Comscore Tracker

JQR Bantu Pulangkan Pekerja Migran dari Saudi Penderita Sakit Tumor

PMI asal Cianjur ini juga mendapat masalah adminstrasi

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) berhasil membantu pemulangan tiga warga Kabupaten Cianjur yang tertahan di Arab Saudi. Ketiganya tidak bisa pulang ke Tanah pasundan karena menghadapi masalah kesehatan dan administrasi kependudukan.

Bambang Trenggono, Ketua Umum Jabar Quick Response (JQR) mengatakan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta JQR mengawal pemulangan tiga warga Cianjur tersebut, yang terdiri atas seorang ibu dan dua anaknya.

"Selain mengawal proses pemulangan Ibu Maisurah dan kedua anaknya, proses pemulihan dan pengobatan anaknya juga menjadi prioritas kami," ujar Bambang, melalui keterangan resmi, Sabtu (12/3/2022).

1. JQR didampingi pihak RSUD Cianjur

JQR Bantu Pulangkan Pekerja Migran dari Saudi Penderita Sakit Tumor(dokumentasi JQR)

JQR sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, dan Dinas Sosial dan Pemerintah Kabupaten Cianjur untuk membantu pengobatan Anwar, anak lelaki Maisurah yang berusia 10 tahun dan didiagnosa menderita tumor ganas.

"Dari JQR akan melakukan pendampingan di RSUD Sayang Kabupaten Cianjur sehingga pengobatannya terjamin," ucapnya.

2. Ingin pulang ke Cianjur sejak lama

JQR Bantu Pulangkan Pekerja Migran dari Saudi Penderita Sakit Tumor(dokumentasi JQR)

Saat ini, Maisurah dan kedua anaknya sudah kembali ke kampung halamannya di Kelurahan Cibinong Hilir, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur. Maisurah mengatakan bahwa dia meninggalkan Cianjur untuk bekerja di Arab Saudi pada tahun 2006, dan sejak itu tidak pernah pulang ke kampung.

"Setelah suami wafat, kami pada Juli 2021 sudah ingin pulang ke Cianjur namun terkendala biaya dan anak saya Anwar didiagnosa tumor ganas," katanya.

3. Informasi awal dari KBRI dan masuk ke Gubernur Jabar

JQR Bantu Pulangkan Pekerja Migran dari Saudi Penderita Sakit Tumor

Kemudian, KBRI membantu pemulangan Maisurah dan kedua anaknya serta membantu biaya pengobatan anaknya yang sakit. Pemprov Jabar pun kemudian langsung sigap memberikan bala bantuan pada mereka.

"Dari KBRI informasinya sampai ke Pak Gubernur Ridwan Kamil. Alhamdulillah takdirnya saya bisa pulang. Saya ucapkan terima kasih banyak buat Pak Gubernur Ridwan Kamil," kata Maisurah.

Baca Juga: Kejar Herd Immunity, Geodipa dan JQR Gelar Vaksinasi COVID Tahap Kedua

Baca Juga: PMI: 3 Orang Meninggal dan 60 Luka akibat Gempa Pasaman

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya