Comscore Tracker

Pekan Depan Jokowi Berikan Presidential Lecture di Unpar

Kegiatan ini merupakan Dies Natalis ke-67 Unpar 

Bandung, IDN Times - Presiden Joko Widodo akan memberikan Presidential Lecture atau kuliah umum di Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Kota Bandung pada Senin (17/1/2022). Presiden akan tampil dengan membahas tema Pancasila Kekuatan Rakyat dan Keindahan Tradisi.

Rektor Unpar, Mangadar Situmorang mengatakan bahwa kehadiran Jokowi tersebut tak lain dalam rangka pelaksanaan rangkaian acara Dies Natalis ke-67 Unpar. Adapun tema pada perayaan ini adalah Pancasila Kekuatan Rakyat dan Keindahan Tradisi.

"Jadi Presiden Jokowi akan meresmikan Gedung Pusat Pembelajaran Arntz-Geise (PPAG), memberikan Presidential Lecture, dan memberikan beasiswa dari Unpar kepada mahasiswa secara simbolis," kata Mangadar saat konferensi pers Dies Natalis ke-67 Unpar, di Kampus Unpar, Jalan Ciumbuleuit, Kota Bandung, Kamis (13/1/2022).

1. Kegiatan ini akan diikuti mahasiswa dan alumni

Pekan Depan Jokowi Berikan Presidential Lecture di UnparIDN Times/Galih Persiana

Pemaparan Presiden Jokowi terhadap Pancasila diyakini Mangadang akan memberikan warna baru bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam kegiatan ini, Unpar akan mengajak seluruh seluruh sivitas akademika dan alumni untuk turut bergabung dalam kegiatan yang akan digelar secara hybrid.

"Mengapa Pancasila yang diangkat, memang kembali pada jati diri hakikat Unpar yang pada awal didirikan menggunakan semangat Pancasila dan Kebhinekaan," ungkapnya.

2. Pancasila merupakan kekuatan kita bersama

Pekan Depan Jokowi Berikan Presidential Lecture di UnparIDN Times/Galih Persiana

Menurutnya, Unpar eksis dengan menyelenggarakan pendidikan tinggi berbasis pada nilai-nilai Pancasila. Selain itu, Unpar juga berpandangan bahwa Pancasila mengandung nilai-nilai bagi setiap orang untuk berkehendak baik.

"Unpar mau mengukuhkan dan memberikan dukungan kepada Presiden bahwa Pancasila itu adalah kekuatan kita bersama. Pancasila kekuatan Rakyat," ucapnya.

Kegiatan ini, Mangadang bilang, akan diikuti oleh kurang lebih 10 ribu peserta. Selain itu, kegiatan ini dianggapnya merupakan kegiatan luar biasa. "ini menjadi peristiwa historis bagi Unpar," katanya.

3. Kegiatan ini akan menaati protokol kesehatan

Pekan Depan Jokowi Berikan Presidential Lecture di UnparIDN Times/Debbie Sutrisno

Sedangkan, Gugus Tugas Kota Bandung yang diwakili oleh Kadisbudpar, Dewi Kaniasari alias Kenny mengatakan, kegiatan yang akan digelar Unpar itu merupakan bagian daripada rangkaian Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE). Sehingga, peserta yang datang luring akan diberikan pembatasan.

"Ini kan kapasitasnya sekitar 990 kursi, jadi undangan pasti kita batasi, jadi tidak melebihi angka maksimal 300 kursi. Undangan di ruangan ini hanya untuk 200 kursi," ujar Kenny.

4. Semuanya orang terlibat akan dites PCR

Pekan Depan Jokowi Berikan Presidential Lecture di UnparIDN Times/GrabHealth

Selain akan ada pembatas, Dewi menambahkan, protokol kesehatan akan diterapkan secara maksimal. Kemudian, ia menjelaskan, setiap undangan dan pengisi acara yang hadir di ruangan akan dites usap PCR.

"Setiap talent yang terlibat harus sudah divaksin tahap satu dan dua, dan juga H-1 harus sudah tes PCR dengan hasil negatif," kata dia.

Baca Juga: Ridwan Kamil hingga Rektor UNPAR Dorong Wawasan Menuju Indonesia 2045

Baca Juga: Unpar Segera Buka Fakultas Kedokteran Khusus Ibu dan Anak

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya