Anak Perusahaan Bakrie Ikut Pengadaan Bus Listrik Bandung Raya

Moda transportasi Bandung masih didominasi angkot

Bandung, IDN Times - PT VKTR Teknologi Mobilitas (VKTR), anak perusahaan PT Bakrie & Brothers yang bergerak di bidang manufaktur elektrifikasi transportasi dan ekosistem telematika, melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan PT Jasa Sarana, BUMD milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Penandatanganan dilakukan oleh  Direktur Utama PT VKTR Teknologi Mobilitas, Gilarsi W. Setijono dan Direktur Utama PT Jasa Sarana, Hanif Mantiq, di Jakarta, Jumat (17/6/2022). Kerja sama di antara keduanya akan meliputi pelaksanaan program elektrifikasi bus sebagai sarana transportasi publik.

1. Bus listrik beroperasi di Bandung Raya dan sebagian Sumedang

Anak Perusahaan Bakrie Ikut Pengadaan Bus Listrik Bandung RayaAnak Perusahaan Bakrie Ikut Pengadaan Bus Listrik Bandung Raya (IDN Times/Istimewa)

Bus listrik yang menjadi buah kerja sama di antara keduanya ini rencananya akan beroperasi di wilayah Bandung Raya, yang mencakup Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, dan sebagian Kabupaten Sumedang.

“Kerja sama ini nantinya termasuk penyelenggaraan studi kelayakan, pengumpulan data, pengadaan sarana bus listrik, dan infrastruktur kelistrikan yang terkait dengan elektrifikasi bus, dan potensi lainnya yang dapat disinergikan dan dikerjasamakan,” kata Gilarsi dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Sabtu (18/6/2022).

2. Bandung dinilai macet gara-gara peningkatan jumlah kendaraan

Anak Perusahaan Bakrie Ikut Pengadaan Bus Listrik Bandung RayaAnggota kepolisian mengatur arus lalu lintas menuju kawasan wisata Lembang di Jalan Setiabudi. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Menurut Gilarsi, populasi lalu lintas di Bandung Raya telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan sehingga mengakibatkan berbagai masalah, antara lain kemacetan dan emisi karbon yang tinggi.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui PT Jasa Sarana, berinisiatif untuk mengembangkan bus rapit transit (BRT) di wilayah Bandung Raya.

Alhamdulillah, VKTR berada di garda depan untuk mendukung dan menjadi bagian dari langkah besar Pemprov Jawa Barat dalam proyek pengembangan BRT, khususnya untuk elektrifikasi transportasi umum di Bandung Raya,” tutur Gilarsi.

3. Angkot masih jadi moda transportasi primadona di Bandung

Anak Perusahaan Bakrie Ikut Pengadaan Bus Listrik Bandung RayaPuspa Perwitasari/ANTARA FOTO

Saat ini, banyak potensi elektrifikasi transportasi yang bisa digarap di Bandung Raya. Berdasarkan data, saat ini moda transportasi paling banyak di Bandung Raya adalah angkot, yang jumlahnya mencapai 95 persen dari keseluruhan moda transportasi umum.

“Ini merupakan peluang dan potensi yang sangat besar bagi kedua belah pihak untuk ke depannya bekerja sama melakukan repowering atau mengubah angkot yang bermesin bensin ini menjadi angkot listrik. Dengan begitu, armada lama tidak terbuang sekaligus cita-cita pengurangan emisi karbon juga tercapai,” ujar dia.

4. Berharap emisi karbon dapat ditekan

Anak Perusahaan Bakrie Ikut Pengadaan Bus Listrik Bandung Rayailustrasi emisi karbon (Pixabay.com)

Sementara itu Direktur Utama PT Jasa Sarana, Hanif Mantiq mengatakan, sejak ditunjuk oleh Gubernur Jawa Barat untuk melaksanakan proyek BRT ini, tepatnya pada 2021, perusahaannya terus menerus melakukan studi dan peluang kerja sama dengan berbagai pihak.

Studi banding dan eksplorasi kerja sama telah dilakukan, baik di dalam negeri maupun di luar negeri, untuk mewujudkan BRT Bandung Raya ini.

“Dengan adanya elektrifikasi transportasi BRT di wilayah Bandung Raya ini, kami berharap emisi karbon menurun signifikan, dan menciptakan daya tarik tersendiri bagi masyarakat, untuk kemudian beralih dari transportasi kendaraan pribadi ke moda transportasi umum,” kata Hanif.

Baca Juga: Keren! Bus Listrik UI Bakal Mengaspal saat Penyelenggaraan G20

Baca Juga: Butuh Uang Buat Pengadaan Bus Listrik, TJ Jajaki Penerbitan Green Bond

Baca Juga: Polisi Tangkap Sopir Angkot Pemerkosa Siswi SMP di Bandung Barat

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya