Presiden Jokowi Minta Bey Machmudin Kaji LRT Kota Bandung

Pemprov Jabar segera bahas kajian LRT Kota Bandung

Bandung, IDN Times - Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin melakukan Rapat Terbatas (Ratas) bersama Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Rabu (27/9/2023). Ratas ini turut membahas soal Integrasi Moda Transportasi Publik.

Dalam Ratas juga turut hadir Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan; Menteri BUMN, Erick Thohir; hingga Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Bey Machmudin mengatakan, dalam rapat itu dirinya diminta untuk segera melakukan kajian mengenai Liight Rail Transit (LRT) di Kota Bandung. Menurut

"Pak Presiden memberikan arahan bahwa sebaiknya transportasi terintegrasi untuk memudahkan masyarakat dan memindahkan masyarakat dari kendaraan pribadi menggunakan transportasi publik," kata Bey.

1. Inovasi untuk mengurangi kemacetan harus dilakukan

Presiden Jokowi Minta Bey Machmudin Kaji LRT Kota Bandung(Istimewa)

Menurutnya, dorongan itu juga berkaitan dengan upaya membenahi kemacetan di sejumlah wilayah yang ada di Indonesia, terutama di kota besar. Kemacetan tersebut berdampak buruk pada perekonomian.

Dia mengatakan, Presiden Joko Widodo menyebut kerugian negara akibat macet bisa mencapai triliunan rupiah setiap tahun. Contohnya di Jakarta kerugian yang dihasilkan mencapai Rp65 triliun, Jabodetabek Rp100 triliun dan daerah lain di kisaran Rp12 triliun.

"Jadi memang sebaiknya harus ada inovasi khusus dalam integrasi transportasi publik,” terang dia.

2. Feeder pendukung Whoosh akan dimaksimalkan

Presiden Jokowi Minta Bey Machmudin Kaji LRT Kota Bandung(Istimewa)

Khusus untuk Provinsi Jawa Barat, Presiden Joko Widodo meminta Bey segera merumuskan integrasi transportasi publik, terutama yang bisa mendukung keberadaan Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung.

"Kita tahu sudah ada integrasi dari Padalarang menuju Stasiun Kota Bandung dengan feeder kereta dan juga di titik-titik lainnya seperti di Tegalluar, diusahakan segera ada feeder untuk Kota Bandung atau tujuan sekitar Tegalluar," ucap dia.

3. Transportasi publik pembeda harus dihadirkan

Presiden Jokowi Minta Bey Machmudin Kaji LRT Kota BandungPj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Selain itu, Bey menambahkan, Prsiden juga meminta agar kajian LRT di Kota Bandung ke arah selatan segera dilaksanakan, karena harus segera dilakukan transportasi publik yang berbeda, dan benar-benar baru.

"Tidak hanya mengandalkan yang sudah ada. Itu untuk menghindari kemacetan. Mungkin kami akan segera melakukan studi dan koordinasi dengan kemenhub," kata dia.

Baca Juga: Pj Gubernur Jabar Pastikan Harga Beras Berangsur Stabil

Baca Juga: Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin Janji Hidupkan Stasiun KCJB Tegalluar

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya