Comscore Tracker

Supratman Freedom Military: Belajar Sejarah dan Mencintai Militer 

Ajang silaturahmi para pehobi militer asal Kota Bandung

Bandung, IDN Times - Bandung merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki segudang komunitas dan perkumpulan. Mulai dari otomotif, Air Soft Gun, Sepeda Ontel, hingga yang berkaitan dengan dunia militer.

Nah, para pehobi dunia militer atau Army ini kembali berkumpul dalam komunitas Supratman Freedom Military. Mereka memiliki kegemaran yang sama dengan rasa memiliki kebersamaan dan kekeluarga, serta antusias yang tinggi terhadap perkembangan dunia militer. 

Para anggota komunitas Supratman Freedom Military ini jika bertemu tidak hanya berkumpul dan membicarakan hobi mereka. Tetapi, melalui visi dan misi, Supratman Freedom Military juga mengajak para anggotanya serta masyarakat untuk bisa belajar sejarah dan tentap mencintai militer Indonesia.

Seperti apa keseruan Supratman Freedom Military? Yuk, simak bersama penjelasan Ketua atau El Presidente Supratman Freedom Military, John Erwin.

1. Terbentuk sejak 4 Juli 2020 di Kota Bandung

Supratman Freedom Military: Belajar Sejarah dan Mencintai Militer IDN Times/istimewa

Supratman Freedom Military pertama kali berdiri dan dideklarasikan pada 4 Juli 2020 di Jalan Supratman Nomor 102, Kota Bandung. Kini, Supratman Freedom Military telah memiliki anggota sebanyak 50 hingga 60 orang.

Ketua atau El Presidente Supratman Freedom Military, John Erwin mengatakan, Supratman Freedom Military bersifat terbuka tanpa mengenal sara, suku, agama ras dan antar golongan. Tak hanya itu, komunitas ini juga memiliki misi yang sangat mulia yaitu bermanfaat pada masyarakat.

2. Berkomunikasi dengan komunitas lain dengan sesama penghobi army

Supratman Freedom Military: Belajar Sejarah dan Mencintai Militer IDN Times/istimewa

Erwin mengatakan, Supratman Freedom Military merupakan komunitas yang anggotanya berasal dari komunitas lain di Kota Bandung. Para anggota yang berkumpul di Supratman Freedom Military ternyata memiliki hobi yang sama yakni Army atau Military.

Sehingga, kata dia, komunitas ini merupakan sebuah media perantara atau jembatan untuk bersilaturahmi antar komunitas. Sebab, banyak anggota berasal dari beberapa komunitas seperti komunitas motor, Air Soft, Sepeda Ontel, Jeep, dan Renaetmen.

"Nah itu adalah visi kami. Visi dan misinya ini berkomunikasi dengan komunitas lain sesama penghobi army walaupun komunitas itu berbagai macam. Jadi siapapun yang menyukai hobi berbaju army, yuk kita gabung disini, kita guyub, kita sama-sama itu visi kami," kata Erwin kepada Wartawan di Warung Setiabudhi 2 jalan Cihamplas Kota Bandung, Jumat (7/8/2020).

3. Akan terus membuka komunikasi hingga seluruh Jawa Barat dan Indonesia

Supratman Freedom Military: Belajar Sejarah dan Mencintai Militer IDN Times/istimewa

Saat ini, lanjut Erwin, anggota komunitas Supratman Freedom Military di Kota Bandung sudah mencapai 50 hingga 60 orang. Namun, komunitas ini akan terus membuka komunikasi ke seluruh wilayah di Jawa Barat untuk meningkatkan eksistensi dari komunitas Supratman Freedom Military dengan membuat event-event dengan skala small, midle ataupun big.

"Kami fokus di Bandung dulu supaya terdengar kemudian untuk Jawa Barat. Kemarin bekasi juga sudah menanyakan kapan road show. Tidak menutup kemungkinan kami ekspansi ke luar, mudah-mudahan di Nusantara kami terdengar gaungnya," jelasnya.

4. Bukan hanya sekadar hobi, tetapi belajar dan mencintai sejarah dunia militer Indonesia

Supratman Freedom Military: Belajar Sejarah dan Mencintai Militer IDN Times/istimewa

Sementara itu, Sekretaris Supratman Freedom Military, Willy menyampaikan bahwa komunitas ini juga sebagai sarana untuk mengedukasi setiap anggota ataupun masyarakat tentang sejarah-sejarah dunia militer terutama sejarah bangsa Indonesia.

"Banyak yang kurang paham dengan sejarah perjuangan di Indonesia. Di sini kami mencoba untuk mengedukasi juga sejarah perjuangan bangsa Indonesia," ucapnya.

Selain mengedukasi, ada upaya untuk memfasilitasi setiap hobi dan mengembangkan potensi-potensi anggotanya dengan meningkatkan ilmu pengetahuan serta menjalin jejaring atau relasi, mengingat setiap anggota mempunyai profesi yang berbeda pengusaha, dan kolektor.

Willy berharap, dengan hadirnya komunitas Supratman Freedom Military dapat menghasilkan manfaat untuk masyarakat secara luas.

"Saya sangat berharap itu bermanfaat bagi masyarakat luas," tutupnya.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya