Exit Tol Gedebage KM 151 Bakal Dibuka Akhir Tahun 2023

Pengerjaan akan dilakukan pemerintah pusat

Bandung, IDN Times - Rencana pembukaan Tol Gedebage KM 151 di ruas Padalarang-Cileunyi terus berprogres. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat memastikan fasilitas pendukung untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini akan diresmikan pada akhir tahun 2023.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jawa Barat, Iendra Sofyan mengatakan, saat ini sudah ada satu jalur tol yang dibuka untuk fasilitas KCJB, akses ini yaitu KM 149. Namun kini akan ada penambahan KM 151.

"KM 151 mau dibuka, itu bagus karena 149 nanggung, tapi KM 151 itu khusus di situ. Jadi jangan kaget kalau ada gerbang tol yang berdekatan, bedanya dua kilometer," ujar Iendra, Selasa (12/9/2023).

1. Penlok sudah ditentukan oleh Pemprov Jabar dan Pemkot Bandung

Exit Tol Gedebage KM 151 Bakal Dibuka Akhir Tahun 2023Uji dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang disaksikan oleh Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jiping secara virtual. (dok. YouTube Sekretariat Presiden)

Iendra menjelaskan, dari Pemprov Jabar sendiri sudah menyetujui soal pembukaan KM 151. Saat ini progres juga sudah sampai Penetapan Lokasi (Penlok) dan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Bandung.

"Sudah kami proses dan pembangunan dari pusat. Penlok sudah, pembangunan mudah-mudahan tahun ini beres dan akhir tahun sudah diresmikan," ucapnya.

 

2. KM 151 tidak hanya untuk KCJB

Exit Tol Gedebage KM 151 Bakal Dibuka Akhir Tahun 2023Foto udara Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/7/2020) (ANTARA Foto/Raisan Al Farisi)

Pembukaan Exit KM 151 ini tidak hanya untuk fasilitas pendukung KCJB. Nantinya akan digunakan untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-17 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Deputi Investasi dan Petambangan Kemenko Marvest, Septian Hario Seto mengatakan, saat ini proses pembangunan Exit Tol KM 151 Gedebage Ruas Tol Padalarang-Cileunyi sudah masuk dalam tahap pengadaan lahan dan kontruksi.

"Percepatan pembangunan exit tol km 151 ini penting untuk piala dunia U-17 di GBLA. Kepemilikan tanah sebagian besar dimiliki Pemkot Bandung, KCIC dan sebagian kecil milik warga," kata Septian saat Rapat Koordinasi Pengadaan Lahan dan Akses Tol KM 151 Ruas Padalarang-Cileunyi, beberapa hari kemarin.

Rencana total kebutuhan lahan akses Tol KM 151 A dan B Ruas Padalarang-Cileunyi seluas 10,454 hektar dengan rincian: lahan Pemerintah Kota Bandung seluas 1,349 hektar, lahan milik PT. KCIC seluas 8,190 hektar, lahan milik private (PT. Lanais) seluas 0,168 hektar dan lahan milik pribadi seluas 0,747 hektar.

 

3. Pemkot Bandung dukung penuh dibukanya KM 151

Exit Tol Gedebage KM 151 Bakal Dibuka Akhir Tahun 2023Foto udara Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/7/2020) (ANTARA Foto/Raisan Al Farisi)

Sedangkan, Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna menyatakan dukungannya terhadap pembangunan Exit KM 151 Gedebage Ruas Tol Padalarang-Cileunyi. Terkait dengan lahan Pemkot yang akan terpakai, skemanya dapat berupa kerja sama, hibah, maupun pinjam pakai.

Ema mengatakan, lahan Pemkot yang akan terpakai merupakan jalan eksisting yang kini dipakai masyarakat. Untuk itu, ia meminta apabila dijadikan lahan untuk exit tol, maka jalan eksisting harus dibangun kembali.

"Kalau saya melihat desain dari Stadion GBLA menuju ke arah selatan 151, itu sudah menjadi eksisting jalan masyarakat. Kami mohon ada jalan pengganti eksisting ke sebelah barat. Karena ini digunakan untuk masyarakat umum," katanya.

Baca Juga: Pemprov Jabar Lanjutkan Penetapan Darurat Kebencanaan TPA Sarimukti

Baca Juga: Sudah Dua Pekan, Pemprov Jabar Belum Bisa Padamkan Api TPA Sarimukti

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya