Comscore Tracker

Kenal Dekat, Dedi Mulyadi Nasehati Baim Wong agar Lebih Menahan Diri

Dedi Mulyadi pernah memarahi seorang bapak yang ditolongnya

Purwakarta, IDN Times - Kontroversi kemarahan Baim Wong terhadap seorang bapak dalam video yang beredar di media sosial mengundang respons dari berbagai pihak, termasuk dari politikus dan YouTuber Dedi Mulyadi.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia itu mengaku sudah cukup mengenal Baim Wong. "Tidak ada sikap sombong, dia bercerita mengenai pengalaman hidup dan ibunya. Tidak ada sedikit pun dia menyombongkan diri,” ujar Dedi, Rabu (13/10/2021).

Kesan pertama itu dirasakannya sejak pertama kali bertemu di rumah Baim Wong. Menurut Dedi, sikap Baim Wong kepada seorang bapak yang diduga akan meminta uang itu dipengaruhi beberapa faktor.

1. Dedi Mulyadi menebak sikap Baim Wong untuk berikan pelajaran

Kenal Dekat, Dedi Mulyadi Nasehati Baim Wong agar Lebih Menahan Diri(Baim Wong Ingatkan Untuk Terus Berbagi) www.popmama.com

Dedi menilai dua hal yang terjadi pada video tersebut. Antara lain Baim terlihat kesal karena diikuti terus oleh sang bapak, dan bapak tersebut dituding terus menerus meminta uang kepada Baim sehingga membuatnya lelah dan emosional.

“Yang ada di dalam hatinya Baim itu tidak begitu menyukai pada orang yang sengaja meminta, tetapi dia sangat menyukai orang bekerja," kata Dedi Mulyadi, menebak-tebak. Sehingga, Baim pun berusaha memberikan pelajaran kepada bapak tersebut.

2. Sikap Baim Wong terhadap bapak seharusnya lemah lembut

Kenal Dekat, Dedi Mulyadi Nasehati Baim Wong agar Lebih Menahan DiriBaim Wong memberikan bantuan paket sembako kepada warga Kampung Lio, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. (Istimewa)

Meskipun demikian, Dedi menilai maksud baik Baim Wong dalam video itu disampaikan dengan cara yang kurang baik dan tepat. Bagaimana tidak, lantara yang dihadapi Baim adalah seorang bapak lanjut usia.

Dalam memperlakukan orangtua, Dedi menyarankan sebaiknya Baim mengedepankan adab. “Tidak boleh emosi, harus lemah lembut pada orangtua. Dan sikap penyampaiannya dengan bahasa yang mudah dimengerti,” katanya.

3. Dedi Mulyadi pernah marahi bapak yang meminta sumbangan

Kenal Dekat, Dedi Mulyadi Nasehati Baim Wong agar Lebih Menahan DiriWakil Ketua Komisi IV DPR, Dedi Mulyadi (ANTARA FOTO/Istimewa)

Pengalaman serupa diakui juga pernah terjadi kepada Dedi Mulyadi. Pemilik kanal YouTube dengan 1,94 juta pengikut itu mengaku pernah bertemu dengan seorang bapak yang kerap berkeliling meminta sumbangan dalam kondisi stroke.

Saat Dedi mendatangi rumah sang bapak dan menawarkan pekerjaan kepada anaknya, mereka menolak. Pihak keluarga akhirnya meminta modal untuk berjualan bubur yang langsung diberikan Dedi ditambah dengan bantuan kebutuhan makan keluarga selama satu bulan.

Dedi bermaksud memberikan bantuan itu agar sang bapak tidak lagi berkeliling meminta sumbangan, tapi justru sebaliknya. "Bapaknya masih keliling, itu yang buat saya marah,” katanya.

4. Video Baim Wong menjadi pelajaran berharga bagi masyarakat

Kenal Dekat, Dedi Mulyadi Nasehati Baim Wong agar Lebih Menahan DiriAbdul Halim/IDN Times

Lebih lanjut, Dedi Mulyadi berharap kejadian yang dialami Baim Wong menjadi pelajaran bagi masyarakat. Ia meminta semua pihak untuk berusaha menahan diri dari kemarahan dan menyeleksi konten video yang baik untuk ditayangkan di media sosial.

"Ke depan, lebih berhati-hati dalam memposting sebuah peristiwa. Bisa jadi niat kita baik, tapi publik menilainya tidak baik. Tetapi, itu harus dimaknai baik karena yang mencerca itu netizen untuk mengoreksi kita agar hidup lebih baik," tutur Dedi.

Baca Juga: Kasus Bantuan Provinsi, Dedi Mulyadi Bantah Pernah Terima Uang

Baca Juga: Donasi Kakek Suhud yang Viral karena Baim Wong Capai Rp50 Juta  

Baca Juga: 5 Sikap Baim Wong yang Jadi Kontroversi, Dicap Kasar ke Kakek Tua

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya