KCIC Ungkap Alasan Penumpang Whoosh Pilih Turun di Stasiun Padalarang

Stasiun Padalarang ada kereta feeder ke Kota Bandung

Bandung, IDN Times - Deputi Stasiun Master Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Stasiun Tegalluar, Nurudin membeberkan alasan para penumpang Whoosh banyak memilih turun di Stasiun Padalarang dibandingkan Stasiun utama di Tegalluar.

Menurutnya, Stasiun Padalarang memiliki Kereta Feeder yang menghubungkan penumpang ke Stasiun Bandung. Jarak dengan pusat kota juga sangat dekat, sehingga banyak para penumpang memilih turun di Stasiun Padalarang. 

"Bandung identiknya dengan (stasiun) Padalarang karena sudah ada feeder-nya juga yang menyambungkan antara Stasiun Padalarang ke Stasiun Bandung. Kebetangkatannya juga (sama)," kata Nurudin, Selasa (31/10/2023). 

1. Stasiun Padalarang dan Tegalluar sudah memiliki fasilitas pendukung

KCIC Ungkap Alasan Penumpang Whoosh Pilih Turun di Stasiun PadalarangKereta Feeder Whoosh (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Nurdin menjelaskan, pada dasarnya Stasiun Padalarang ataupun Stasiun Tegalluar memiliki fasilitas penghubung yang sama. Di Tegalluar sendiri ada akses bus Damri yang bisa langsung ke pusat kota.

"Sebenarnya pilihannya kembali ada di masyarakat, mau berangkat atau turun di mana, tapi di Tegalluar juga sudah ada angkutan lanjutan aksesnya juga sudah mudah untuk menjangkau Stasiun Tegalluar," katanya.

2. Stasiun Tegalluar belum ada kereta feeder

KCIC Ungkap Alasan Penumpang Whoosh Pilih Turun di Stasiun PadalarangKereta Feeder Whoosh (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Lebih lanjut, Nurdin mengatakan, KCIC bersama dengan instansi terkait sudah memberikan fasilitas pendukung untuk mempermudah masyarakat yang turun di Stasiun Tegalluar. Namun untuk kereta feeder menurutnya memang belum tersedia di Tegalluar

"Kalau feeder dengan kereta api tentu belum memungkinkan karena harus membuat jalur baru dan sebagainya, tapi di sini (Tegalluar) sudah ada shelter-shelter Damri untuk melanjutkan ke Kota Bandung ada juga dari Summarecon," katanya.

3. KCIC klaim penumpang Whoosh masih ramai

KCIC Ungkap Alasan Penumpang Whoosh Pilih Turun di Stasiun PadalarangLogo Kereta Cepat Jakarta-Bandung. (IDN Times/Trio Hamdani)

Saat disinggung soal jumlah penumpang yang turun antara Stasiun Padalarang dan Stasiun Tegalluar, dia belum bisa memastikan rata-rata jumlah penumpang yang berangkat melalui kedua stasiun ini. Namun kondisi penumpang disebutkannya cukup ramai.

"Ya alhamdulillah ramai, penumpang juga antusias masih sangat untuk menaiki Kereta Cepat Whoosh," kata dia.

Baca Juga: 31 Penumpang KA Cepat Whoosh Tertinggal, KCIC Minta Maaf

Baca Juga: Tiket First Class KA Cepat Bisa Tembus Rp600 Ribu, KCIC Sasar Bos-Bos

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya