Disperindag Jabar Pastikan Kenaikan Harga Beras Tak Pengaruhi Inflasi

Inflasi akan berdampak jika harga komoditas lainnya naik

Bandung, IDN Times - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat memastikan kenaikan harga beras tidak akan mempengaruhi inflasi daerah. Hal itu dikarenakan komoditas pangan lain tidak turut mengalami kenaikan harga.

Kepala Disperindag Jawa Barat, Noneng Komara Nengsih mengatakan, komoditas pasar saat ini hanya beras yang terpantau mengalami kenaikan harga. Sedangkan, beberapa komoditas lainnya masih sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET).

"Inflasi itu kan agregasi dari kenaikan keseluruhan harga dalam kurung waktu. Kalau cuma satu-dua komoditi meningkat, belum tentu menyebabkan inflasi seperti itu," ujar Noneng di Gedung Sate, Senin (18/9/2023).

1. Kenaikan beras tidak akan pengaruhi apapun

Disperindag Jabar Pastikan Kenaikan Harga Beras Tak Pengaruhi InflasiKepala Disperindag Jabar, Noneng Komara Nengsih (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Noneng menjelaskan, hampir semua jenis beras saat ini mengalami kenaikan harga. Misalnya harga beras jenis premium di Kabupaten Bekasi, dari HET Rp13,900 kini naik menjadi Rp14 ribu. Namun meski ada peningkatan tersebut tetap tidak berpengaruh ke inflasi.

"Kenaikan memang tergolong besar, tapi ya cukup seperti itu. Sampai saat ini kan masih sangat terkendali kan inflasinya, gak masalah ya," ungkapnya.

2. Berharap harga komoditas pangan lainnya stabil

Disperindag Jabar Pastikan Kenaikan Harga Beras Tak Pengaruhi InflasiKepala Disperindag Jabar, Noneng Komara Nengsih (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Meski begitu, Noneng berharap, beberapa komoditas pangan lainnya tidak turut mengikuti kenaikan harga meskipun saat ini tengah masuk musim kemarau yang turut berdampak pada kekeringan di beberapa wilayah Jawa Barat.

"Harapannya enggak (terjadi kenaikan harga), karena BMKG prediksi sudah sebentar lagi juga akan ada hujan. Jadi harapannya itu tidak kering terus gitu," katanya.

3. Harga daging ayam dan telur juga terkendali

Disperindag Jabar Pastikan Kenaikan Harga Beras Tak Pengaruhi Inflasiilustrasi daging ayam segar (unsplash.com/jksloan)

Noneng menambahkan, kondisi harga kebutuhan pangan di pasar tradisional hingga saat ini masih terkendali. Dia memastikan kenaikan baru terjadi pada seluruh jenis beras, sedangkan untuk daging dan lainnya masih sesuai HET.

"Harga sangat terkendali, karena ayam kemudian telur juga sudah turun harganya," kata dia.

Baca Juga: Disperindag Jabar Pastikan Pasar Gedebage Bukan Importir Thrifting! 

Baca Juga: Disperindag Jabar Klaim Bahan Pokok Aman hingga Akhir Tahun

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya