Tingkatkan Mutu Anggota, PKS Jabar Gelar Pendidikan Politik Kader

Pembinaan kader dilakukan se-Jabar

Bandung, IDN Times - Dalam rangka meningkatkan kapasitas pembinaan anggotanya, DPW PKS Jawa Barat mengadakan “Pendidikan Politik dan Peningkatan Kapasitas Pembina Unit Pembinaan Anggota”.

“Sebagai partai berbasis kader, pemenuhan ‘nutrisi’ bagi para anggotanya secara berkesinambungan ialah kemestian sebagai bekal mereka menghadapi kompleksitas kondisi masyarakat, menyikapi berbagai problematika, bahkan menjadi solusi di tengah-tengah masyarakat,” ujar Ketua DPW PKS Jawa Barat, Haru Suandharu dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Minggu(26/9/2021).

1. Pembinaan kader menjadi hal penting

Tingkatkan Mutu Anggota, PKS Jabar Gelar Pendidikan Politik KaderIDN Times/Istimewa

Haru menyampaikan, “Pembina” merupakan unsur utama terlaksananya proses tersebut. Untuk itu, PKS Jawa Barat menyediakan fasilitas pelatihan bagi para pembina di berbagai jenjang keanggotaan. Karena itu acara ini menjadi sangat penting dilaksanakan.

“Meski kondisi pandemik, pelaksanaan proses ‘supply nutrisi’ yang bergizi bagi para anggota harus tetap tersampaikan,” ujar Haru. “Apalagi, perlu keterampilan khusus karena kita menghadapi kondisi yang baru, tentu kita perlu keterampilan yang berbeda.”

2. Pandemik COVID-19 menjadi tantangan

Tingkatkan Mutu Anggota, PKS Jabar Gelar Pendidikan Politik KaderIDN Times/Istimewa

Haru mengakui, pelaksanaan pembinaan di Unit Pembinaan Anggota selama masa pendemik bukan tanpa kendala, termasuk kendala efektifitas komunikasi. Jarak, kendala teknis (jaringan, media, juga pengoperasian perangkat) ialah sebagian faktornya. Selain itu, komunikasi melalui media merupakan cara baru yang menuntut pembina mengeluarkan upaya lebih keras, apalagi pelaksanaannya harus berkesinambungan.

“Untuk itu, mumpung ada keluangan, selain soal keterampilan, kita mempertemukan sebagian para pembina anggota di momen ini agar tegangannya optimal, kemudian ‘kontennya’ spesial, bukan hanya soal keterampilan namun juga menyampaikan kembali urgensi pelaksanaan pembinaan di Unit Pembinaan Anggota sehingga nilainya terjaga pada hati setiap kader, khususnya para pembina,” kata Haru yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Fraksi PKS.

3. Kegiatan akan terus berlangsung di kota-kabupaten lain di Jabar

Tingkatkan Mutu Anggota, PKS Jabar Gelar Pendidikan Politik KaderIDN Times/Istimewa

Lebih jauh, pada momen ini juga, PKS Jawa Barat memberikan ‘suplemen’ berupa Pendidikan Politik bagi para pembina. Dengan begitu, para kader dapat menjadi agen yang menyampaikan pentingnya partisipasi politik sebagai warga masyarakat Indonesia. Harapannya, ke depan, masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam proses berbangsa bernegara secara aktif.

PKS Jawa Barat menghelat acara ini pada 25-26 September 2021 di Hotel Savoy Homan, Kota Bandung. Berlanjut di kota lainnya pada awal Bulan Oktober. Acara akan dilaksanakan dengan penegakkan disiplin protokol kesehatan yang ketat dan “hybrid”; sebagian luring dan sebagian besarnya daring. Acara ini juga mengundang seluruh pembina dan pengurus bidang pembinaan anggota hingga tingkat kecamatan.

Baca Juga: Siap Maju Pilgub Jabar 2024, Oded M Danial Tunggu Instruksi PKS

Baca Juga: Profil Wali Kota Bandung Oded Muhammad Danial

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya