Tekan Angka Kriminalitas di Bandung, Tim Prabu Kembali Mengaspal

Bandung masih rawan aksi kriminalitas

Bandung, IDN Times - Polrestabes Bandung kembali menghidupkan Tim Prabu yang beberapa tahun ke belakang sempat ditiadakan. Tim ini diharap bisa menjadi garda terdepan untuk mengantisipasi aksi kriminalitas di jalanan pada malam hari.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono menuturkan, tim ini mulai bekerja pada Kamis (6/4/2023) malam. Mereka bersama dengan anggota kepolisian lainnya seperti Samapta dan Satlantas diberi tugas untuk menggiatkan kembali patroli malam.

"Kami ingin berikan rasa aman dan nyaman khususnya bagi warga Kota Bandung. Maka saya perintahkan Tim Prabu ini mulai aktif lagi ke depannya," kata Budi ditemui di Taman Dago Cikapayang, Kamis (6/4/2023).

1. Punya tugas khusus karena bisa lebih cepat mendatangi masyarakat

Tekan Angka Kriminalitas di Bandung, Tim Prabu Kembali MengaspalIDN Times/Debbie Sutrisno

Dia menuturkan, tim ini harus bisa bekerja cepet ketika ada kejadian tertentu sambil memantu aktivitas masyarakat di malam hari. Karena melakukan patroli menggu akan sepeda motor, mereka harus bisa lebih cepat datang ke tempat kejadian peristiwa (TKP) ketika ada aksi kejahatan seperti begal.

Kemudian saat ada kejadian atau kerumunan konvoi bermotor bisa langsung dibubarkan oleh tim ini. Dan ketika ada aksi kejahatan diharap bisa lebih cepat melakukan penangkapan pelakunya.

"Tim yang akan motoris (pakai motor) melaksanakan pengamanan menjaga keamanan khususnya kejahatan keras pada malam hari maupun kegiatan lain, baik itu tawuran, begal, dan lainnya," ungkap Budi.

2. Sudah petakan titik rawan kriminalitas

Tekan Angka Kriminalitas di Bandung, Tim Prabu Kembali MengaspalIDN Times/Debbie Sutrisno

Meski baru dua hari menjabat sebagai Kapolrestabes Bandung, Budi memastikan bakal segera melakukan koordinasi dengan para perangkat daerah lainnya seperti Pemkot Bandung dan TNI.

Dia juga sudah mendapat informasi titik mana saja yang rawan di Kota Bandung, sehingga ke depannya bisa ditingkatkan kembali patroli di kawasan tersebut.

"Semua menurut kami. Semua daerah harus ada pengawasan. Semua kita awasi," kata dia.

3. Bangun Pospam di titik rawan

Tekan Angka Kriminalitas di Bandung, Tim Prabu Kembali MengaspalIlustrasi begal (IDN Times/Mardya Shakti)

Di sisi lain, Budi pun bakal meminta setiap Polsek agar membangun Pos Pengamanan (Pospam) di daerah yang dianggap rawan. Pos ini diharapkan bisa membuat seseorang mengurungkan niatnya ketika ingin melakukan aksi kejahatan.

Kemudian polisi yang berpatroli pun harus menyalakan lampu kendaraan agar masyarakat yang melintas merasa lebih aman dengan kehadiran anggota kepolisian di lapangan.

Baca Juga: Mudik Lebaran, Segini Tarif Tol Jakarta-Bandung 

Baca Juga: Balai Saji Bandung, Tempat Buka Puasa Gratis Hingga Bisa Dibawa Pulang

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya