Polda Jabar Tangkap Dua Pimpinan Ormas Islam di Cirebon

Keduanya hendak berangkat menuju Jakarta

Bandung, IDN Times – Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Jabar, Komisaris Besar (Kombes) Trunoyudo Wisnu Andika, membenarkan kabar mengenai penangkapan dua pimpinan organisasi massa (Ormas) di Kota Cirebon, Jawa Barat. Penangkapan dilakukan pada Rabu (26/6) dan dilakukan di dua tempat yang berbeda.

‎"Sekarang dua orang yang dimaksud sudah ditangani Subdit Keamanan Negara Ditreskrimum Polda Jabar,” kata Trunoyudo, ketika dihubungi via telepon, Rabu (26/6). Penangkapan, lanjut dia, dilakukan oleh Direktorat Kriminal Umum dan Kepala Sub Direktorat Keamanan Negara Polda Jabar.

Kedua pelaku masing-masing merupakan pimpinan Ormas Jamaah Ansharusy Syariah (JAS) dan Ormas Almanar. Menurut informasi yang diterima dapur redaksi IDN Times, pimpinan JAS bernama Agung Nur Alam alias Abu Usamah Nur Irhab. Sementara nama dari pimpinan Almanar yang ditangkap ialah Andi Mulya.

Abu Usamah ditangkap di jalan sekitar rumahnya. Sementara Andi Mulya ditangkap di depan Stasiun Kereta Api Cirebon, Jalan Ispeksi, Cirebon, dengan membawa senjata tajam.

Keduanya diketahui berencana berangkat menuju Jakarta. Namun, Trunoyudo mengaku belum dapat memastikan dugaan misi terorisme yang diemban keduanya. Apalagi, jika dikaitkan dengan kegiatan besok, yakni Mahkamah Konstitusi yang akan menggelar sidang putusan sengketa hasil pemilu.

“(Dugaan terorisme) masih kami dalami,” ujar dia.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya