PT PBB Selangkah Lagi Bakal Kelola Stadion GBLA Selama 30 Tahun

Masih ada teknis yang harus diselesaikan

Bandung, IDN Times - PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) selangkah lagi akan menjadi pihak yang resmi mendapat mandat mengelola Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Mereka masih menunggu proses penandatanganan Kerja Sama Pengelolaan (KSP) Stadion GBLA dengan Pemerintah Kota (Pemkot Bandung).

Proses penandatanganam KSP Stadion GBLA dengan Pemkot Bandung tersebut merupakan tahapan lanjutan setelah Persib dinyatakan sebagai pemenang lelang.

"Saat ini, kami masih menunggu agenda penandatanganan KSP Stadion GBLA karena masih ada beberapa proses yang tengah dilakukan pihak Pemkot Bandung," kata Deputy CEO PT PERSIB Bandung Bermartabat Teddy Tjahjono melalui siaran pers dikutip, Rabu (5/7/2023).

Rencananya pengelolaan ini bakal diserahkan ke PT PBB selama 30 tahun ke depan.

1. Ingin segera melakukan renovasi stadion

PT PBB Selangkah Lagi Bakal Kelola Stadion GBLA Selama 30 TahunKondisi Stadion GBLA. (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Sebelumnya, usai penandatanganan berita acara serah terima dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, PT PBB sudah resmi dinyatakan sebagai pemenang lelang pengelolaan Stadion GBLA.

Meskipun demikian, Pemkot Bandung belum bisa langsung menyerahkan pengelolaan Stadion GBLA kepada PT PBB karena masih ada proses yang harus dilakukan, termsuk penandatanganan KSP.

Teddy berharap, tahapan yang tengah dijalani Pemkot Bandung itu berjalan lancar. "Semoga seluruh proses serah terima dapat berjalan dengan lancar agar Stadion GBLA cepat kami renovasi," kata dia.

2. Sudah lakukan lelang dua kali

PT PBB Selangkah Lagi Bakal Kelola Stadion GBLA Selama 30 TahunDok.IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Ema Sumarna telah menyebut bahwa PT PBB adalah pihak yang bakal mengelola Stadion GBLA. Selama ini mereka menyewa untuk setiap pertandigan Persib Bandung.

Saat ini Pemkot Bandung masih melakukan perhitungan terkait banyak hal termasuk aprasial independen. Namun, dia memastikan PT PBB yang bakal melakukan pengelolaan.

"Pemenangnya ya sudah PT itu tadi. Itukan sudah pernah lelang dua kali ternyata memang ya sudah (dimenangkan PT PBB)," kata dia.

3. Harus ada tanggung jawab sesuai kontrak

PT PBB Selangkah Lagi Bakal Kelola Stadion GBLA Selama 30 TahunPertandingan Persib Bandung melawan Madura United di Stadion GBLA. IDN Times/Debbie Sutrisno

Menurut Ema, PT PBB dan Dispora Bandung bakal melakukan pertemuan untuk memastikan hak dan kewajiban setiap pihak dalam kerja sama ini. Dispora pun harus berhati-hati dalam aspek hukum karena pengelolaan akan berlangsung dalam waktu panjang.

"Kalau dikelola pihak tiga, kan ada hitungannya tiap tahun kita dapat berapa, kita hanya mendapat nilai manfaat dari hasil ini saja tapi dana pengelolaan dengan tanggung jawab mereka," ungkap Ema.

Baca Juga: Luis Milla Harap Bobotoh Tetap Dukung Penuh Persib di Stadion GBLA

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya