Ini Spesifikasi Lapangan Siliwangi yang Hendak Dijadikan Markas Persib

Persib sudah ajukan dua stadion untuk pertandingan lawan PSS

Bandung, IDN Times - Persib Bandung berencana memakai Stadion Siliwangi sebagai lapangan ketika menggelar laga kandang melawan PSS Seleman dalam lanjutan Liga 1, Minggu (5/2/2023).

Meski belum dipastikan dipakai, tapi sejumlah pekerja nampak sedang memperbaiki instalasi rumput sintetis yang ada di stadion ini. Sudah lama tak digunakan sebagai tempat pertandingan resmi Persib Bandung, rumput sudah diganti menjadi rumput sintetis.

Untuk spesifikasi rumput sintetis, dasarnya adalah tanah. Kemudian dilapisi geotex serupa dengan plastik terpal, pipa untuk saluran drainase. Setelahnya ditutup pasir kasar, dipasang valet berwarna hitam, serta dipasang rumput sitentisnya.

Dari pantauan IDN Times, rumput sintetis ini lebih tebal dari rumput sintetis pada umumnya seperti Lapangan Lodaya yang biasa digunakan Persib untuk melakukan latihan rutin.

Meski belum ada pernyataan resmi pihak Persib, tapi papan sponsor pembatas lapangan sudah berada di Kawasan Stadion Siliwangi.

1. Polisi sudah lakukan pengecekan

Ini Spesifikasi Lapangan Siliwangi yang Hendak Dijadikan Markas PersibIlustrasi Stadion di Tengah Pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/Fauzan)

Sebelumnya, Kamis (2/2/2023), Jajaran Direktorat Pengamanan Objek Vital (Ditpamobit) Polda Jabar telah melakukan penilaian risiko di Stadion Siliwangi.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, penilaian risiko dilakukan bersama panitia pelaksana pertandingan, pengelola Stadion Siliwangi dan perwakilan PSSI Provinsi Jabar. Berdasarkan Peraturan Polisi (Perpol) nomor 10 tahun 2022, penilaian risiko tersebut meliputi enam kriteria.

"Infrastruktur, resiko pertandingan, kesehatan, keselamatan, keamanan dan venue," kata Ibrahim.

Menurutnya, hasil penilaian resiko itu akan ditindak lanjuti oleh auditor profesional dari Baharkam Polri.

2. Persib sudah ajukan dua stadion

Ini Spesifikasi Lapangan Siliwangi yang Hendak Dijadikan Markas PersibStadion Patriot Chandrabaga, Bekasi/antarafoto

Direktur Utama (Dirut) PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahjono mengatakan, pihaknya mengajukan dua stadion, yakni Stadion GBLA dan Siliwangi kepada Liga Indonesia Baru (LIB) untuk pertandingan pekan ke-22 nanti.

“Kami mengajukan usulan untuk main di GBLA atau Siliwangi. Jadi untuk permohonan itu sedang diproses dan mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah ada keputusan. Jadi mudah-mudahan hari Minggu nanti kami main di Bandung,” kata Teddy, Kamis (2/2/2023).

Menurut Teddy, bukan tanpa alasan pihaknya mengajukan dua stadion tersebut. Terletak di Kota Bandung, Persib pun berkeinginan tampil di rumahnya sendiri.

Ia pun berharap LIB bisa menyetujui salah satu stadion tersebut untuk laga kandang akhir pekan nanti.

“Memang kan GBLA adalah rumah kami dan kami melihat dari pekerjaan yang dilakukan dalam persiapan Piala Dunia. Kalau memang semisalnya bisa dipakai meski dalam tahap renovasi, kami berusaha mendapatkan dispensasi memakai GBLA,” ujarnya.

3. Jika main di Siliwangi kemungkinan tanpa penonton

Ini Spesifikasi Lapangan Siliwangi yang Hendak Dijadikan Markas PersibIDN Times/Galih Persiana

Sementara untuk Stadion Siliwangi, Teddy tak berharap banyak. Sebab dia masih menunggu proses assessment dan lain-lain yang dilakukan panitia. Namun melihat infrastruktur dan lokasi stadion yang ada di tengah kota, Ia memperkirakan akan digelar tanpa penonton.

“Siliwangi kami belum tahu, kami masih menunggu proses assessment dan lain-lain. Tetapi melihat dari infrastruktur stadion, kalau di Siliwangi kemungkinan tanpa penonton,” tuturnya.

Meski terbilang stadion lama, Teddy berharap Siliwangi bisa jadi salah satu opsi kandang skuat asuhan Luis Milla untuk sementara waktu.

Untuk diketahui, Stadion Siliwangi merupakan stadion bersejarah bagi Persib dan Bobotoh. Stadion milik Kodam III/Siliwangi itu pernah jadi markas Maung Bandung di era perserikatan hingga tahun 2010-an.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya