Pengamat Unpad Nilai Lucky Hakim Gagal Bangun Komunikasi Politik

Lucky Hakim harusnya memperjuangkan bukan mundur

Bandung, IDN Times - Pengamat Politik Universitas Padjadjaran (Unpad) Firman Manan menilai pengunduran diri Wakil Bupati Indramayu Lucky Hakim disebabkan adanya kegagalan membangun komunikasi politik dengan Bupati Indramayu.

Menurutnya, sebagai Wabup Indramayu yang dipilih langsung oleh masyarakat, Lucky harus membantu memajukan masyarakat Indramayu dengan janji yang sudah disampaikan saat kampanye.

"Sebagai politisi ada kegagalan dalam membangun komunikasi politik. Tapi kalau saya, pertimbangannya ada persoalan kontrak politik, mandat yang harus diselesaikan 5 tahun," ujar Firman saat dikonfirmasi, Senin (20/2/2023).

1. Lucky Hakim harusnya pegang amanah rakyat Indramayu

Pengamat Unpad Nilai Lucky Hakim Gagal Bangun Komunikasi PolitikLucky Hakim (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

Lucky Hakim seharusnya bisa membangun komunikasi politik dengan baik dengan pasangannya Nina Agustina. Sebab, kata dia, Lucky dipilih langsung oleh masyarakat dan harus mempertanggungjawabkan amanah rakyat Indramayu.

"Harusnya berusaha sekeras mungkin, bagaimana kontrak 5 tahun itu bisa diselesaikan. Ini kan bagaimana membangun komunikasi politik yang baik dan konsensus, itu yang kelihatannya tidak optimal yang dilakukan oleh Kang Lucky Hakim selama ini," jelasnya.

2. Secara UU peran Wabup tidak begitu banyak dari Bupati

Pengamat Unpad Nilai Lucky Hakim Gagal Bangun Komunikasi Politik

Firman menilai, ada beberapa penyebab Lucky Hakim mengundurkan diri dari kursi orang nomor dua di Indramayu. Ia menduga salah satunya adanya konflik pembagian tugas dan tanggungjawab dengan Bupati Indramayu.

"Memang kalau dilihat di undang-undang, pimpinan daerah itu adalah Bupati bukan pasangan. Sehingga, posisi wakil bupati posisi dalam undang-undang itu dikatakan membantu dalam beberapa," katanya.

Baca Juga: Bertemu dengan Ridwan Kamil, Wabup Lucky Hakim Berharap Ada Solusi 

3. Konflik antara Lucky dan Bupati dinilai karena porsi kerja

Pengamat Unpad Nilai Lucky Hakim Gagal Bangun Komunikasi PolitikInstagram.com/luckyhakimofficial

Untuk mengantisipasi konflik ini, dijelaskan Firman ada beberapa metode, salah satunya ada kesempakatan bersama dalam membagi porsi pekerjaan. Sehingga, peran keduanya tetap ada dan tidak ada yang merasa tidak mendapatkan porsi menjalankan roda pemerintahan.

"Kelihatannya Lucky Hakim berharap punya porsi lebih dalam pengelolaan pemerintahan. Dan tampaknya memang ada problem komunikasi bahkan koordinasi termasuk tidak diberikan porsi yang diinginkan oleh Bupati Indramayu. Sehingga, menimbulkan persoalan seperti ini," kata dia.

Untuk diketahui, Artis sekaligus politisi Lucky Hakim telah melayangkan surat pengunduran diri sebagai Wakil Bupati (Wabup) Indramayu periode 2021-2026 pada 8 Februari 2023. Surat bernomor 132/335/Tapem itu ditujukan ke Pimpinan DPRD Kabupaten Indramayu.

Baca Juga: DPRD Indramayu Belum Proses Pengunduran Diri Wabup Lucky Hakim

Baca Juga: Perjalanan Karier Lucky Hakim, Aktor Sampai Mundur dari Wakil Bupati

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya