Ridwan Kamil Bisiki Presiden Jokowi Soal Capaian Vaksinasi di Jabar

Capaian vaksinasi di Jabar sudah 80, bukan 70 persen

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil membisiki presiden Joko "Jokowi" Widodo soal capaian vaksinasi di Jabar. Emil menyatakan bahwa capaian vaksinasi di Jabar sudah sampai 80 persen.

Momentum bisikan Emil ini disampaikan oleh Presiden Jokowi saat mengisi kuliah umum di dies natalis Unpar ke-67. Mulanya, presiden mengatakan bahwa Indonesia saat ini berada di urutan ke-empat vaksinasi terbanyak di dunia.

Kemudian, ia bilang bahwa seluruh provinsi di Indonesia sudah bisa menyutikkan vaksin pada 70 persen dari penduduknya. Namun, ia mendapatkan bisikan dari Emil bahwa capaian vaksinasi di Jabar sudah 80 persen.

"Vaksinasi seluruh provinsi sudah di atas 70 persen, termasuk Jabar. Pak Gub tadi bisikin saya, katanya Jabar sudah masuk 80 persen. Saya jawab, ya, ya, ya," ujar Jokowi, Senin (17/1/2022).

1. Ada 30 provinsi di Indonesia proses vaksinasinya sudah 70 persen

Ridwan Kamil Bisiki Presiden Jokowi Soal Capaian Vaksinasi di JabarPresiden Jokowi di Unpar (IDN Times-Azzis Zulkhairil)

Keberhasilan vaksinasi di Jabar diperkuat hadirnya TNI dan Polri. Jokowi mengatakan, dua instansi ini turut membantu mempercepat vaksinasi di daerah-daerah terpencil di Indonesia. Selain itu, adanya sejumlah organisasi masyarakat menurutnya ikut membantu percepatan penyebaran vaksin.

"TNI, Polri, organisasi rakyat, dan perangkat lainnya membantu (vaksinasi) kita sampai ke bawah. Saat ini 30 provinsi telah mencapai target diatas 70 persen, vaksinasi 297.500," ungkapnya.

2. Perjuangan TNI dan Polri mempercepat vaksinasi harus diapresiasi

Ridwan Kamil Bisiki Presiden Jokowi Soal Capaian Vaksinasi di JabarPresiden Jokowi di Unpar (IDN Times-Azzis Zulkhairil)

Proses vaksinasi di Indonesia tidaklah mudah. Jokowi bilang, wilayah di Indonesia berbeda dengan negara lain. Wilayah di Indonesia, menurutnya, terdiri dari banyak pulau dan berberapanya ada yang masih terpencil.

"Menyuntik 297 juta ini luar biasa. Ini bukan hal mudah, karena ada yang perlu naik motor. Dan saya terima kasih pada TNI dan Polri, upaya vaksinasi ini kita nomor empat di dunia setelah China, Brazil, Amerika, kemudian Indonesia," katanya.

3. Kondisi sangat berdampak pada kebijakan para pemimpin di seluruh dunia

Ridwan Kamil Bisiki Presiden Jokowi Soal Capaian Vaksinasi di Jabar

Diberitakan sebelumnya, Jokowi mengatakan bahwa kehadiran pandemik membuat dampak perekonomian global. Menurutnya, para pemimpin saat ini tengah bimbang dalam memutuskan kebijaksanaan, karena pandemik membuat kondisi terus berubah.

"Kita tahu, revolusi Industri 4.0 disrupsi teknologi dibarengi pandemik betul menyebabkan ketidakpastian global yang semakin meningkatkan keraguan setiap pemimpin. Karena setiap hari berubah-ubah hingga mengakibatkan ketidak pastian," ucapnya.

Baca Juga: Jokowi Mania Deklarasi ke Ganjar, Pro Jokowi Pilih Fokus Vaksinasi

Baca Juga: Dies Natalis Unpar, Jokowi: Gotong Royong Penting Tangani Pandemik! 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya