Produk Fesyen Penyumbang Ekspor Ekraf Tertinggi di Jabar

UMKM produk Fesyen di Jabar didogorong go digital

Bandung, IDN Times - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat (Jabar), Atalia Praratya Kamil menyatakan, bisnis atau usaha fesyen di Jabar menyumbang pendapatan ekspor terbanyak.

"Jabar menyumbang pendapatan 14,76 itu adalah dari fesyen jadi ekspor tertinggi di ekonomi kreatif (Ekraf) Jabar, nilainya sampai 1,613 USD ini sampai Eropa, dan negara lainnya," ujar Atalia dalam acara Virtual Media Briefing Tokopedia: Peluncuran Festival Fashion Lokal Jabar, Senin (15/10/2021).

1. Dekranasda Jabar dorong UMKM melek digital

Produk Fesyen Penyumbang Ekspor Ekraf Tertinggi di JabarIDN Times/Azzis Zulkhairil

Atalia mengatakan, berdasarkan data yang ia terima, jutaan penduduk di Indonesia kebanyakan senang menggunakan sosial media. Namun, masih belum banyak digunakan untuk memasarkan sebagai alat memasarkan produk fesyen yang diproduksi sendiri.

"Digitalisasi akan mempermudah promosi, global dan nasional, kami juga mendorong pengusahaan yang dapat pesanan dari luar negeri dan kita sudah akses informasi," ungkapnya.

2. Dekranasda Jabar dan Tokopedia sudah banyak melakukan aksi nyata bantu UMKM

Produk Fesyen Penyumbang Ekspor Ekraf Tertinggi di JabarIDN Times/Dekranasda Jabar

Selain itu, untuk membangkitkan produk-produk fesyen UMKM lokal Jabar, Atalia bilang, Dekranasda Jabar bekerja sama dengan Tokoedia untuk membantu UMKM dapat menjangkau pasar yang luas melalui digitalisasi.

"Berbagai cara mulai buat video edukasi online, dan kami juga ada kerabat store agar binaan kami diberikan peluang, dan bulan ini 81 UMKM Jabar juga akan bekerja sama," jelasnya.

3. Tokopedia dan Dekranasda Jabar hadirkan Festival Fesyen Lokal

Produk Fesyen Penyumbang Ekspor Ekraf Tertinggi di Jabar(Tokopedia) www.tokopedia.com

Sedangkan, Aldhy Darmayo, Senior Lead Fashion Tokopedia mengatakan, Jabar peningkatan transaksi masyarakat sangat tinggi, dan tercatat ada peningkatan tinggi di kuartal 3 2020. Ia bilang, potensi usaha dalam bidang fesyen di Jabar sangat bagus.

"Penjualan fesyen di Jabar meningkat pesat, makanya di sini kami berbagai peningkatan ini kita berkolaborasi dengan Dekarnasda Jabar dan ini kita buat Festival Fesyen Lokal," katanya.

Festival Fesyen Lokal Jabar ini digelar dengan menghadirkan produk-produk dari pelaku UMKM lokal Jabar melalui aplikasi Tokopedia.

"Kami mengutamakan UMKM lokal agar bangkit bersama, kita berharap seluruh pihak berkolaborasi bantu UMKM lokal mengingat UMKM menyokong PDP Indonesia," kata dia.

Baca Juga: Peringati Hari UMKM Nasional, BRI Gelar Gerakan BRILiaN Sahabat UMKM 

Baca Juga: Support UMKM Kuliner, Wahyoo Group Gelar Hari UMKM Makanan Nasional

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya