Ridwan Kamil Lobi Kemenhub Agar BIJB Bisa Beroperasi Lagi

Saat ini BIJB sudah melayani penerbangan untuk kargo

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil akan melobi Kementrian Perhubungan (Kemenhub) agar Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Ketajati bisa kembali melayani penerbangan penumpang.

Saat ini BIJB Ketajati sudah bisa melayani penerbangan untuk kargo. Bagi Emil, itu sudah menjadi angin segar agar BIJB Ketajati kembali bangkit dan melayani penerbangan. "Kebijakan penerbangan bukan di provinsi, jadi saya melobi terus Pak Menhub (untuk aktivasi kembali)," ujar Emil melalui rilis, Rabu (22/12/2021).

1. Jalan penghubung dari Tol Cipali menuju BIJB sudah diresmikan

Ridwan Kamil Lobi Kemenhub Agar BIJB Bisa Beroperasi LagiIDN Times

Selain itu, Emi juga menyambut baik dibukanya akses Tol Cipali menuju BIJB Kertajati, Majalengka. Hal itu dirasakannya akan memudahkan masyarakat menuju Bandara Kertajati karena tidak perlu lagi melalui jalan arteri.

"Iya akses dari Tol Cipalinya, itu memudahkan (menuju BIJB Kertajati)," ucapnya.

2. Tol Cisumdawu direncanakan beroperasi pada 2022

Ridwan Kamil Lobi Kemenhub Agar BIJB Bisa Beroperasi LagiRidwan Kamil menghadiri acara Indonesia Millennial Summit by IDN Times (Dok. IDN Times)

Akses tol ke Bandara Kertajati sepanjang 3,7 kilometer sudah diresmikan oleh Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo pada Selasa (21/12/2021). Pintu masuk akses tol itu berada di kilometer 158 Tol Cikopo-Palimanan.

Menurut Emil, akses menuju Bandara Kertajati akan jauh lebih mudah setelah pembangunan jalan Tol Cisumdawau rampung. Rencananya, Tol Cisumdawu mulai beroperasi akhir tahun ini atau paling lambat awal 2022.

"Nunggu yang akses Cisumdawunya nembus, sehingga full. Jadi dari Bandung ke Cipali, Cipali ke Kertajatinya langsung," katanya.

3. Emil berharap 2022 perekonomian kembali lancar

Ridwan Kamil Lobi Kemenhub Agar BIJB Bisa Beroperasi Lagi ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Emil berharap, pada 2022 seiring beroperasinya Tol Cisumdawu ditambah akses tol ke Bandara Kertajati, penerbangan akan semakin bertambah dan perekonomian meningkat.

"Rencana 2022 seperti apa mudah-mudahan ekonomi bangkit dan penerbangan bisa banyak," kata dia.

Baca Juga: Pemprov Jabar Telusuri Pemberian Bantuan ke Yayasan Milik HW

Baca Juga: Pemprov Jabar Belum Siapkan Skenario Vaksinasi Booster Januari 2022

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya