agus menegaskan, penjualan saham ini tidak akan terlalu menggangu pengelolaan BIJB Kertajati. Sebab, pemegang utama Bandar Udara Kertajati tetap PT BIJB. Sedangkan, perusahaan asing nantinya hanya beberapa persen saja.

"Terpenting kan kewenangan pemegang saham tetap di kita. Dan negara ataupun perusahaan asing yang ikut investasi itu akan juga mendapatkan keuntungan dengan proporsi seperti yang di UU," ungkapnya.

2. Penjualan saham merupakan upaya menyelamatkan BIJB Kertajati

Jual Saham BIJB Kertajati ke Asing Dipilih demi Nasib BandaraBandara Kertajati di Kabupaten Majalengka. Dok. BIJB

Keuangan Bandara Udara Kertajati sendiri saat ini tengah membutuhkan banyak uang. Sebab, pengelola harus membayar hutang selama pembangunan awal bandara. Sehingga, hadirnya investor nanti dapat membantu beban hutang Bandara Kertajati.

"Jadi itu salah satu upaya. Karena kita tahu ini dibangun dengan biaya pinjaman yang cukup besar. Jadi Otomatis itu harus ada bagi hasilnya atau bunga. Jadi ini cukup memberatkan karena kalau utang tidak ditutup sementara penghasilan belum bisa menutupi," katanya.

3. Saham BIJB Kertajati tengah ditawarkan ke perusahaan India dan Arab Saudi

Jual Saham BIJB Kertajati ke Asing Dipilih demi Nasib BandaraBIJB Kertajati. IDN Times/Debbie Sutrisno

Kehadiran investor asing nantinya juga dapat memaksimalkan kinerja pengelola. Artinya, pengelola sedikit lebih tenang karena soal utang bisa dibantu, fokus untuk memajukan bandara juga akan lebih maksimal.

"Jadi menurut saya satu-satunya jalan adalah investor kita undang untuk sebagian peminjam atau perbankan. Jadi manajemen itu fokus untuk pengembangan ini ya," kata dia.

Untuk diketahui, sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan perusahaan asal India dan Arab Saudi tertarik untuk berinvestasi di BIJB Kertajati. Hal ini disampaikan dalam Jumpa Pers Akhir Tahun 2022 di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (27/12/2022).

Budi Karya mengatakan, adanya investasi ini bakal mengembangkan urusan mengangkut kargo dan juga menjadi pusat bengkel maintenance, repair, and overhaul (MRO) pesawat.

"Presiden sangat setuju juga Kertajati bisa jadi MRO dan juga untuk kargo karena dekat Patimban," ungkap Budi Karya.

Baca Juga: Bandara Kertajati 'Dibeli' Investor Saudi dan India? Ini Kata BIJB

Baca Juga: DPRD Jabar Sesalkan Rencana Penjualan Saham BIJB Kertajati ke Asing

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya