Comscore Tracker

Gratis! Unpar dan Itenas Buka Sentra Vaksinasi untuk Warga Bandung

Jangan sampai terlewat nih, yuk segera daftar

Bandung, IDN Times - Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) membuka sentra vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat Kota Bandung yang akan dilaksanakan di kampus Unpar, Jalan Ciumbuleuit No. 94, Kota Bandung. Vaksinasi massal dalam rangka percepatan penyerapan vaksin ini rencananya dilakukan pada 29 Juni-2 Juli 2021.

Ketua Satuan Tugas Unpar Fights Covid-19 (Satgas UFC-19) Catharina Badra Nawangpalupi mengatakan bahwa vaksinasi dilakukan dengan dasar hukum Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 10 Tahun 2021. Peraturan itu menulis tentang Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi COVID-19.

Tak hanya itu, ada pula Surat Edaran dari Dinkes Kota Bandung tentang Pelaksanaan Percepatan Vaksinasi COVID-19.

“Maka Unpar membuka program vaksinasi COVID-19 bagi warga Kota Bandung. Program ini merupakan kerja sama Unpar dengan Dinkes Kota Bandung, Puskesmas Ciumbuleuit, Rumah Sakit Santo Borromeus, dan klinik Unpar,” ucap Catharina, dalam keterangan tertulisnya dikutip IDN Times, Selasa (22/6/2021).

1. Vaksinasi hanya untuk warga 18 tahun ke atas

Gratis! Unpar dan Itenas Buka Sentra Vaksinasi untuk Warga BandungIDN Times/Aris Darussalam

Dia mengungkapkan, vaksinasi dengan target masyarakat Kota Bandung itu sejalan dengan perkembangan pelaksanaan vaksinasi di Bandung Raya, di mana warga berusia 18 tahun ke atas sudah dapat memperoleh vaksinasi.

Lebih lanjut, warga Kota Bandung bisa melakukan pendaftaran dengan mengakses bit.ly/vaksinUNPAR. Adapun syarat pendaftaran vaksinasi adalah berusia minimal 18 tahun (atau kelahiran sebelum 1 Juli 2003); memiliki KTP Kota Bandung atau berdomisili di Kota Bandung yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Domisili dari RT/RW, tidak terinfeksi COVID-19 atau telah dinyatakan negatif lebih dari 3 bulan; dan tidak sedang hamil atau tidak memiliki komorbiditas yang tidak terkendali.

“Silakan isi data pada formulir untuk pendaftaran vaksinasi yang akan dilaksanakan antara tanggal 28 Juni-2 Juli 2021. Jadwal pasti untuk mereka yang terdaftar dalam program vaksinasi ini akan diinformasikan melalui SMS atau e-mail,” tuturnya.

2. Segera mendaftar karena kuota terbatas

Gratis! Unpar dan Itenas Buka Sentra Vaksinasi untuk Warga BandungSuasana Vaksinasi Wartawan dan Pekerja Media (IDN Times/Rochmanudin)

Pendaftaran akan ditutup pada 23 Juni 2021 pukul 21.00 atau jika kuota sudah terpenuhi. Catharina pun mengimbau agar masyarakat Kota Bandung segera mengisi formulir pendaftaran supaya tidak kehilangan kesempatan vaksinasi. Untuk informasi lebih lanjut atau jika ada pertanyaan, masyarakat diminta menghubungi ufc@unpar.ac.id.

3. Ada 5.000 orang lanjut usia bisa ikut vaksinasi di Itenas

Gratis! Unpar dan Itenas Buka Sentra Vaksinasi untuk Warga BandungVaksin COVID-19 AstraZeneca. (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Selain Unpar, kampus Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung pun akan menggelar vaksinasi massal COVID-19. Dikutip dari akun Instagram resmi Itenas, pemberian vaksin akan diprioritaskan untuk warga Kota Bandung pada 6-8 Juli 2021.

Vaksinasi Sinovac ini diprioritaskan bagi warga Bandung pralansia (yang berusia 50 tahun ke atas atau kelahiran tahun 1971 dan sebelumnya).

"Kabari orangtua, saudara, rekan, serta tetangga anda untuk mendaftar secara online mulai dari tanggal 24 hingga 30 Juni 2020 di melalui vaksinitenas.itenas.ac.id," dikutip dari akun Instagram @itenas.official.

"Lindungi diri dan keluarga tercinta dari virus COVID-19 dengan vaksinasi, atau ingatkan orang-orang di sekeliling Anda untuk mengikuti vaksinasi. Jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 5M meskipun sudah divaksin," tulis akun tersebut dalam unggahannya.

Baca Juga: Cara Cek Data Vaksinasi COVID-19, Ada Lokasi Vaksinasi Terdekat    

Baca Juga: Vaksin Impor Terdaftar di WHO, Erick: Vaksin Kita Bukan Kaleng-Kaleng

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya