Ridwan Kamil Siapkan Program Petani Millennial pada 2021

Yuk jangan malu untuk bertani di desa

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah mencanangkan program petani millennial untuk 2021, mendatang. Program ini penting untuk memutus rantai urbanisasi yang kian tumbuh di kalangan anak muda pedesaan.

“Semoga Januari 2021 kita launching (Petani Millennial). Hasilnya dibeli dengan harga yang baik diawal dan terjadilah budaya baru, yakni kalau Anda anak muda tidak harus selalu hijrah ke kota, tinggal di desa, rezeki kota, bisnis mendunia,” ujar Emil usai menghadiri acara ekspor komoditas sayuran tujuan Singapura di UPTD Balai Pengembangan Benih Hortikultura dan Aneka Tanaman Instalasi Margahayu, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (11/11/20).

1. Pangsa ekspor sayuran dari Jabar ke luar negeri cukup tinggi dan itu harus dimanfaatkan

Ridwan Kamil Siapkan Program Petani Millennial pada 2021Dok.Humas Jabar

Pemprov Jabar pun akan terus menggenjot ekspor produk unggulan pangan di masa pandemi global COVID-19. Setelah ekspor ubi di September dan kopi pada Oktober lalu, kali ini Jabar mengekspor sayuran dan buah-buahan hingga tanaman hias seperti kaktus.

“Ekspor Jabar nomor satu se-Indonesia dan ekspor di bidang pangan hortikultura sepanjang 2020 kurang lebih sampai bulan lalu (Oktober) itu Rp3 triliun, sehingga ini memberikan optimisme (pertumbuhan ekonomi)," ucapnya.

Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), Jabar menempati peringkat pertama provinsi pengekspor di Indonesia dengan nilai ekspor pada Januari-September 2020 mencapai 19,11 miliar dolar Amerika Serikat atau 16,31 persen dari total ekspor Indonesia periode tersebut.

2. Banyak lahan kosong di Jabar yang belum termanfaatkan untuk pertanian

Ridwan Kamil Siapkan Program Petani Millennial pada 2021Lahan pertanian di Kabupaten PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Meski mampu melakukan ekspor di masa pandemik, Emil menilai hasil produk hortikultura di Jabar belum optimal. Ia menilai, masih banyak lahan kosong di Jabar yang belum dimanfaatkan karena ketidaktahuan pemilik lahan tentang produk yang cocok untuk ditanam di lahan miliknya.

Emil meminta agar Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Jabar membuat forum offtaker yang bertujuan mengetahui produk pangan apa yang tengah laku dan dibutuhkan pasar.

“Nah, salah satu tugas pemerintah yang saya titipkan kepada Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura adalah membuat forum pembeli atau offtaker yang isinya ada pengekspor yang sudah tahu bagaimana menjual, apa yang laku,” tutur Kang Emil.

3. Pangan dan holtikultura jadi lapangan usaha yang menggirukan

Ridwan Kamil Siapkan Program Petani Millennial pada 2021Dok.Humas Jabar

Menurut Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Jabar Dadan Hidayat, sektor tanaman pangan dan hortikultura merupakan salah satu dari lima sektor lapangan usaha yang masih tetap eksis di masa pandemi COVID-19.

Selain itu, lanjut Dadan, berdasarkan data Stasiun Karantina Pertanian Kelas 1 Bandung, nilai transaksi ekspor sektor pertanian sepanjang 2020 untuk komoditas sayuran mencapai 2.774.054 kilogram dan nilai transaksi mencapai Rp46 miliar dengan negara tujuan Tiongkok, Thailand, dan Singapura.

Selain itu, ekspor komoditas buah sebanyak hampir 2.540.961 kg (Rp44 miliar) dengan negara tujuan Singapura, Malaysia, Tiongkok, dan Hong Kong, tanaman obat mencapai 10.800 kg (Rp312 juta) dengan negara tujuan Singapura, serta tanaman hias 74,520 batang (Rp2,49 miliar) dengan 54 negara tujuan seperti Turki, Amerika Serikat, Jepang, hingga Italia.

“Berdasarkan data total ekspor sejak awal tahun 2020 di Jawa Barat telah mencapai angka Rp3 triliun,” ujar Dadan.

“Orientasi ekspor adalah salah satu solusi yang akan dijadikan alternatif dalam konteks pengembangan komoditas tanaman pangan dan hortikultura di Jawa Barat ke depan,” katanya.

4. Hadirkan aplikasi I-Mace

Ridwan Kamil Siapkan Program Petani Millennial pada 2021Dok.Humas Jabar

Selain agenda pelepasan ekspor komoditas hortikultura Jabar ke sejumlah negara, dilakukan pula peluncuran aplikasi Peta Komoditas Ekspor Pertanian Indonesia atau Indonesian Map of Agriculture Commodities Exports (I-MACE) di Provinsi Jabar.

Aplikasi yang dicanangkan Badan Karantina Pertanian (Barantan) Kementerian Pertanian Republik Indonesia ini berisi informasi kegiatan ekspor komoditas pertanian di Unit Pelaksana Teknis Karantina Pertanian seluruh Indonesia.

I-MACE diharapkan dapat digunakan pemda provinsi dalam pembangunan pertanian serta mendorong pertumbuhan komoditas pertanian berorientasi ekspor. 

Mewakili Kepala Barantan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Kepala Pusat Karantina Tumbuhan dan Keamanan Hayati Nabati. Dr. Ir. A.M. Adnan, MP. mengatakan, para pemangku kepentingan termasuk pemerintah daerah dan masyarakat dapat mengakses informasi yang cukup terkait ketersediaan produk pertanian berorientasi ekspor baik dari sisi jumlah, kawasan, serta negara tujuan dan berujung pada peningkatan ekspor pertanian.
 
“Kami menyampaikan bahwa aplikasi (I-MACE) berisikan data serta merta atau real time lalu lintas produk pertanian yang diekspor dengan harapan dapat dijadikan informasi bagi para pemangku kepentingan, khususnya pemerintah daerah dalam mengembangkan kawasan pertanian berorientasi ekspor,” ujar Adnan.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya