Jelang Ramadan 1443 Hijriah, Smartfren Perluas Jaringan di Jabar

Peningkatan difokuskan untuk kualitas layanan di Jabar

Bandung, IDN Times - Smartfren telah menyelesaikan perluasan dan optimasi jaringan di seluruh wilayah Jawa Barat (Jabar). Hal ini dilakukan untuk memberikan kualitas jaringan terbaik untuk hari biasa, maupun saat bulan Ramadan 1443H.

Agus Rohmat, VP Network Operations Smartfren mengatakan, setelah perluasan jaringan ini selesai, coverage Smartfren di Jabar telah meningkat 2,1 pesen dan sanggup menghadapi lonjakan traffic internet hingga 11,2 persen.

"Peningkatan coverage difokuskan meningkatkan kualitas layanan di daerah-daerah pemukiman Jabar dan berbagai wilayah sekitarnya," ucap Agus saat bertemu dengan awak media di Bandung, Kamis (17/3/2022).

1. Perluasan jaringan ini dilakukan dalam rangka kenyamanan pelanggan

Jelang Ramadan 1443 Hijriah, Smartfren Perluas Jaringan di JabarManajemen Smartfren tengah melihat langsung tower di Lembang, Kabupaten Bandung Barat (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Agus bilang, Smartfren di Jabar sudah menjangkau lebih dari 90 persen wilayah. Hal ini sejalan dengan meningkatnya kebutuhan layanan internet di masyarakat guna mendukung berbagai kegiatan digital, seperti streaming video, musik dan film, atau menjelajah media sosial.

"Perluasan jaringan ini dilakukan dalam rangka memastikan pelanggan Smartfren selalu mendapatkan layanan kualitas terbaik di mana pun mereka berada," ungkapnya.

2. Smartfren telah meningkatkan coverage nasional hingga 2,4 persen

Jelang Ramadan 1443 Hijriah, Smartfren Perluas Jaringan di JabarKecepatan jaringan 5G Smartfren (IDN Times/Smartfren)

Smartfren secara rutin melakukan optimasi dan peningkatan coverage di berbagai daerah operasionalnya seperti Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kalimantan dan Sulawesi.

Ia berharap, dengan meningkatnya kualitas jaringan dan jangkauannya yang semakin luas, maka semakin banyak pelanggan yang bisa menikmati layanan internet 100 persen 4G dari Smartfren.

"Saat ini Smartfren telah berhasil meningkatkan coverage nasional hingga 2,4 persen dan sudah 100 persen menyelesaikan optimasi jaringan di seluruh wilayah opersional," ucapnya.

3. Smartfren menerapkan teknologi jaringan full redundant

Jelang Ramadan 1443 Hijriah, Smartfren Perluas Jaringan di JabarTrial test jaringan 5G Smartfren (IDN Times/Smartfren)

Selanjutnya, Agus mengatakan, kegiatan ini akan terus dilakukan secara rutin di sepanjang 2022. Dengan seluruh inisiatif ini Smartfren telah siap untuk mengantisipasi potensi lonjakan traffic di bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1443 H yang diprediksi meningkat hingga 14,5 persen secara nasional.

"Smartfren juga menerapkan teknologi jaringan dengan desain full redundant dan memiliki teknologi automatic switch over sehingga perubahan kebutuhan kapasitas bisa disesuaikan dengan cepat," katanya.

4. Men-download dam unggah data semakin mudah

Jelang Ramadan 1443 Hijriah, Smartfren Perluas Jaringan di JabarIDN Times/ Helmi Shemi

Teknologi ini juga berkontribusi mempercepat penanganan jaringan. Agus bilang, dengan teknologi itu gangguan bisa diselesaikan kurang dari satu jam. Kombinasi jaringan Smartfren yang semakin luas dengan teknologi serta jaminan quality of service, telah berhasil meningkatkan pengalaman internet yang dirasakan pelanggan.

"Peningkatan pengalaman tersebut dapat dirasakan antara lain ketika pelanggan bermain game online; ketika mengakses layanan streaming video, film dan musik; serta ketika men-download dan upload file," kata dia.

Baca Juga: Hadirkan Konten Video Premium, Smartfren Kerja Sama dengan VisionPlus 

Baca Juga: Smartfren Luncurkan Paket Unlimited Double FUP, Gaming Makin Lancar 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya