Pelanggan Indosat Jabar-Jateng Bertambah 800 Ribu pada Kuartal II 2023

Indosat mampu meningkatkan jumlah pelanggan berkualitas

Bandung, IDN Times - Indosat Ooredoo Hutchison mencatatkan hasil baik dalam laba bersih di sepuluh kuartal berturut-turut dan pendapatan yang terus bertumbuh di lima semester terakhir. Indosat mencatatkan total pendapatan Rp24,7 triliun pada semester I 2023 atau meningkat 10 pesen dibanding tahun lalu (year on year/yoy). Pertumbuhan pendapatan yang kuat tersebut dikontribusi oleh kinerja positif dari semua lini bisnis perusahaan.

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, mengatakan, hasil ini tidak terlepas dari pertumbuhan pelanggan Indosat di seluruh Indonesia, salah satunya di Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah. Indosat regional Central & West Java (CWJ) turut mencatatkan pertumbuhan kinerja yang tetap terjaga di kuartal keduatahun 2023. Hal ini tercermin dari meningkatnya jumlah pelanggan berkualitas hingga
lebih dari 800 ribu pengguna (yoy) atau naik tiga persen.

"Di kawasan ini juga ada peningkatan trafik data 4G sebesar 15 persen (yoy) serta jumlah pengguna data yang mencapai empat persen secara tahunan," kata Vikram dalam sebuah diskusi daring, Jumat (28/7/2023).

1. Hadirkan kecepatan internet hingga dua kali lipat

Pelanggan Indosat Jabar-Jateng Bertambah 800 Ribu pada Kuartal II 2023Indosat Ooredoo Hutchison dukung ESI jaring talenta muda

Sepanjang paruh pertama 2023, total BTS 4G di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barattelah bertambah lebih dari 8.500 unit BTS atau meningkat 28 persen (yoy). Hal ini membuktikan semakin mumpuninya performa jaringan Indosat yang mampu memberikan marvelous experience bagi pelanggannya.

Dengan pencapaian tersebut, kini pelanggan Indosat baik IM3 maupun Tri yang tersebar di seluruh Indonesia, sudah dapat merasakan jangkauan jaringan yang lebih luas dengan tambahan lebih dari 700 kecamatan, kualitas layanan di dalam ruangan yang lebih baik untuk tambahan 32 persen populasi, serta pengalaman internet yang lebih cepat hingga dua kali lipat.

"Kecepatan unduh dan latensi yang lebih baik meningkatkan sekitar 20 persen pengalaman pelanggan untuk layanan utama seperti video streaming dan gaming," kata dia.

2. Laba perusahaan terus tumbuh dengan bertambahnya pelanggan

Pelanggan Indosat Jabar-Jateng Bertambah 800 Ribu pada Kuartal II 2023Indosat Ooredoo Hutchison, melalui brand Tri, memberikan rangkaian produk Ramadan Happy untuk kebutuhan digital pelanggan. (Dok. IOH).

Dengan layanan yang lebih baik, maka pendapatan perusahaan pun kian tumbuh. Perusahaan mencatat pendapatan selular naik 8,4 persen, sementara itu pendapatan Multimedia, Data Communication, and Internet (MIDI) bertambah 15,7 persen. Untuk ayanan Telekomunikasi Tetap Indosat mampu tumbuh hingga 25,9 persen.

Selanjutnya, pertumbuhan kinerja top-line yang solid mampu menghasilkan peningkatan EBITDA yang kuat sebesar 24% secara tahunan menjadi Rp11,4 triliun, dengan marjin EBITDA mencapai 46,1 persen pada semester pertama 2023. Adapun laba periode berjalan yang dapat Diatribusikan kepada pemilik entitas induk tercatat sebesar Rp1,9 triliun.

“Kami senang dapat melaporkan hasil kinerja perusahaan selama semester I tahun 2023 dengan hasil yang positif. Pencapaian tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh karyawan yang didukung oleh para mitra dan pemegang saham kami, dalam mencapai tujuan bersama yaitu memberdayakan Indonesia," papar Vikram.

3. Total pelanggan berkualitas Indosat capai 100 juta

Pelanggan Indosat Jabar-Jateng Bertambah 800 Ribu pada Kuartal II 2023Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) melaporkan kinerja keuangannya untuk kuartal keempat dan satu tahun penuh berakhir pada 31 Desember 2022.

Percepatan integrasi jaringan dengan teknologi Multi Operator Core Network (MOCN) mulai menunjukkan hasilnya. Indosat mencatat pertumbuhan total pelanggan berkualitas sebesar empat persen atau 3,8 juta menjadi 100 juta dengan peningkatan pendapatan ratarata per pengguna (Average Revenue Per User, ARPU) Perseroan menjadi Rp35.800 pada kuartal kedua dan trafik data meningkat sebesar 16,8 persen secara tahunan atau lebih dari 7.000 Petabyte.

Seluruh peningkatan layanan tersebut ditopang oleh lebih dari 215 ribu total BTS pada semester I 2023 yang meningkat 8,5 persen, dengan 167 ribu merupakan BTS 4G.

“Percepatan integrasi MOCN yang dikombinasikan dengan strategi Go-to-Market yang tepat, membawa kami pada jalur yang tepat dalam memberikan pengalaman terbaik kepada seluruh pelanggan. IOH ingin terus menjadi kolaborator utama dalam mempercepat transformasi digital Indonesia untuk membuka peluang tanpa batas dan memaksimalkan potensi yang ada di masyarakat,” pungkasnya.

Baca Juga: Indosat Marvelous Xperience Center, Kokreasi dan Peluang Tanpa Batas

Baca Juga: Internet yang Paling Cepat di Indonesia, Ini Perbandingannya

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya