Comscore Tracker

Ketika Sepatu Timberland Dibikin dari Botol Plastik

Tahun 2020 semua produk Timberland sudah ramah lingkungan

Bandung, IDN Times- Cara menyelamatkan lingkungan dari bahaya laten sampah plastik memang berbeda-beda. Sepatu asal Amerika, Timberland, punya cara sendiri untuk mereduksi bumi yang telah direpotkan oleh sampah plastik, yakni memproduksi sol sepatu mereka menggunakan bahan bekas botol plastik.

Hal itu diutarakan Anita Hartanus, Brand Manager Timberland Indonesia, di Paris Van Java, Kota Bandung, Kamis (25/4). Menurut dia, meski menggunakan bahan bekas botol plastik, sepatu Timberland tetap melalui proses pembuatan yang teruji.

1. Melalui teknologi ReBOTL

Ketika Sepatu Timberland Dibikin dari Botol Plastikcleanleap.com

Untuk membuat sepasang sepatu, kata Anita, Timberland akan melalui sebuah mesin mutakhir bernama ReBOTL. “Itu adalah mesin pembuat sol sepatu dengan materi botol plastik,” kata Anita, kepada IDN Times di PVJ, Kota Bandung, Kamis (25/4).

Namun, dia memastikan bahwa tidak hanya materi plastik saja yang digunakan sebagai sol sepatu, melainkan juga campuran dari karet daur ulang. “Di seluruh dunia, kami sudah memanfaatkan kembali 310 juta botol air plastik untuk didaur ulang,” ujarnya.

2. Menuju 100 persen bahan daur ulang

Ketika Sepatu Timberland Dibikin dari Botol PlastikIDN TImes/Galih Persiana

Sebenarnya, memproduksi sol sepatu menggunakan bahan daur ulang sudah Timberland lakukan sejak 2001. Namun, kala itu masih beberapa produk sepatu Timberland saja yang sudah menggunakan sol dengan materi daur ulang.

“Jadi, mengubah semua materi sepatu Timberland itu dilakukan bertahap. Saat ini, sudah 80 persen sol sepatu Timberland berbahan daur ulang,” ujarnya. Mereka menargetkan pada 2020 seluruh jenis sepatunya telah berbahan daur ulang.

3. Berapa banyak bagian sepatu Timberland dengan materi daur ulang?

Ketika Sepatu Timberland Dibikin dari Botol PlastikPexels.com/@mali

Anita hanya menjelaskan tentang sol sepatu Timberland yang menggunakan materi hasil daur ulang plastik dan karet. Ia tak menjelaskan materi apa yang digunakan di bagian sepatu lainnya.

Yang terang, kata Anita, sebagian besar sepatu Timberland dibuat dengan materi daur ulang. “Sekitar 65-70 persen, ya, tergantung percampurannya,” tutur dia.

4. Materi daur ulang tidak mengurangi kualitas Timberland

Ketika Sepatu Timberland Dibikin dari Botol PlastikIDN Times/Galih Persiana

Di sisi lain, ia pun menegaskan, meski menggunakan materi daur ulang, kualitas produknya boleh diuji. Bahkan, ia memastikan bahwa tidak ada penurunan kualitas jika dibandingkan dengan Timberland keluaran lama.

“Enggak mengurangi kualitas, karena sudah melalui proses tahap uji coba,” katanya.

Timberland tak hanya menggunakan bahan ramah lingkungan di produk sepatunya, melainkan juga untuk produk lain seperti kaus dan jaket yang bermaterikan katun ramah lingkungan. “Jadi, 65 persen produk Timberland itu untuk sepatu, apparael 30 persen, dan 5 persen di aksesoris,” kata dia.

5. Ajak bikers bersihkan Cikole dari sampah plastik

Ketika Sepatu Timberland Dibikin dari Botol PlastikIDN Times/Galih Persiana

Atas semangat menjaga lingkungan, Timberland Indonesia pada Kamis (24/4) mengajak sejumlah klub motor di Bandung untuk sama-sama menunjukkan kepedulian pada lingkungan. Pada sekitar pukul 10.00 WIB, mereka bersama-sama menuju Orchid Forest yang berada di Cikole, Kabupaten Bandung Barat, untuk sama-sama memunguti sampah plastik di sana.

“Kebetulan, Timberland looks-nya cocok dengan bikers (Penggiat klub motor) jadi kami mengajak mereka. Bersama-sama kami coba mengumpulkan sampah plastik, dan memperkenalkan bagaimana membantu lingkungan hidup dari diri kita masing-masing,” ujar Anita.

Aktifitas Timberland untuk turut menyelamatkan bumi dari bahaya sampah plastik pun dilakukan dengan memberikan diskon kepada konsumennya. Dengan membawa dan menukar botol plastik, pembeli akan mendapatkan diskon 20 persen.

“Kegiatan itu akan kami lakukan bulan Mei 2019,” tuturnya. Nantinya, botol plastik tersebut akan didonasikan kepada badan usaha yang mendaur ulang sampah plastik menjadi barang ekonomis.

6. Sekaligus luncurkan produk

Ketika Sepatu Timberland Dibikin dari Botol PlastikIDN TImes/Galih Persiana

Dengan berbagai macam kegiatan itu, Timberland pun kemudian meluncurkan beberapa produk barunya di Indonesia. Misalnya, ialah jaket bomber Head W Do Good ‘Owl dengan kain ripstop dari pengolahan sampah plastic.

“Kami juga ada kaus katun organic 100 persen yang akan mengingatkan penggunaanya untuk mencintai lingkungannya,” tutur Anita.

Baca Juga: Aksi Relawan PMI Selamatkan Sungai dari Sampah Plastik di Sukabumi

Topic:

  • Yogi Pasha

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 07:45:04

Progress: 765.203 dari 813.350 TPS (94.08041%)

Just For You