Galang Dana untuk PJJ di Bandung, Alumni Unpar Gelar Sipari Virtual 

Pengumpulan dana bisa dilakukan dengan berbagai cara

Bandung, IDN Times - Pandemik COVID-19 memaksa masyarakat melakukan banyak perubahan dalam gaya hidup. Salah satu perubahan drastis terjadi di dunia pendidikan, yaitu perubahan pola pendidikan tatap muka menjadi online atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) demi menghindari penularan virus COVID-19.

Namun, perubahan di bidang pendidikan itu mengalami cukup banyak kendala, salah satunya adalah kurangnya sarana dan prasarana untuk melaksanakan PJJ. Bahkan, di kota besar seperti Bandung, PJJ mendapat banyak hambatan.

Melihat kondisi tersebut, Ikatan Alumni Teknik Sipil Unpar (IATS- UNPAR) menginisiasi kegiatan amal yang diberi nama SIPARI atau Sipil UNPAR Berlari. SIPARI adalah gerakan pengumpulan donasi untuk menyediakan perlengkapan PJJ bagi anak-anak di sekitar kampus Unpar melalui olahraga lari. Setiap donasi sebesar Rp20 ribu yang diberikan, maka akan dikonversi menjadi 1 kilometer jarak lari.

1. Mengambil nama SIPARI untuk kegiatan ini

Galang Dana untuk PJJ di Bandung, Alumni Unpar Gelar Sipari Virtual Dok.IDN Times/Istimewa

Ketua Panitia SIPARI Stephanus Rudy menuturkan, awal mula tercetus ide ini dari obrolan di WhatsApp (WAG's) grup IATS Runner, tentang keprihatinan akan kondisi yang ada saat ini dan tentang rencana dies natalis ke-60 Fakultas Teknik Unpar . Kemudian muncul keinginan untuk memakai semangat berolahraga ini sebagai sesuatu yang bersifat positif dan bisa membantu orang lain.

Ide tersebut langsung dikonversi dengan memadukan hobi berlari sambil mengumpulkan donasi bagi sekolah-sekolah yang kesulitan dalam PJJ. "Karena acara ini diinisiasi oleh alumni teknik sipil unpar, maka acaranya diberi nama Sipil Unpar Berlari atau SIPARI," ujarnya melalui siaran pers, Senin (21/9/2020).

2. Karena ada pandemik maka acara lari dilakukan secara virtual

Galang Dana untuk PJJ di Bandung, Alumni Unpar Gelar Sipari Virtual pexels.com/leandroboogalu

Dalam kegiatan itu, tergabung 61 orang pelari yang terdiri dari pengajar, tenaga kependidikan, alumni, dan mahasiswa yang berkomitmen berlari demi mengumpulkan donasi. Para pelari istimewa yang tergabung dalam SIPARI adalah Rektor Unpar, Mangadar Situmorang, Ph.D., Dekan Fakultas Teknik Unpar, Doddi Yudianto, Ph.D., Ketua Ikatan Alumni Teknik Sipil Unpar, Andreas Pramudya, beberapa alumni senior dari angkatan 1978 hingga mahasiswa aktif.

Mereka mulai berlari pada 17 Agustus 2020 bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI ke-75 hingga 16 September 2020. Selama itu pula, panitia menampung donasi dari para donatur.

“Karena pandemi juga, kami memilih lari dengan cara virtual. Ini justru unik karena akhirnya pelari SIPARI tersebar dari Aceh sampai Papua bahkan dari Singapura,” kata Rudy.

Cara berlari virtual ini sangat unik sebab meski berlari di tempat terpisah dan tetap memperhatikan protokol kesehatan, setiap pelari merasa saling terhubung melalui teknologi aplikasi GPS pencatat kegiatan olahraga.

3. Donasi yang terkumpul sudah mencapai Rp141 juta

Galang Dana untuk PJJ di Bandung, Alumni Unpar Gelar Sipari Virtual 

Pelari senior Robert Efan dari angkatan 1978 mengatakan SIPARI membuat dirinya termotivasi untuk disiplin, berlari dengan “pace” lebih baik, dan bersyukur.

“Saya bersyukur bisa menjadi bagian dari aksi nyata berbuat baik kepada sesama. Setiap cucuran keringat adalah restu dari Tuhan untuk kebaikan,” katanya.

Hingga penutupan SIPARI pada 16 September 2020, jumlah donasi yang terkumpul Rp 141.141.141 dan jumlah kilometer lari yang dilakukan 7.466,3 km. Donasi dari 135 individu dan kelompok yang menyumbang tersebut dimanfaatkan untuk membeli 35 unit laptop serta buku dan alat tulis yang didonasikan ke 7 sekolah tingkat SD dan SMP di daerah Ciumbuleuit, Bandung, serta 6 panti asuhan di wilayah Ciumbuleuit, Cimahi, dan Lembang.

Donasi yang terkumpul jauh melebihi harapan di awal SIPARI. Banyak dukungan dari alumni teknik sipil dan Unpar, baik individu maupun secara perusahaan sehingga kami cukup banyak bisa membantu sekolah dan panti asuhan.

Diharapkan SIPARI menjadi sebuah kegiatan rutin yang akan dilakukan oleh Ikatan Alumni Teknik Sipil Unpar. Rudy berharap juga setelah acara ini selesai semangat kebersamaan tetap terjaga.

4. Kampus Unpar mendukung penuh kegiatan ini

Galang Dana untuk PJJ di Bandung, Alumni Unpar Gelar Sipari Virtual Dok.IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Rektor Unpar yang menjadi salah satu pelari di SIPARI 2020, Mangadar Situmorang menilai inisiatif ini hebat dan baik. Program ini memiliki tujuan yang keren karena bisa beramal untuk warga yang berada di sekitar kampus.

SIPARI mengajarkan agar kita senantiasa menjalin silaturahmi dengan sesama, menjalin kebersamaan dengan alumni melalui ikatan yang kuat, dan hidup sehat.

"Saya mendukung sekali kegiatan ini," kata Mangadar.

Informasi lebih lanjut mengenai IATS Unpar dan SIPARI:
Sekretariat IATS UNPAR (up. Erna)
Email: iats@unpar.ac.id
HP/ WA: +62 822-4117-0001

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya