Comscore Tracker

Gempa Bumi Garut, Ridwan Kamil: Awas Bahaya Video Hoax! 

Ridwan Kamil pastikan kondisi Garut masih terkendali

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil alias Emil meminta masyarakat tidak mudah percaya dengan kabar bohong atau hoax setelah gempa Kabupaten Garut magnitudo 6,4 pada Sabtu (3/12/2022) petang.

"Hati-hati dengan berita hoax yang menggunakan foto atau video gempa Cianjur kemudian dilabeli 'Gempa Garut'," ujar Emil lewat akun Instagram pribadinya dikutip, Sabtu (3/12/2022).

Emil menjelaskan, pusat gempa yang terjadi di Kabupaten Garut petang tadi berada di kedalaman 118 kilometer, sedangkan pusat gempa yang mengguncang Kabupaten Cianjur berada di kedalaman 10 kilometer.

"Cianjur kedalaman gempa dangkal 10 kilometer. Kita harus bijak dalam menyikapi ini. Nuhun (terima kasih)," katanya.

Emil menambahkan, berdasarkan laporan Bhabinkamtibmas setempat, kawasan Pantai Sayang Heulang, Garut Selatan, masih aman terkendali. "Semoga di tempat lain juga dilaporkan serupa. Amiiin," kata dia.

Untuk diketahui, gempa Garut yang awalnya tercatat magnitudo 6,4 kini dideteksi menjadi magnitudo 6,1 oleh BMKG. Selain itu, kedalamanny juga mengalami perubahan dari semula 118 kilometer, kini menjadi 109 kilometer.

Meski begitu PVMBG Badan Geologi mencatat magnitudo gempa ada di 6,4 dengan kedalaman 118 kilometer. Sedangkan, berdaswrkan informasi dari The United States Geological Survey (USGS) Amerika Serikat, gempa Garut berkekuatan magnitudo 5,7 pada kedalaman 112,5 kilometer.

Menurut data Geo Forschungs Zentrum (GFZ), Jerman, lokasi pusat gempa bumi ini dengan magnitudo 5,7 pada kedalaman 115 km.

Baca Juga: Viral Video Kerusakan Gempa Garut, BPBD Pastikan Hoax

Baca Juga: Dipastikan Tak Ada Korban Jiwa dari Gempa Garut Magnitudo 6,4

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya