Hadapi 2024 Penuh Tantangan, KSP Pakai Model Bisnis Baru

KSP coba antisipasi tantangan yang ada

Bandung, IDN Times - PT Krakatau Sarana Properti (KSP), cucu dari BUMN Krakatau Steel akan menerapkan model bisnis baru tahun ini. Direktur Utama PT Krakatau Sarana Properti Iip Arief Budiman mengungkapkan, perubahan pola bisnis merupakan sebuah keniscayaan dalam menghadapi tantangan.

“Perubahan model bisnis ini merupakan turunan dari restrukturisasi besar di PT Krakatau Steel yang sudah dimulai sejak empat tahun lalu," kata Iip, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Kamis (23/2/2024).

Menurut dia, pembaruan model bisnis merupakan keniscayaan karena kondisi yang saat ini tengah dihadapi perusahaan.

"Kami akan memaksimalkan semua potensi yang bisa kami raih dengan kondisi yang ada saat ini untuk mencapai target pemasukan,” kata Iip.

1. Model bisnis baru ala KSP

Hadapi 2024 Penuh Tantangan, KSP Pakai Model Bisnis BaruHadapi 2024 Penuh Tantangan, KSP Pakai Model Bisnis Baru (IDN Times/istimewa)

Model bisnis baru ini, kata Iip menggunakan skema pembebasan, sertifikasi, land development, penjualan dan persewaan lahan Kawasan Industri menjadi bisnis PT Krakatau Sarana Infrastruktur (KSI).

Sedangkan pergudangan, pengelolaan Kawasan Industri, persewaan lahan utilitas, golf dan sport center juga transmart menjadi bisnis PT KSP.

Sementara untuk bisnis gudang, hotel, transmart, dan aset lainnya akan diatur dalam suatu perjanjian sewa-menyewa.

“KSP harus terus bergerak agar tidak dilindas oleh perubahan zaman. Ada dua konsekuensi dari keputusan untuk bergerak yaitu gagal atau berhasil."

"Keberhasilan ada di tangan kami, bukan di tangan orang lain. Karena itu, saya optimistis dengan semua aset organisasi dan juga SDM yang dimiliki saat ini, PT KSP bisa mencapai target pemasukan seiring penerapan model bisnis baru ini,” ujarnya.

2. Menetapkan backbone revenue bagi KSP

Hadapi 2024 Penuh Tantangan, KSP Pakai Model Bisnis BaruKSP Targetkan Gudang Baru dan Ekspansi Bisnis ke IKN (IDN Times/istimewa)

Untuk bisa mencapai target, Iip menambahkan, ada strategi yang harus diciptakan. Salah satunya adalah dengan menetapkan backbone revenue bagi PT KSP.

“Pengelolaan kawasan masih akan jadi generated revenue yang signifikan, tapi di luar kami dorong bisnis  lain seperti sports center, opstimalisasi asset yang idle, diversifikasi bisnis yang dikembangkan, sehingga menciptakan potensi revenue baru,” ujarnya.

3. Optimistis setelah berkaca hasil tahun lalu

Hadapi 2024 Penuh Tantangan, KSP Pakai Model Bisnis BaruHadapi 2024 Penuh Tantangan, KSP Pakai Model Bisnis Baru (IDN Times/istimewa)

Sementara itu Direktur SDM dan Keuangan PT Krakatau Sarana Properti Gersang Tarigan menambahkan, perusahaan akan menghadapi tantangan dan juga turbulensi yang luar biasa pada tahun ini.

Namun, pengalaman tahun lalu menunjukkan bahwa PT KSP berhasil melewati masa-masa sesulit apa pun.

“Dengan pengalaman yang sudah kami lalui juga pengalaman dari semua karyawan PT KSP, saya optimistis target bisa dicapai bahkan bisa lebih tinggi lagi. Kalau kami lihat di Januari lalu, pemasukan cukup bagus dan ini menjadi sebuah fondasi yang bagus bagi kita untuk terus melangkah,” ujar Gersang.

Gersang juga mengungkapkan, PT KSP harus terus melakukan inovasi dan pengembangan pasar agar bisa terus tumbuh dan berkembang. Selain itu, produk juga harus dikembangkan untuk bisa mendapatkan revenue.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya