Comscore Tracker

Ridwan Kamil Bocorkan Konsep Desain Ibu Kota Baru Indonesia 

Jokowi segera umumkan pemenangnya 23 Desember 2019

Bandung, IDN Times - Dewan juri pemilihan desain Ibu Kota Baru Indonesia sudah menentukan satu konsep yang bakal digunakan untuk wajah baru Indonesia di mendatang. Desain ibu kota baru Indonesia ini dipastikan memiliki konsep yang keren dan futuristik serta bisa menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia di mata dunia.

Rencananya, desain Ibu Kota Baru Indonesia ini akan diumumkan langsung Presiden Jokowi pada 23 Desember 2019, nanti. Meski masih dirahasiakan seperti apa konsep yang akan dipilih. Namun, Gubernur Jabar Ridwan Kamil sempat membocorkan sedikit seperti apa konsep yang bakal digunakan di Ibu Kota Baru Indonesia di Kalimantan Timur, mendatang.

Seperti apa konsep yang dipilih para juri? Yuk, simak bocoran dari salah satu juri Desain Ibu Kota Baru Indonesia, Ridwan Kamil.

1. Segera diumumkan Jokowi pada 23 Desember

Ridwan Kamil Bocorkan Konsep Desain Ibu Kota Baru Indonesia https://www.instagram.com

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang menjadi salah satu juri Desain Ibu Kota Baru Indonesia menyebutkan, Presiden Joko “Jokowi” Widodo sudah memberikan arahan dan menentukan satu desain ibu kota baru yang akan dibangun di sebagian wilayah Penajam Passer Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Desain itu akan diumumkan kepada masyarakat Indonesia oleh Presiden Jokowi langsung pada 23 Desember 2019, nanti.

“Insyaallah desain ibu kotanya bagus, keren. Punya identitas keindonesiaan yang kuat, punya sustainability yang baik dan punya kecerdasan kota di masa depan,” kata Ridwan Kamil di Kota Bandung, Sabtu(21/12).

2. Sayembara desain ibu kota baru diikuti 557 peserta

Ridwan Kamil Bocorkan Konsep Desain Ibu Kota Baru Indonesia Dok. Kementerian PUPR

Emil mengungkapkan, terpilihnya satu desain Ibu Kota Baru Indonesia itu merupakan  konsep yang terpilih dari 257 desain yang diikuti sebanyak 557 peserta. Banyaknya desain yang diperlombakan itu sudah diseleksi oleh 13 tim juri dari berbagai bidang.

“Desain itu terpilih dari 557 peserta dan dipilih oleh juri, salah satunya adalah saya yang mewakili masyarakat dan keilmuan. Pak presiden juga sudah menentukan satu desain terbaik,” ujar dia.

3. Konsep masih dirahasiakan tapi keren!

Ridwan Kamil Bocorkan Konsep Desain Ibu Kota Baru Indonesia IDN Times/Yogi Pasha

Emil menyebutkan, desain ibu kota baru sudah dipilih dan ditentukan dewan juri serta Presiden Jokowi memiliki konsep yang cukup keren. Namun, Emil enggan menyebutkan seperti apa konsep yang bakal digunakan untuk desain Ibu Kota Baru Indonesia nanti. Bahkan, Emil juga masih menutup rapat desain milik siapa yang terpilih tersebut.

“Masih rahasia. Nanti diumumkan pada 23 Desember 2019. Tunggu saja,” kata Emil.

4. Ibu Kota Baru punya identitas kuat tentang Indonesia

Ridwan Kamil Bocorkan Konsep Desain Ibu Kota Baru Indonesia Dok. Kementerian PUPR

Kendati masih menutup rapat seperti apa konsep yang bakal digunakan dalam desain Ibu Kota Baru Indonesia, Emil sempat membocorkan sedikit rahasia tersebut.

Menurut dia, keunggulan dari desain ini tentu telah memenuhi seluruh kretaria yang dinilai dewan juri. Termasuk identitas keindonesiaan yang futuristik, sustainability  baik, dan disabilitas baik.

“Insyaalah, kalau dieksekusi dengan baik itu akan menjadi kota terbaik di dunia. Semua ke-checklist-lah pokoknya untuk ukuran kota terbaik di dunia,” ujar Emil.

Baca Juga: Jadi Juri Desain Ibu Kota, Ini Konsep yang Diusung Ridwan Kamil

5. Bakal menjadi kebanggaan Indonesia di mata dunia

Ridwan Kamil Bocorkan Konsep Desain Ibu Kota Baru Indonesia Dok.Humas Jabar

Emil menuturkan, desain dan konsep baru ini akan menjadi kesempatan Indonesia untuk membuktikan di mata dunia. Sebab, desain ibu kota baru Indonesia mendatang merupakan konsep yang dilakukan masyarakatnya sendiri dan bukan warisan bangsa kolonial.

“Termasuk istana presidennya nanti baru dengan konsep kebudayaan Indonesia. Ini akan menjadi kebanggaan Indonesia di masa depan,” ungkap dia.

Baca Juga: 257 Usulan Desain Ibu Kota Baru Telah Diseleksi untuk Tahap Pertama

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya