Comscore Tracker

Hari Kebencanaan, Pemkot Bandung Ingatkan Adanya Potensi Sesar Lembang

Potensi bencana di Kota Bandung bisa datang kapanpun

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung mengingatkan masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi bencana gempa Sesar Lembang. Hal ini disampaikan Wali Kota Bandung Oded M Danial dalam peringatan Hari Kebencanaan 2021 tingkat Kota Bandung, di Balaikota, Senin(26/4/2021).

Oded mengatakan, Kota Bandung masuk dalam zona rawan sesar Lembang. Adapun kebencanaan terjadi bisa kapan saja dan tidak bisa ditentukan oleh manusia. 

"Yang sering saya dengar keseharian (potensi bencana) longsor, untuk Bandung, Bandung Raya terutama patahan Lembang, Sesar Lembang," ujarnya Oded di Balai Kota Bandung, Senin (26/4/2021).

1. Kesadaran mitigasi bencana harus dibangkitkan sejak dini

Hari Kebencanaan, Pemkot Bandung Ingatkan Adanya Potensi Sesar LembangIlustrasi simulasi bencana. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Kelompok masyarakat yang giat dalam melakukan mitigasi kebencanaan harus mulai dibangkitkan sejak dini. Oded menuturkan, dinas dan instansi terkait harus melakukan sosialisi sejak dini.

"Saya kira mengimbau warga Kota Bandung siap siaga menghadapi bencana yang tidak direncanakan. Mudah-mudahan dengan acara ini sebagai edukasi," ungkapnya.

2. Wali Kota Bandung minta masyarakat untuk tetap waspada

Hari Kebencanaan, Pemkot Bandung Ingatkan Adanya Potensi Sesar LembangWali Kota Oded M. Danial (IDN Times/Istimewa)

Wilayah yang rawan terkena Sesar Lembang banyak dari Bandung Timur. Meski begitu, Oded meminta seluruh masyarakat Kota Bandung selalu waspada dan tidak meremehkan mitigasi kebencanaan.

"Iya kita sosialsiasi bahwa kita tidak bisa lepas dari musibah bencana agar masyarakat punya kesiapsiagaan," katanya.

3. Sosialisasi terus dilakukan Diskar PB

Hari Kebencanaan, Pemkot Bandung Ingatkan Adanya Potensi Sesar LembangTwitter/@infobencana

Sedangkan, Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung, Dadang Iriana mengatakan, hingga saat ini masyarakat terus diberikan sosialisasi kebencanaan.

"Memberikan motivasi kepada masyarakat terhadap bencana longsor puting beliung dan bencana lainnya, jadi sosialis terus dilakukan," kata Dadang.

4. Pemkot Bandung belum ada BPBD

Hari Kebencanaan, Pemkot Bandung Ingatkan Adanya Potensi Sesar Lembang(Anggota kepolisian mengalihkan jalur menuju kawasan wisata Lembang di Jalan Setiabudi, Bandung, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020). Pada cuti bersama serta libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW hari kedua, jalur wisata menuju Lembang dipadati kendaraan wisatawan, dan kepolisian memberlakukan pengalihan arus untuk mengurai kemacetan) ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Disinggung soal dinas khusus yang menangani masalah kebencanaan seperti BPBD, Dadang menegaskan bahwa kebijaksanaan disesuaikan dari keputusan Wali Kota Bandung, Oded M. Danial.

"Itu kebijakan pimpinan tetapi kami melaksanakan tugas. Kota bandung siap, jumlah personil kita melibatkan 416 orang," kata dia.

Baca Juga: 3 Sesar Aktif di Jawa Barat Selain Sesar Lembang yang Patut Diwaspadai

Baca Juga: Tak Cuma Sesar Lembang, Ini 4 Sesar Aktif yang Berada di Jawa Barat

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya