Comscore Tracker

Terdampak Larangan Mudik, Husein Sastranegara Sepi Kunjungan

Husein Sastranegara hanya melayani penumpang non mudik

Bandung, IDN Times - Bandara Husein Sastranegara terdampak larangan mudik Idul Fitri 2021. Pengguna perjalanan udara tidak ada yang membeli tiket keberangkatan pesawat sejak Kamis (6/5/2021). 

Hal ini disampaikan langsung oleh Iwan Winaya Mahda, Plt. Executive General Manager Bandara Husein Sastranegara Bandung, ketika dihubungi, Sabtu (8/5/2021). 

1. Hanya penumpang non mudik yang boleh berangkat

Terdampak Larangan Mudik, Husein Sastranegara Sepi KunjunganIDN Times/Azzis Zulkhairil

Sejak hari pertama larangan mudik tidak ada penumpang pesawat yang hendak bepergian ke luar daerah melalui Bandara Husein Sastranegara. Iwan memastikan, sepinya kunjungan bukan karena bandara tutup operasional, melainkan tidak adanya penumpang yang memesan tiket.

"Penumpang yang berangkat kan harus non mudik, yang punya persyaratan khusus sesuai peraturan pemerintah. Saat ini bandara tidak tutup tetap buka yang terbang pesawat logistik atau kargo," ujarnya.

2. Pesawat pengantar logistik tetap beroperasi

Terdampak Larangan Mudik, Husein Sastranegara Sepi KunjunganIDN Times/Yogi Pasha

Bandara Husein Sastranegara tidak langsung menutup operasional selama larangan mudik 6-17 Mei 2021. Iwan menuturkan, jika ada keberangkatan dari luar daerah menuju Bandung, dipastikan sudah melalui pengecekan persyaratan.

"Selama ada pesawatnya kita layani, kalau kedatangan hanya terima kita dan layani. Pertanyaannya di sana ada enggak ke Bandung?" ungkapnya. 

"Hari ini Lion Air group tidak beroperasi, Garuda tidak beroperasi, Air Asia tidak beroperasi. Yang operasi hanya Citilink, dan itu juga kargo bukan penumpang," tambahnya.

3. Bandara Husein Sastranegara tetap melayani rute kedatangan

Terdampak Larangan Mudik, Husein Sastranegara Sepi KunjunganPT Angkasa Pura II (Persero) tengah melakukan uji coba GeNose C19 untuk tes COVID-19 di dua bandara yaitu Bandara Husein Sastranegara (Bandung) dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang) (Dok. Angkasa Pura II)

Sampai saat ini aktivitas pemudik tidak ditemukan di Bandara Husein Sastranegara, sejumlah maskapai juga tidak ada yang beroperasi karena tidak adanya penumpang yang membeli tiket keberangkatan. 

"Pesawat kalau tidak ada penumpang tidak bisa berangkat. Tetapi yang paling penting yang beli tiket juga itu, kalau bandara hanya bantu proses penerbangan," katanya. 

4. Persyaratan keberangkatan Bandara Husein Sastranegara sangat ketat

Terdampak Larangan Mudik, Husein Sastranegara Sepi KunjunganIstimewa

Jika ada penumpang yang hendak melakukan keberangkatan dari Bandara Husein, dipastikan semua persyaratan sudah memenuhi aturan larangan mudik. Jika tidak memenuhi, tidak akan diberangkatkan.

"Syaratnya itu harus ada surat tugas, tanda tangan basah, itu di print out sesuai dengan atasan eselon II atau pimpinan langsung. Nanti akan divalidasi oleh satgas. Kalau lolos baru divalidasi kesehatan, dan masuk cekin area untuk proses keberangkatan," kata dia.

Baca Juga: Hari Pertama Larangan Mudik di Kota Bandung Tidak Berjalan Maksimal

Baca Juga: 10 Potret Penyekatan Larangan Mudik Hari Pertama di Kota Bandung

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya