Kapolda Jabar Siap Gelar Nobar Lagi Saat Persib Bermain Tandang

Pertandingan antara Persib-Persija ditonton menegangkan

Bandung, IDN Times - Kapolda Jawa Barat, Irjen Rudy Sufahriadi senang dengan acara menonton bersama atau nonton bareng yang digelar di Lapangan Gasibu untuk menyaksikan pertandingan Persija vs Persib, Rabu (10/7). Sebab, ribuan Bobotoh datang bersama-sama mendukung tim kesayangan sambil bernyanyi sepanjang laga.

Melihat antusiasme para Bobotoh, Rudy pun merencanakan akan menggelar nobar kembali saat Persib melakoni laga tandang dalam Liga Indonesia 2019. Terlebih permintaan ini datang langsung dari sejumlah suporter yang ditemui Rudy di Gasibu.

"Ya nanti kita akan adakan lagi. Pas Persib lawan Arema juga," ujar Rudy.

Dengan adanya nobar ini, lanjut Rudy, Bobotoh tidak berkeliaran dan bisa terpusat untuk bersama-sama menonton pertandingan. Ini lebih baik ketimbang acara nobar terpisah-pisah.

1. Belum ada laporan kerusuhan antara Bobotoh dan The Jak

Kapolda Jabar Siap Gelar Nobar Lagi Saat Persib Bermain TandangIDN Times/Debbie Sutrisno

Terkait dengan isu kerusuhan antara Bobotoh dan The Jak di beberapa perbatasan daerah, Rudy menyebut sejauh ini tidak ada laporan tersebut. Dia pun berharap pertandingan el-classico ini tidak berdampak pada hal negatif untuk masing-masing suporter.

"Belum, belum ada laporan (kerusuhan)," ungkap Rudy.

2. Ribuan Bobotoh datang menyaksikan pertandingan di Gasibu

Kapolda Jabar Siap Gelar Nobar Lagi Saat Persib Bermain TandangIDN Times/Debbie Sutrisno

Ribuan pendukung Persib Bandung atau akrab disapa Bobotoh ikut menonton bersama atau nonton bareng (nobar) di Lapangan Gasibu yang berada tepat di seberang Gedung Sate. Penyelenggaraan ini dilaksanakan Polrestabes Bandung.

Dari pantauan IDN Times, Bobotoh sudah memenuhi Lapangan Gasibu dari pukul 14.00 WIB. Menggunakan pakaian biru-biru khas Persib, mereka langsung duduk rapi di depan layar untuk menyaksikan tim kesayangan.

Sebelum duduk, para Bobotoh pun diarahkan ke beberapa meja di mana Polrestabes Bandung memberikan makanan kecil (snack) sebagai kudapan di tengah pertandingan berlangsung.

3. Nyanyian rasis masih dikumandangkan Bobotoh

Kapolda Jabar Siap Gelar Nobar Lagi Saat Persib Bermain TandangIDN Times/Debbie Sutrisno

Yang cukup disayangkan, dalam nobar pertandingan di Gasibu, Bobotoh masih kerap menyanyikan lagu rasis untuk tim lawan. Kata-kata binatang hingga acungan jari tengah pun mewarnai setiap kali ada pelanggaran yang dilakukan pemain Persija terhadap pemain Persib.

Selain itu, spanduk-spanduk yang merendahkan tim lawan pun tak lepas mereka kibarkan dengan berbagai kata celaan.

Baca Juga: Sengit di GBK, Persija vs Persib Berakhir Sama Kuat

Baca Juga: Mengungkap Arti Bobotoh Tolak Mendukung Persib di Stadion

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya