Comscore Tracker

Unjani Siap Lahirkan Akuntan Profesional Hadapi Tantangan Global

Peluang kerja keahlian akuntan terbuka lebar di dunia usaha

Bandung, IDN Times - Perkembangan perusahaan dan dunia usaha yang semakin pesat tentunya membutuhkan kondisi keuangan, perpajakan, serta pemeriksaan akuntansi yang sehat. Karena itu dibutuhkan profesi akuntan yang profesional. 

Pekerjaan ini menjadi profesi yang sangat menjanjikan karena keahlian. Tidak heran jika peluang ini banyak dicari para lulusan universitas dan perguruan tinggi terbaik untuk meraih kesuksesan di bidang tersebut.

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani), Nunung Aini Rahmah, SE., M.Si., Ph.D, Plh mengatakan, profesi akuntan memang sangat menjanjikan, karena banyak dibutuhkan oleh perusahaan dan instansi pemerintahan. Bahkan, dunia usaha pun sangat membutuhkan keahlian seorang akuntan dalam mengelola perusahaannya.

"Peluangnya sangat terbuka. Oleh karena itulah kami banyak mencetak akuntan- akuntan yang handal dan profesional," kata Nunung dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Selasa(6/9/2022).

1. Mendapat sertifikat dari BNSP

Unjani Siap Lahirkan Akuntan Profesional Hadapi Tantangan GlobalShutterStock

Dia menyebutkan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Achmad Yani khususnya pada program studi Akuntansi sudah banyak mencetak lulusan dan lulusan kini telah diterima di dunia kerja dalam berbagai bidang industri.

Tidak hanya itu sekitar 26 persen lulusan fakultas ekonomi dan bisnis juga kini menjadi wirausaha sehingga dapat membukakan lapangan kerja dan membantu lingkungan sekitarnya.

"Yang membedakan di kami itu, para mahasiswa akuntansi diberi surat keterangan pendamping ijazah. Jadi selain memperoleh ijazah, juga mendapat sertifikat dari BNSP atau Badan Nasional Sertifikasi Profesi yang menunjukan kompetensinya pada pelaporan keuangan. Jadi diakui keahliannya oleh BNSP," jelasnya.

2. Punya peluang ikut program bravet Pajak A dan B

Unjani Siap Lahirkan Akuntan Profesional Hadapi Tantangan GlobalBerbagai sumber

Selain itu para mahasiswa pun memiliki peluang yang besar dalam program brevet pajak A dan B karena dikolaborasikan dengan mata kuliah Perpajakan, sehingga para mahasiswa dapat mengikuti sertifikasi teknisi perpajakan.

"Jadi pada saat mereka memilih untuk melamar pekerjaan pun rata rata mereka lebih cepat diterima di dunia kerja. Karena FEB Unjani mencetak akuntan profesional yang dilengkapi sertifikasi tambahan yang dinilai pihak eksternal," jelasnya.

Seperti diketahui setiap tahun persaingan di dunia usaha dan dunia industri semakin berat. Hal ini mewajibkan setiap lulusan universitas memiliki kompetensi yang tinggi sehingga mudah bersaing di dunia kerja. Pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis berfokus pada Experiential Learning yang merupakan proses belajar yang menggunakan pengalaman sebagai media belajar atau pembelajaran.

Experiential Learning itu sendiri menekankan bahwa experience (pengalaman) berperan penting dalam proses pembelajaran. Metode pembelajaran ini mendorong mahasiswa dalam aktivitasnya untuk berpikir lebih banyak, mengeksplor, bertanya, membuat keputusan, dan menerapkan apa yang telah mereka pelajari.

3. Lakukan pertukaran pelajar dengan berbagai program unggulan

Unjani Siap Lahirkan Akuntan Profesional Hadapi Tantangan GlobalIDN Times/Istimewa

Selain itu, kata dia, Unjani juga memiliki program terbaru yaitu Student Exchange dimana bekerja sama dengan INTI International University & Colleges, University of Malaya, Mahsa University untuk melakukan pertukaran pelajar, dalam program kurikulum yang akan diberikan kepada mahasiswa Internasional selama mengikuti program student exchange di FEB diantaranya Digital Business, Green Marketing, Organizational Behaviour, Entrepreneurship, Management for Non-Profit Organization, Green Accounting dan Information System Audit.

"Penyerapan tenaga kerja terhadap lulusan itu diatas 80 persen, terserap kurang dari 6 bulan setelah lulus. Biasanya mahasiswa yang kerja praktik atau magang itu direkrut oleh perusahaannya dan kamipun menempatkan mahasiswa terutama yang berprestasi. Seperti di Kantor Akuntan Publik, Kantor Konsultan Pajak serta lainnya baik di Bandung Raya dan Jakarta," jelasnya.

Lebih lanjut Nunung mengatakan, saat ini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unjani sedang melaksanakan Penerimaan Mahasiswa baru (PMB) 2022-2023. Ada 3 program studi (Prodi) di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unjani yang bisa menjadi pilihan. Antara lain Prodi Akuntansi (S1), Prodi Manajemen (S1) dan Magister Manajemen (S2). Bahkan saat inipun sedang proses pendirian untuk progam Magister Akuntansi (S2).

Tidak hanya itu saja, ada juga program kelas lanjutan untuk mahasiswa lulusan D1-D3 yang akan menyelesaikan S1 nya di Unjani. Bahkan ada program Fast Track atau program lanjutan dari S1 ke S2, sehingga masa tempuh kuliah menjadi lebih cepat.

"Ada juga program RPL bagi siswa SMK jurusan Akutansi, dimana mereka yang telah melakukan uji kompetensi penyusunan laporan keuangan dapat di konversi ke mata kuliah. Dalam hal itu, kita pun banyak memberikan kemudahan kepada mahasiswa dalam mengakses beasiswa. Khususnya bagi para mahasiswa yang berprestasi," jelasnya.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya