Banjir, Longsor, Puting Beliung, Berpotensi Terjadi Selama Mudik 2022

Wilayah Jabar berpotensi terdampak bencana hidrometeorologi

Bandung, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat (Jabar) memprediksi bahwa selama periode 29 April-8 Mei ada potensi bencana hidrometeorologi. Bencana ini dinyatakan bisa menghambat mudik lebaran 2022.

Bencana hidrometeorologi yang berpotensi terjadi ini yaitu: banjir, longsor, dan angin puting. Sedangkan Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jabar juga mencatat ada 87 titik rawan longsor (56 di jalan provinsi, 31 jalan nasional) dan 30 titik rawan banjir (25 jalan provinsi, 15 jalan nasional).

"Kondisi Pantura dan jalur selatan berbeda. Di Pantura harus waspadai kemungkinan angin puting beliung dan banjir terutama akibat rob," ujar Budi Juanda, Sekretaris BPBD Jabar melalui keterangan resminya, Selasa (26/4/2022).

1. Jalur selatan dan tengah berpotensi terdampak bencana hidrometeorologi

Banjir, Longsor, Puting Beliung, Berpotensi Terjadi Selama Mudik 2022Ilustrasi. Petugas kepolisian berjaga memantau arus mudik lebaran. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Pada saat puncak mudik tepatnya pada  28 April 2022, Budi bilang, hujan diprediksi masih akan turun dengan deras di wilayah Pantura. Hal itulah akan menyebabkan munculnya banjir yang diakibatkan oleh meluapnya air laut atau rob.

"Sementara di jalur selatan, kewaspadaan berbeda. Di jalur selatan dan tengah, pemudik wajib mewaspadai bencana hidrometeorologi seperti longsor, banjir dan tanah bergerak," ungkapnya.

2. Potensi bencana alam tetap ada selama mudik

Banjir, Longsor, Puting Beliung, Berpotensi Terjadi Selama Mudik 2022Ilustrasi Moda Transportasi. (IDN Times/Mardya Shakti)

Budi mengatakan Jabar memang memiliki banyak titik lokasi bencana yang harus diwaspadai. Ia menyatakan sejak Januari hingga April 2022 sudah tercatat sekitar 400 kejadian. Maka itu, pemudik 2022 diminta lebih berhati-hati terutama saat masuki beberapa wilayah rawan di Jabar.

"Artinya, potensi memang ada ditambah dengan adanya pergerakan orang pas mudik," ucapnya.

3. Petugas kebencanaan telah disiapkan selama periode mudik 2022

Banjir, Longsor, Puting Beliung, Berpotensi Terjadi Selama Mudik 2022Ilustrasi tanah longsor (IDN Times/Sukma Shakti)

Selain bencana alam, ia juga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap COVID-19. Pergerakan orang dalam jumlah besar harus diantisipasi dengan prokes yang ketat dan jangan sampai pulang kampung justru membawa virus pada keluarga.

Untuk mengantisipasi, Jabar menyiagakan 22 Disaster Relieve Unit (DRU) dilengkapi alat berat yang dapat dipakai sewaktu-waktu jika ada bencana. BPBD juga menyediakan posko di wilayah kabupaten/kota yang rawan bencana yang diisi petugas BPBD, Dishub, Damkar, PMI, ORARI, hingga pramuka.

Baca Juga: Siapkan 400 Pos Pantau Mudik di Jabar, Ridwan Kamil: Jabar Siaga Satu

Baca Juga: Mau Mudik? Tiket KA Mudik dari Gambir dan Pasar Senen Masih Tersedia 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya