Kepsek SD Putraco Indah Sebut Siswa Mendaftar PPDB Lebih dari 3 Orang

Banyak orangtua daftarkan anaknya ke sekolah secara offline

Bandung, IDN Times - Sejumlah sekolah di Kota Bandung dikabarkan minim peminat saat penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2022 yang diselenggarakan secara daring (online). Salah satunya adalah SDN 206 Putraco Indah yang berdiri di Jalan Rajamanri Kaler, Kecamatan Lengkong.

Dari laman ppdb.bandung.go.id, jumlah siswa yang masuk baru tiga orang. Itu berdasarkan hasil seleksi tahap kedua.

Kepala Sekolah SDN 206 Putraco Indah, Darmawan membenarkan informasi tersebut. Namun, saat ini banyak orangtua siswa yang mendaftarkan anaknya secara langsung atau offline, tidak melalui laman tersebut.

"Sekarang sudah banyak yang datang melihat sekolah dan mendaftar. Total ada 17 anak yang didaftarkan masuk kelas 1, jadi total sudah ada 20 orang untuk siswa angkatan baru di SD ini," ujar Darmawan ketika ditemui di sekolah, Rabu (13/7/2022).

1. Jumlah siswa diprediksi terus bertambah

Kepsek SD Putraco Indah Sebut Siswa Mendaftar PPDB Lebih dari 3 OrangIDN Times/Debbie Sutrisno

Selain 17 siswa yang mendaftar secara offline dengan jalur zonasi dalam PPDB 2022, ada juga lima siswa yang sudah mendaftar lewat jalur afirmasi. Kelas yang dimasuki bervariatif mulai dari kelas 2 hingga kelas 6.

Darmawan pun memprediksi jumlah siswa baru yang masuk ke SDN Putraco Indah akan terus bertambah karena pendaftaran PPDB baru ditutup pekan depan.

"Saya memprediksi masih terus bertambah karena biasa setiap tahunnya lebih dari 20 orang atau sekitar satu rombongan belajar (rombel)," ungkap Darmawan.

2. Jumlah siswa masih belum memenuhi kuota

Kepsek SD Putraco Indah Sebut Siswa Mendaftar PPDB Lebih dari 3 Orang(Ilustrasi). Siswa dan wali murid berkonsultasi dengan petugas pusat layanan informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA 7 Solo, Jawa Tengah, Selasa (2/7/2019). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Di sisi lain, Darmawan tidak menampik bahwa siswa baru yang masuk ke sekolah ini belum memenuhi target kuota yang diajukan. Rencananya, SDN 206 Putraco Indah membuka dua kelas dengan kuota maksimal 56 siswa.

Sayangnya hampir setiap tahun jumlah siswa yang masuk tidak lebih dari 30. Tahun ini saja lulusan untuk kelas 6 hanya ada 24 orang.

Meski demikian, Darmawan menastikan pembelajaran di sekolah ini tetap dilakukan dengan maksimal dengan harapan lulusannya bisa meneruskan jenjang pendidikan ke sekolah favorit mereka.

"Tahun ini siswa kita yang mendaftar masuk ke SMP negeri semuanya bisa masuk. Waluapun ada beberapa yang ingin masuk ke pesantren belum bisa," ujarnya.

3. Pastikan belajar mengajar tidak terganggu

Kepsek SD Putraco Indah Sebut Siswa Mendaftar PPDB Lebih dari 3 OrangSalah satu sudut kelas SDN 206 Putraco Indah Kota Bandung. IDN Times/Debbie Sutrisno

Menurutnya, saat ini ada beberapa orangtua siswa yang khwatir dengan informasi minimya siswa mendaftar. Darmawan pun memastikan jumlah siswa semakin banyak baik yang reguler, maupun siswa kategori anak berkebutuhan khusus (ABK).

Sekolah inklusif ini akan memberikan pelajaran seperti biasa setiap tahunnya. Keberadaan siswa umum dan ABK membuat sistem pendidikan di SDN 206 Putraco Indah tetap baik dan memberikan dampak positif bagi seluruh siswa.

"Jadi saya tegaskan lagi bahwa sekolah ini tetap melakukan proses belajar mengajar kepada siswa kelas 1. Jangan takut pada orangtua siswa yang umum walaupun nantinya siswa akan bersekolah bersama siswa ABK," papar Darmawan.

Baca Juga: 4 SD di Bandung Sepi Pendaftar PPDB, Ada yang Hanya 3 Siswa 

Baca Juga: Lima SD Minim Pendaftar, Pemkot Bandung Buka Lagi PPDB Online

Baca Juga: Pungli SMKN 5 Bandung, Ridwan Kamil Segera Evaluasi PPDB 2022 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya