Comscore Tracker

Didesain Ridwan Kamil, Alun-alun Kejaksan Curi Perhatian Warga Cirebon

Jangan cuma ingat mainnya, ingat juga prokesnya, ya!

Cirebon, IDN Times - Sepekan setelah diresmikan, Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon semakin ramai dikunjungi warga. Kebanyakan dari mereka datang untuk bersantai sambil menunggu azan Maghrib berkumandang.

Alun-alun yang berada di pusat kota itu kini menjadi pilihan warga untuk ngabuburit di bulan Ramadan. Alun-alun Kejaksan punya daya tarik karena menampilkan wajah baru, yakni adanya kesan yang kuat dari kearifan lokal.

Arsitektur bangunan yang terbuat dari bata merah, menambah kesan kemegahan Kota Cirebon sebagai daerah yang kaya akan khasanah nilai tradisi. Desain alun-alun yang dikerjakan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu menjadi tempat wisata favorit dikunjungi warga. Khususnya Ramadan tahun ini.

1. Berdekatan dengan Masjid Raya At-Taqwa

Didesain Ridwan Kamil, Alun-alun Kejaksan Curi Perhatian Warga CirebonAlun-alun Kejaksan Kota Cirebon. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Akbar (30 tahun), salah satu warga Cirebon, mengajak anak dan istrinya bersantai dan menikmati kemegahan desain Alun-alun Kejaksan. Warga asal Desa Astanajapura, Kabupaten Cirebon itu, mengaku mengunjungi Alun-alun Kejaksan untuk tempat menanti berbuka puasa.

Di samping itu, keberadaannya yang dekat dengan Masjid Raya At-Taqwa Kota Cirebon, menambah nilai fungsi alun-alun. Bagaimana tidak, karena memang tujuan utamanya adalah beribadah di masjid bersejarah Kota Cirebon. 

Menurutnya, desain alun-alun yang kental dengan susana tradisi menjadi daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. 

"Sekeluarga mau salat Tarawih di sini (Masjid At-Taqwa). Sekalian juga nikmati wajah baru alun-alun Kejaksan Kota Cirebon," katanya saat ditemui di lokasi, Sabtu (17/4).

2. Pengunjung diimbau patuhi prokes

Didesain Ridwan Kamil, Alun-alun Kejaksan Curi Perhatian Warga CirebonAlun-alun Kejaksan Kota Cirebon. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Sementara itu, Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati berharap masyarakat yang berkunjung ke Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon dapat menjalankan protokol kesehatan. Misalnya, kata dia, dengan memakai masker, rajin mencuci tangan, hingga tidak berkerumun.

Eti berharap Alun-alun Kejaksan bisa bermanfaat bagi Kota Cirebon dan sekitarnya. Dia pun berpesan kepada masyarakat untuk turut menjaga fasilitas yang tersedia di Alun-alun Kejaksan.

"Siapa saja boleh masuk dan memanfaatkan fasilitas alun-alun. Akan tetapi jangan dirusak dan masyarakat harus bisa saling menjaga dengan penuh tanggung jawab," ujar Eti.

3. Dapat menunjang indeks kebahagiaan keluarga

Didesain Ridwan Kamil, Alun-alun Kejaksan Curi Perhatian Warga CirebonAlun-alun Kejaksan Kota Cirebon. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Alun-alun Kejaksan resmi dibuka untuk umum pada Senin 12 April 2021 lalu. Dalam peresmiannya, Eti menyampaikan, selain menjadi ruang terbuka bagi masyarakat, kehadiran Alun-alun Kejaksaan juga dibikin guna meningkatkan ndeks kebahagiaan masyarakat Kota Cirebon.

Menurutnya, keberadaan Alun-alun Kejaksan dapat meningkatkan rekreasi keluarga di Kota Cirebon. Dengan begitu, fungsi alun-alun bisa menunjang kebahagiaan masyarakat dengan berkumpul bersama anggota keluarga.

"Keberadaan alun-alun ini bisa menjadi tempat wisata untuk keluarga, khususnya wisata religi. Ini bisa menunjang indeks kebahagiaan masyarakat, karena lokasinya berdampingan dengan Masjid Raya Attaqwa Cirebon," kata Eti.

4. Nuansa kearifan lokal

Didesain Ridwan Kamil, Alun-alun Kejaksan Curi Perhatian Warga CirebonAlun-alun Kejaksan Kota Cirebon. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Menurut pantauan IDN Times, ada beberapa fasilitas umum yang tersedia di Alun-alun Kejaksan. Di antaranya ialah wahana bermain anak, perpustakaan mini, pojok UMKM, spot untuk kongkow dan fasilitas lain.

Dihubungi terpisah, Sekretaris Daerah Kota Cirebon Agus Mulyadi mengatakan, desain Alun-alun Kejaksan mengadopsi unsur kearifan lokal. Alun-alun berpusat kota itu mengimplementasikan Kota Cirebon sebagai kota kreatif berbasis budaya dan sejarah.

"Alun-alun Kejaksan mengakulturasi model kearifan lokal dengan unsur modern. Kami harapkan alun-alun ini bermanfaat bagi masyarakat, karena ada beberapa fasilitas yang disediakan. Kami mohon juga masyarakat saling menjaga," jelas dia.

Topic:

  • Wildan Ibnu
  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya