Comscore Tracker

Ini Sejumlah Masjid di Bandung yang Gelar Salat Id Besok

Hanya 50 persen kapasitas masjid yang digunakan untuk salat 

Bandung, IDN Times - Sejumlah masjid raya di Kota Bandung rencananya akan menggelar salat Idul FItri berjamaah, Kamis (12/5/2021). Protokol kesehatan pun bakal ditegakkan agar kegiatan salat tidak jadi tempat penyebaran virus corona.

Humas Masjid Raya Bandung M Iqbal Muhadjir mengatakan, pihaknya akan melaksanakan aturan yang tercantum dalam Surat Edaran Kementerian Agama. Di mana jumlah jemaah yang iku salat Id di dalam masjid maksimal 50 persen dari kapasitas, menggunakan masker, menjaga jarak dan aturan yang lainnya.

"Kami InsyaAllah akan menggelar Salat Ied besok dengan menerapkan prokes yang ketat, jumlah jemaah juga kita batasi sesuai arahan Kemenag Pusat," ujar Iqbal saat dihubungi wartawan, Rabu (12/5/2021).

1. Pembatas jarak disiapkan di Masjid Pusdai

Ini Sejumlah Masjid di Bandung yang Gelar Salat Id BesokMasjid Pusdai (Istimewa)

Selain Masjid Raya Bandung, Masjid Al Ukhuwah, Masjid Pusdai dan Masjid Al Istiqomah juga akan menggelar salat Id.

"Kalau di masjid Pusdai, biasanya kami menggelar di Gasibu, tetapi karena tidak bisa kami lakukan di masjid. Di Pusdai sudah ada pembatas jaraknya, jemaah pun sudah terbiasa untuk menjaga jarak," ujar salah seorang narahubung masjid Pusdai saat dihubungi.

2. Pemkot Bandung imbau Salat Id bisa dipecah di banyak masjid dan musala

Ini Sejumlah Masjid di Bandung yang Gelar Salat Id BesokIDN Times/Humas Bandung

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengimbau para pengurus masjid untuk bisa menyelenggarakan salat Idul Fitri dengan kapasitas yang dibatasi. Dengan pembatasan tersebut maka salat Id bisa dilakukan dengan luasan yang lebih sedikit tapi dilakukan di banyak tempat.

"Kita sepakati bahwa salat Idul Fitri itu dilaksanakan dengan konsep desentralisasi. Semakin menyebar semakin baik, kenapa karena jumlah jemaah yang ikut dalam salat itu akan semakin sedikit," ujar Oded usai gelar rapat gugus tugas COVID-19 Bandung, Senin (10/5/2021).

3. Setiap masjid bisa selenggarakan salat Id masing-masing

Ini Sejumlah Masjid di Bandung yang Gelar Salat Id BesokIlustrasi Salat Id (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)

Dia menuturkan, jumlah masjid di Kota Bandung yang terdaftar mencapai 4.000. Selama ini salat Id biasanya digelar secara gabungan, di mana dua atau tiga masjid lakukan salat Id bersamaan di lapangan.

Dengan kondisi pandemik seperti ini maka setiap masjid bisa menyelenggarakan salat Id sendiri. "Kita mengimbau jadi tidak ada gabungan antarmasjid dalam satu RW," kata dia.

Menurutnya, kegiatan salat Id bisa dipecah mulai dari masjid besar, kecil, atau di lapangan. Jika dilakukan seperti itu maka bisa ada sekitar 9.000 tempat ibadah salat Id di Bandung.

Sementara terkait aktivitas takbir keliling yang kerap dilakukan, harapanya tidak dilakukan dulu. Takbiran di jalanan pun akan dihentikan karena nantinya sejumlah ruas jalan di Bandung akan ditutup.

"Agar barudak anu takbir keliling itu tidak ada," kata dia.

Sementara untuk aktivitas mall dan pusat perbelanjaan lainnya meski pada malam takbir tetap bisa beroperasi sesuai dengan aturan yang berlaku.

Baca Juga: Wali Kota Bandung Larang Masyarakat untuk Mudik Lokal saat Lebaran!

Baca Juga: Oded M Danial: Jangan Dulu Mudik, Jangan Sampai Bandung Seperti India

Topic:

  • Debbie sutrisno
  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya