Comscore Tracker

Truk Tangki Tabrak Bus Penumpang di Cirebon, Dua Sopir Terjepit

Penyebab kecelakaan diduga karena pecah ban

Cirebon, IDN Times -  Sebuah truk tangki muatan semen cair dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah menerjang sebuah bus dari arah berlawanan di Jalan Raya Cirebon - Losari Desa Gebang Kulon, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, Selasa (21/1).

Akibat kecelakaan itu, kondisi bagian depan truk dan bus mengalami ringsek tak berbentuk. Dua pengemudi kendaraan Bus Dewi Sri dan truk pun terjepit badan kendaraan. Proses evakuasi keduanya berlangsung dramatis, karena sulitnya mengangkat korban dari badan kendaraan.

"Ya, benar. Kejadiannya sekitar pukul 08.55 WIB. Tepatnya di depan SPBU Gebang Kulon, jalan raya Cirebon-Losari, termasuk di wilayah Desa Gebang Kulon, Kabupaten Cirebon," ujar Kasatlantas Polres Cirebon Kota, AKP Elsie Fitria Anggraini kepada IDN Times, Selasa (21/1).

1. Kronologi kecelakaan, mobil tangki alami pecah ban

Truk Tangki Tabrak Bus Penumpang di Cirebon, Dua Sopir TerjepitBangkai kendaraan ringsek setelah kecalakaan tabrakan bus dan truk di Jalan Raya Cirebon Losari. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Kejadian kecelakaan lalu lintas itu bermula saat Truk Tangki Semen Cair bernomor polisi H-1940-FF melaju dari Cirebon menuju ke arah Losari mengalami pecah ban. Akibatnya, pengemudi hilang kendali dan kendaraan mengalami oleng ke kanan hingga naik ke median jalan.

Benturan keras dengan Bus Dewi bernomor polisi  G-1678-BE dari arah berlawanan tak terhindarkan. Bahkan, kedua sopir dari masing-masing kendaraan harus terjepit badan bus. Proses evakuasi korban terjepit berlangsung dramatis, karena terhimpit badan kendaraan.

"Keduanya (sopir) berhasil dievakuasi. Untuk sopir bus dilarikan ke RS Pelabuhan, sementara sopir truk tangki mendapat perawatan intensif di RSD Gunung Jati Kota Cirebon," ujarnya.

2. Tak ada korban jiwa, 7 orang dilarikan ke rumah sakit

Truk Tangki Tabrak Bus Penumpang di Cirebon, Dua Sopir TerjepitBangkai kendaraan ringsek setelah kecalakaan tabrakan bus dan truk di Jalan Raya Cirebon Losari. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden kecelakaan melibatkan bus bermuatan penumpang dan truk tangki ini. Namun, sebanyak lima penumpang terpaksa dilarikan ke RSUD Waled, Kabupaten Cirebon, untuk mendapat pertolongan pertama.

Sementara, sopir truk bernama Udin Burhanudin (60) dan sopir Bus Dewi Sri Samsudin (50) terpaksa mendapat penanganan lebih maksimal karena mendapat luka cukup serius. "Tidak ada korban jiwa untuk kecelakaan ini. Lima penumpang bus dibawa ke RSUD Waled," kata Elsie.

3. Sempat terjadi kemacetan selama dua jam

Truk Tangki Tabrak Bus Penumpang di Cirebon, Dua Sopir TerjepitSepatu warga tertinggal setelah kecalakaan tabrakan bus dan truk di Jalan Raya Cirebon Losari. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Dari data yang dihimpun, usai insiden tabrakan, bangkai bus dan truk melintang di badan jalan. Akibat kecelakaan itu, arus lalu lintas tersendat dan menyebabkan kemacetan mengular sepanjang 1 kilometer selama dua jam.

Untuk mengurai kemacetan, polisi bergegas mengangkut bangkai kendaraan ke pinggir jalan, agar kendaraan lain bisa kembali melintas dan kemacetan bisa dihidari.

"Badan bus dan truk tangki kami pindahkan ke pinggir jalan agar kendaraan lain bisa kembali melintas," ujarnya.

4. Bangkai kendaraan dipindahkan ke sisi jalan

Truk Tangki Tabrak Bus Penumpang di Cirebon, Dua Sopir TerjepitKendaraaan ringsek setelah tabrakan keras antara bus dan truk di Jalan Raya Losari - Cirebon. (Istimewa)

Pasca kejadian ini, Satuan Lalu Lintas Kepolisian Polres Cirebon Kota dan Polsek Gebang langsung mengamankan situasi dengan memindahkan bangkai ke kendaraan bus dan truk ke pinggir jalan.

Polisi pun masih memeriksa sejumlah saksi yang mengetahui kronologi insiden lakalantas tersebut, termasuk mencatat identitas pengendara. Petugas polisi lalu lintas pun melakukan olah TKP untuk mengamankan situasi agar lalu lintas kembali lancar.

"Kami masih mendalami insiden kecelakaan ini. Olah TKP sudah dilakukan dan mencatat identitas para korban serta membawa korban ke rumah sakit," terang Elsie.

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya