Comscore Tracker

Keluarga Wagub Jabar UU Ruzhanul Jalani Tes Swab COVID-19

Ridwan Kamil umumkan Uu terpapar COVID-19

Tasikmalaya, IDN Times - Setelah dinyatakan positif terkonfirmasi virus COVID-19 dengan status Orang Tanpa Gejala, hari ini keluarga Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum di Pondok Pesantren Miftahul Huda di Kabupaten Tasikmalaya, jalani tes swab.

Pelaksanaan tes swab yang dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya itu dilakukan sebagai upaya pencarian, setelah Wagub Jabar dinyatakan terkonfirmasi positif COVID -19.

"Iya benar saat ini kami tengah melakukan swab dan tracing di sekitar kediaman pak Wagub," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Tasikmalaya, Atang Sumardi ketika dihubungi awak media, Kamis (10/6/2021).

1. Swab dan tracing dilakukan dinkes setelah Wagub diketahui terpapar virus COVID-19.

Keluarga Wagub Jabar UU Ruzhanul Jalani Tes Swab COVID-19dok Diskominfo Kab Tasik

Atang mengatakan, Uu dalam beberapa hari terakhir tengah menjalani isolasi mandiri di rumah dinasnya di Kota Bandung karena terpapar COVID-19. Menurut Atang, sesuai dengan standar penanganan COVID-19, setiap ditemukan kasus corona akan ditindaklanjuti dengan tracing terhadap orang yang diperkirakan pernah kontak erat.

"Sesuai standar ada sekitar 20 orang yang bakal menjalani tracing, yakni siapa saja yang pernah kontak erat," Jelasnya.

2. Setelah tracing petugas langsung melakukan swab tes PCR

Keluarga Wagub Jabar UU Ruzhanul Jalani Tes Swab COVID-19dok Diskominfo Kab Tasik

Atang menjelaskan, setelah Wagub terkonfirmasi positif, aparat berlomba dengan waktu untuk menangani dan menindakn segala bentuk kasus COVID-19 di sekitar kediaman Uu di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Setelah dilakukan tracing, hari ini mereka akan melanjutkan tindakan tes PCR untuk tahu seberapa banyak orang yang positif COVID-19 di sana.

"Tracing dan swab test tadi itu melingkupi keluarga besar Ponpes Miftahul Huda. Meski hasilnya belum kami pegang, mudah-mudahan tidak ada yang positif," kata Atang.

3. Wakil Gubernur Jawa Barat UU Ruzhanul Ulum dinyatakan COVID-19 sejak 6 Juni lalu

Keluarga Wagub Jabar UU Ruzhanul Jalani Tes Swab COVID-19Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum. (Dok Humas Pemprov Jabar)

Sementara itu, seperti yang diberitakan IDN Times sebelumnya, Wakil Gubernur Jawa Barat UU Ruzhanul Ulum dinyatakan COVID-19 sejak 6 Juni 2021. Namun, ia tidak mengalami panas seperti demam atau gejala COVID-19 lain seperti hilangnya fungsi indra penciuman.

"Sejak kemarin saya sudah mulai menjalani prosedur penanganan COVID-19 dengan segera melakukan isolasi mandiri di rumah dinas dalam waktu 14 hari ke depan," ujarnya.

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya