Potret Membludaknya Penumpang Whoosh Hari Pertama Berbayar

Ada ratusan penumpang yang menaiki Whoosh hari pertama

Bandung Barat, IDN Times - Kereta Cepat Whoosh mulai beroperasi dan berbayar untuk umum mulai hari ini, Rabu (18/10/2023). Sepur kilat tersebut melayani penumpang dari Jakarta ke Bandung ataupun sebaliknya dengan tiket promo Rp150.000 untuk sekali perjalanan.

Salah satu titik menaikan dan menurunkan penumpang ialah di Stasiun Whoosh Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Berdasarkan pantauan di stasiun itu, masyarakat yang mengakses transportasi massal itu masih cukup banyak meskipun sudah berbayar.

Penumpang nampak antusias untuk menaiki kereta cepat tersebut baik yang akan berangkat ke Jakarta melalui Stasiun Whoosh Halim maupun kedatangan di Stasiun Whoosh Padalarang dengan berbagai tujuan. Seperti kebutuhan pekerjaan hingga hanya sekedar healing atau liburan.

Seperti yang dilakukan Gifari (27 tahun) bersama keluarganya yang sengaja ingin mencoba Kereta Cepat Whoosh untuk pertama kalinya dengan memesan tiket secara online. Dia ingin ke Jakarta untuk menikmati waktu senggangnya.

"Ini baru pertama kali mau nyoba, waktu gratis itu gak sempet. Kita mau main aja, healing," tutur Gifari.

1. Harga tiket Kereta Cepat Whoosh cukup terjangkau

Potret Membludaknya Penumpang Whoosh Hari Pertama BerbayarSalah Seorang Penumpang Menunjukan Tiket Kereta Cepat Whoosh di Stasiun Padalarang, KBB, Rabu (18/10/2023). (Bangkit Rizki/IDN Times)

Dia menilai harga tiket Rp150.000 untuk sekali perjalanan menggunakan kereta cepat masih cukup terjangkau, meskipun hanya harga promo. Menurutnya, harga itu sangat sesuai dengan jarak tempuh yang hanya sekitar 40 menit dari Jakarta ke Bandung maupun sebaliknya.

"Kalau segitu murah hitungannya. Tapi kalau nanti sudah Rp300.000 mungkin buat sebagian itu memberatkan," ujar dia.

Dia mengatakan, keberadaan Kereta Cepat Whoosh tersebut bisa menjadi solusi alternatif bagi masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi. "Ini bagus karena cepat, bisa jadi alternatif transportasi terutama yang sering bolak-balik Jakarta-Bandung," ucap Gifari.

2. Penumpang Kereta Api Indonesia beralih menggunakan Kereta Cepat Whoosh

Potret Membludaknya Penumpang Whoosh Hari Pertama BerbayarPenumpang Kereta Cepat Whoosh Antre Masuk ke Area Peron Stasiun Padalarang, KBB, Rabu (18/10/2023). (Bangkit Rizki/IDN Times)

Keberadaan kereta sepur kilat dengan harga promo itu membuat sejumlah masyarakat yang biasanya menggunakan Kereta Api Argo Parahyangan kini beralih menggunakan Kereta Cepat Whoosh. Salah satunya Erlan (34), penumpang asal Padalarang,KBB.

"Saya biasanya naik kereta biasa, ini mau nyoba dulu pakai kereta cepat," ucap Erlan.

Menurutnya, harga tiket Rp150.000 cukup terjangkau dengan fasilitas dan waktu tempuh Kereta Cepat Whoosh. Harganya, kata Erlan, lebih murah dibandingkan dengan kereta api biasa.

"Tadi saya beli online masih harga promo Rp150.000. Murah kalau dibandingkan dengan kereta biasa. Saya mau ke Jakarta ada meeting," kata dia.

3. Ratusan penumpang menggunakan Kereta Cepat Whoosh dihari pertama berbayar

Potret Membludaknya Penumpang Whoosh Hari Pertama Berbayar(Bangkit Rizki/IDN Times)

Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti mengatakan, untuk hari pertama pemberlakuan tiket berbayar tercatat ada ratusan masyarakat yang menggunakan Kereta Cepat Whoosh untuk perjalanan dari Bandung ke Jakarta maupun sebaliknya.

"Antusiasmenya hari ini penumpangnya cukup banyak dimana untuk perjalanan pertama sekitar 150-200 penumpang dan perjalanan kedua sekitar 350-400 penumpang dalam sekali perjalanan," kata Emir.

Dia mengatakan, untuk sementara ini Kereta Cepat Whoosh hanya menurunkan dan menaikan penumpang di tiga stasiun saja. Yakni Stasiun Whoosh Halim, Stasiun Whoosh Padalarang dan Stasiun Whoosh Tegalluar.

"Untuk Stasiun Karawang hingga saat ini belum digunakan, jadi sementara ini baru di tiga stasiun," ucap Emir.

Baca Juga: Jadwal Kereta Cepat Whoosh Rute Halim-Padalarang PP

Baca Juga: Masyarakat Bisa Naik Turun di Stasiun Kereta Cepat Whoosh Padalarang

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya