Comscore Tracker

Nusa Data, Data Marketplace Multi-Industri Pertama di Indonesia

Fasilitasi kebutuhan data antara entitas penyedia dan pengguna data

Bandung, IDN Times - PT Akar Inti Data (AID) memperkenalkan Nusa Data, Data Marketplace Multi-Industri Pertama di Indonesia. Nusa Data bertujuan untuk memfasilitasi kebutuhan data antara entitas penyedia data dan pengguna data. 

Era Industri 4.0 menjadi fokus penggunaan dan pemanfaatan data untuk berbagai proses bisnis. “Namun banyak tantangan yang dihadapi dari hal teknologi, komersial dan regulasi yang melindungi data pribadi,” kata Subianto Windoro, Chief Executive Officer Akar Inti Data dalam acara peluncuran Nusa Data di Jakarta, 16 November 2022.

Acara peluncuran ini dihadiri sejumlah perwakilan dari penyedia dan pengguna data yang berasal dari berbagai industri.

Lebih lanjut, Subianto menjelaskan beberapa tantangan dalam pencarian data pihak ketiga, seperti regulasi, kredibilitas dan kualitas data, serta teknologi yang digunakan.

“Nusa Data hadir untuk menjembatani kebutuhan data pihak ketiga dari berbagai industri usaha, dengan ekosistem penyedia data secara secure, private dan mengikuti semua regulasi dan standar internasional yang ada,” terang Subianto. 

1. Sudah lebih dari 10 perusahaan yang bergabung

Nusa Data, Data Marketplace Multi-Industri Pertama di IndonesiaIDN Times/Istimewa

Saat ini, sudah ada lebih dari 10 perusahaan yang bergabung dalam ekosistem Nusa Data, yang berasal dari beragam industri, seperti telekomunikasi, aggregator layanan keuangan, market research, vendor data, dan sebagainya. Secara kolektif, ekosistem ini memungkinkan lebih dari 100 insights yang dapat digunakan oleh pengguna data. Ke depannya, Akar Inti Data menargetkan akan menambah ekosistem penyedia data untuk semakin memperkaya insights dalam ekosistem Nusa Data.

Contoh penggunaan insights antara lain Customer 360, financial analysis enrichment, mobility analytic, anti-fraud enrichment, cross & up-selling, trend & market analysis, dan sebagainya.

Pemanfaatan insights ini dapat berasal dari lebih satu penyedia data. Penggunaan insights yang tepat akan membantu perusahaan untuk meningkatan proses bisnis dan mendapatkan keuntungan kompetitif, diantara memperkaya proses analisa data, pengambilan keputusan, serta meningkatkan cross-selling dan up-selling.

2. Membantu menganalisa kebutuahn data yang tepat

Nusa Data, Data Marketplace Multi-Industri Pertama di IndonesiaIDN Times/Istimewa

Akar Inti Data juga menyediakan jasa konsultansi untuk membantu pengguna data menganalisa kebutuhan data, serta menentukan penyedia data yang tepat.  

Dalam menyediakan layanannya, Nusa Data memiliki 3 pilar, yakni teknologi, bisnis dan compliance.

Dari sisi teknologi, Nusa Data menggunakan teknologi terkini dan cloud yang berlokasi di Indonesia untuk memastikan keamanan. Nusa Data menggunakan teknologi dengan Fully Homomorphic Encryption dan kemampuan secret computing dalam melakukan pemrosesan data.

Dari segi bisnis, Nusa Data menerapkan model bisnis yang transparan mulai dari harga, skema komersil hingga transaksi antara penyedia dan pengguna data. Nusa Data menampilkan katalog data untuk memudahkan pengguna data melakukan pencarian data yang spesifik.

3. Memastikan kredibilitas perusahaan

Nusa Data, Data Marketplace Multi-Industri Pertama di IndonesiaUnsplash

Penyedia data juga diberikan keleluasaan untuk menerima ataupun menolak tawaran penggunaan data dari calon pengguna data yang mengajukan penawaran.

Ditambah, Nusa Data juga melakukan proses pengecekan Know Your Business bagi perusahaan yang bergabung, baik sebagai penyedia maupun pengguna data. Hal ini untuk memastikan kredibilitas perusahaan yang bergabung di dalam ekosistem Nusa Data.

Dari sisi compliance, Nusa Data memastikan bahwa proses operasionalnya sudah sesuai dan mengikuti regulasi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dengan menerapkan standar General Data Protection Regulations (GDPR) dan Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP) sebagai patokan dalam menjalankan proses operasional, menyeleksi penyedia data dan pengguna data, pelaksanaan transaksi dan pemrosesan data. 

Lebih lanjut, PT Akar Inti Data sebagai perusahaan yang menaungi Nusa Data telah mendapatkan seluruh perizinan khususnya dari Kementerian Teknologi dan Informasi (KOMINFO) serta demi meningkatkan keamanan di bidang teknologi dan data, PT Akar Inti Data telah tersertifikasi ISO 27001:2013 tentang Manajemen Keamanan Informasi.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya