Comscore Tracker

KAI Luncurkan Kereta Bandung-Jakarta dengan Waktu Tempuh Lebih Cepat

Harganya tetap sama dengan KA yang sudah ada

Bandung, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan kereta api (KA) Parahyangan Excellence jurusan Bandung-Jakarta dan sebaliknya. Peluncuran ini seiring dengan peringatan hari ulang tahun (HUT) PT KAI yang ke-74.

KA Parahyangan Excellence memiliki perbedaan dengan KA Parahyangan reguler. Sebab KA ini memiliki kecepatan lebih tinggi sehingga waktu tempuh yang dibutuhkan kereta untuk sampai dari Bandung ke Jakarta atau Jakarta-Bandung bisa lebih cepat.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah ingin menjadikan kereta api sebagai salah satu transportasi yang diminati masyarakat untuk bepergian. Dengan adanya berbagai layanan kereta api, diharapkan semakin banyak masyarakat menggunakan moda transportasi ini.

"Indonesia ingin menjadikan kereta api angkutan utama baik di perkotaan maupun antarkota. Oleh karenanya kita harus terus meningkatkan kualitas karena ekspektasi masyarakat pada kereta api tinggi sekali," ujar Budi usai melakukan peninjauan pada Kereta Istimewa, di Pusdiklat KAI, Sabtu (28/9).

Dia menuturkan, di Kota Jakarta saja pengguna kereta api yang memakai commuter line  (KRL) jumlahnya sudah jutaan. Bahkan setiap hari sekarang banyak orang yang menggunakan kereta dari Jakarta ke Bandung atau Jakarta ke Surabaya. Ini mengartikan penggunaan kereta api luar biasa.

1. Konsumen membutuhkan variasi layanan ketika menggunakan KA

KAI Luncurkan Kereta Bandung-Jakarta dengan Waktu Tempuh Lebih CepatIDN Times/Debbie Sutrisno

Keberadaan berbagai jenis KA dalam satu rute seperti Bandung ke Jakarta tak jadi soal. Sebab masyarakat memang membutuhkan variasi tersebut. Diversifikasi ini justru membuat konsumen lebih tertarik ketika ingin menggunakan moda kereta api. Mereka bisa memilih sesuai dengan keinginan apakah akan memakai kereta yang ekonomi, premium, atau bisa juga eksekutif.

Tak hanya itu, Budi juga mengimbau PT KAI bisa menyediakan tempat yang seru di setiap persimpangan atau tempat menunggu para penggunaan KA. Jadikan tempat-tempat tersebut lebih menarik dengan menyediakan beragam alat bermain sehingga anak-anak bisa senang ketika bepergian bersama keluarga.

"Saya titip itu, perbanyak tempat menarik di stasiun maupun di dalam kereta api," ujarnya.

2. KA Argo Parahyangan Excellence akan dijalan per 1 Oktober

KAI Luncurkan Kereta Bandung-Jakarta dengan Waktu Tempuh Lebih CepatIDN Times/Istimewa

Kereta api yang memiliki waktu tempuh ini rencananya akan mulai dijalankan pada 1 Oktober 2019. Harga tiket untuk kelas eksekutif Rp150 ribu, sedangkan kelas premium Rp110 ribu. Untuk jadwal pemberangkatan, kereta ini akan mengangkut penumpang dari Bandung menuju Gambir pada pukul 04.30 WIB dan diperkirakan tiba di Jakarta pada 07.20 WIB dengan kapasitas penumpang kelas eksekutif 200 tempat duduk dan premium 320 tempat duduk.

Sedangkan untuk KA dari Jakarta menuju Bandung jadwal berangkat pukul 17.12 WIB dan sampai di Bandung sekitar pukul 20.02 WIB. Berbeda dengan KA dari Bandung-Jakarta, seluruh KA Argo Parahyangan Excellence yang menuju Bandung hanya ada tempat duduk dengan kelas eksekutif sebanyak 400 kursi.

3. KAI juga luncurkan kereta istimewa untuk pariwisata

KAI Luncurkan Kereta Bandung-Jakarta dengan Waktu Tempuh Lebih CepatIDN Times/Debbie Sutrisno

Selain meluncurkan KA jurusan Bandung-Jakarta terbaru, PT KAI juga meluncurkan kereta komersil privat yang dinamakan Kereta Istimewa. Satu rangkaian Kereta Istimewa ini terdiri dari dua kereta berjenis KRD dengan total kapasitas 40 penumpang. Jadwal kereta ini dapat disesuaikan dengan keinginan pelanggan karena tidak dirangkaikan dengan perjalanan KA reguler.

Untuk tahap awal, kereta yang dikelola oleh anak usaha KAI yaitu PT KA Pariwisata dapat dipesan untuk jarak menengah seperti Jakarta-Cirebon, Jakarta-Bandung, dan Jakarta-Semarang. Kereta Istimewa ini memiliki berbagai fasilitas mumpuni seperti ruang rapat, lounge, mini bar, karaoke, musala, dan toilet.

4. Kereta Istimewa merupakan kereta lama yang dimodifikasi

KAI Luncurkan Kereta Bandung-Jakarta dengan Waktu Tempuh Lebih CepatIDN Times/Debbie Sutrisno

Menurut Budi, Kereta Istimewa adalah salah satu inovasi yang dihasilkan PT KAI. Sebab kereta yang digunakan sebenarnya kereta lama yang sudah tidak terpakai.

Namun, kereta ini kemudian disulap dengan memasukkan berbagai ornamen dan teknologi serta fasilitas bagus sehingga kembali bisa dioperasikan. "Sekarang malah jadi eksklusif," kata Budi.

Dia pun mengusulkan kepada PT KAI agar di kota seperti Solo dan Yogyakarta kereta menuju bandara yang dipakai adalah kereta jenis ini. Tapi, desainnya bisa dibuat lebih tradisional mengikuti tradisi daerah masing-masing.

Baca Juga: Dua Mahasiswa Kendari Tewas saat Aksi, Menristekdikti: Usut Tuntas!

Baca Juga: Polda Bantah Ananda Badudu soal Banyaknya Mahasiswa yang Masih Ditahan

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya