Selama 2019, Polda Jabar Musnahkan 15.600 Botol Miras

Bandung menjadi peredaran miras dan sabu

Bandung, IDN Times – Polisi Daerah Jawa Barat memusnahkan berbagai barang terlarang hasil kerja mereka selama 2019. Salah satu barang sitaan yang mereka amankan, minuman keras (miras) berbagai merek, pun telah dimusnahkan di tempat.

Totalnya ada 15.600 botoh miras, kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar, Komisaris Besar Trunoyudi Wisnu Andiko di Markas Polda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Selasa(28/5). Tak hanya itu, Polda Jabar pun telah mengamankan 70 jerigen miras.

Selain miras, mereka pun menunjukkan hasil kerja lain pada wartawan, yakni 2,63 gram narkotika jenis sabu yang berhasil diamankan beserta para pelakunya. “(Kasus miras dan sabu) diungkap dengan metode operasi kepolisan pekat (Penyakit masyarakat), dan operasi rutin kepolisian.

1. Dalam rangka menghadapi lebaran

Selama 2019, Polda Jabar Musnahkan 15.600 Botol MirasIDN Times/Galih Persiana

Hasil penyitaan dan penangkapan selama lima bulan itu dilakukan salah satunya guna mengamankan hari raya lebaran yang jatuh pada Rabu pekan depan. Menurut Trunoyudo, polisi memang bertugas menciptakan suasana lebaran yang kondusif di kalangan masyarakat.

“Menjelang lebaran atau Idul Fitri, tidak ada lagi potensi gangguan keamanan secara nyata, khususnya yang dipengaruhi oleh miras,” katanya.

Maka dari itu, kami mengimbau dalam perayaan tentunya ini perayaan bulan Ramadan atau bulan suci Idul Fitri kembali fitrah maka tidak dibenarkan secara hukum aturan agama apalagi etika sosial.

2. Tugas polisi belum usai

Selama 2019, Polda Jabar Musnahkan 15.600 Botol MirasIDN Times/Galih Persiana

Dengan mengungkapkan hasil kerja bukan berarti polisi akan lengah ke depannya. Sekali lagi, ujar Trunoyudo, ia ingin mengimbau para penjual miras untuk tidak membuka layanan selama bulan suci Ramadan.

“Kami akan tetap akan melakukan proses razia dan juga proses penegakan hukum terkait dengan narkotika jenis apapun, termasuk obat-obatan dan minuman keras,” ujarnya.

3. Dari mana saja miras dan sabu didapat?

Selama 2019, Polda Jabar Musnahkan 15.600 Botol MirasIDN Times/Galih Persiana

Menurut Trunoyudo, minuman beralkohol dan memabukan tersebut merupakan hasil dari razia di daerah Bandung, Tasikmalaya, dan Indramayu saja. Sementara wilayah peredaran narkotika jenis sabu didapat dari Bandung, Bogor, Karawang, Purwakarta, dan Subang.

Khusus narkotika jenis sabu, dengan tindakan tersebut Polda Jabar mengklaim sedikitnya telah menyelamatkan 14 ribu jiwa. Asumsinya, satu gram sabu dapat digunakan oleh lima orang.

4. Minuman keras bikinan lokal dan impor

Selama 2019, Polda Jabar Musnahkan 15.600 Botol MirasIDN Times/Galih Persiana

Menurut pantauan IDN Times, miras yang dihancurkan Polda Jabar terdiri dari berbagai merek. Meski didominiasi miras merek lokal, miras impor pun banyak ditemui di sana.

Penghancuran miras tersebut dimulai dengan pelemparan beberapa botol miras oleh Kapolda Jabar, Rudy Sufahriadi, dan jajaran pejabat bea cukai juga Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya